Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Perusahaan Grup Sinarmas

El Heze

Perusahaan-perusahaan go public banyak yang tergabung di dalam grup yang sama. Misalnya Astra Group, Salim Group, Bakrie Group, Sinarmas Group.  Pada pos ini, kita akan membahas daftar perusahaan grup Sinarmas, karena di grup perusahaan ini, banyak perusahaan yang sahamnya cukup likuid. 


Perusahaan grup Sinarmas terdiri dari berbagai macam sektor usaha, dan banyak sektor usaha Sinarmas yang merupakan sektor-sektor yang berkembang dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Dari banyak perusahaan Sinarmas, ada sekitar 11 (sebelas) perusahaan yang sudah go public (mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia). Perusahaan-perusahaan grup Sinarmas yang go public bergerak di berbagai sektor usaha: Industri pulp dan kertas, keuangan / perbankan, properti, telekomunikasi, agribisnis, infrastruktur dan energi. 

Berikut adalah daftar perusahaan Grup Sinarmas yang go public: 

1. PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM)

PT Bank Sinarmas Tbk didirikan pada tanggal 18 Agustus 1989, dan memperoleh status Bank Umum Devisa tahun 1995. Pada Desember 2006, berganti nama menjadi PT Bank Sinarmas. 

PT Bank Sinarmas bergerak di bidang usaha / sektor KEUANGAN, sub sektor BANK/ PERBANKAN. BSIM satu sektor dengan perusahaan-perusahaan perbankan besar di Indonesia seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI Syariah dan lain-lain. 

2. PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA)

PT Sinar Mas Multiartha Tbk bergerak di sektor jasa keuangan. Ruang lingkup kegiatan SMMA yaitu bergerak di bidang multifinance, asuransi, jasa administrasi saham, security company, perdagangan dan jasa serta teknologi informasi 

SMMA juga memiliki anak usaha yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, perdagangan umum, jasa keuangan, sektor kredit konsumer. 

Berdasarkan klasifikasi sektornya, SMMA masuk di dalam sektor KEUANGAN (FINANCE), SUB SEKTOR OTHERS (lain-lain). 

3. PT Smart Tbk (SMAR)

Berdasarkan klasifikasi sektor usaha Bursa Efek Indonesia, PT Smart Tbk bergerak di sektor PERTANIAN sub sektor PERKEBUNAN. SMAR merupakan perusahaan produk konsumen berbasis kelapa sawit dan terintegrasi, dan berfokus pada produksi minyak sawit yang lestari (CPO). 

Aktivitas utama SMAR adalah mengelola kebun kelapa sawit, termasuk lahan plasma, pemanenan dan pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit (CPO), dan inti sawit hingga memprosesnya menjadi beragam produk industri dan konsumen, seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodesel dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit hingga ekspor. 

Di sub sektor perkebunan, juga ada perusahaan-perusahaan market leader-nya seperti PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) dan PT PP London Sumatera Utara Tbk (LSIP). 

4. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA)

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk bergerak di bidang energi dan infrastruktur di Indonesia. DSSA beserta anak-anak usahanya menjalankan kegiatan di bidang penyediaan tenaga listrik, batubara, pestisida, bahan kimia, layanan TV berbayar dan internetm serta penyedia infrastruktur BTS. 

Berdasarkan klasifikasi sektornya, DSSA berada di sektor TAMBANG, sub sektor TAMBANG BATU BARA. Di sektor ini, terdapat beberapa perusahaan market leadernya seperti PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bukit Asam Tbk (PTBA). 

5. PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) 

PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang penyedia kertas terbesar di Indonesia. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan usaha INKP bergerak di bidang industri perdagangan, pertambangan dan kehutanan. 

Kegiatan usaha utama INKP adalah bergerak pada bidang industri kertas budaya, pulp dan kertas industri. INKP memproduksi bubur kertas (pulp), berbagai jenis produk kertas untuk keperluan tulis dan cetak, kertas fotocopy, kertas industri, kertas kemasan kertas seperti containerboard, food packaging, boxboard dan kertas berwarna. 

Berdasarkan klasifikasi sektornya, INKP masuk di dalam sektor BASIC INDUSTRY & CHEMICALS sub sektor PULP & PAPER. Di sektor inim juga ada market leadernya PT Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk (TKIM). Namun TKIM juga masih termasuk di dalam satu grup Sinarmas yang sama dengan INKP. 

6. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) 

PT Bumi Serpong Damai Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti dan real estate. Perusahaan melaksanakan pembangungan kota baru, yang dilengkapi dengan fasilitas dan prasarana-prasarana, fasilitas lingkungan dan penghijauan dengan nama BSD City. 

Berdasarkan klasifikasi sektornya di Bursa Efek, BSDE termasuk di dalam sektor PROPERTY, REAL ESTATE & BUILDING CONSTRUCTION, sub sektor: PROPERTY & REAL ESTATE. Di sektor ini, ada perusahaan-perusahaan seperti Pakuwon Jati, Summarecon Agung, Citraland yang juga merupakan perusahaan pengembang properti ternama di Indonesia.

7. PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) 

PT Smartfren Telecom Tbk adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis tekonoli G LTE Advanced yang merupakan pengembangan lanjutan dari 4G. Produk perusahaan FREN adalah layanan internet Smartfren (dahulu bernama Fren). 

Berdasarkan klasifikasi sektornya di Bursa Efek, FREN termasuk di dalam sektor INFRASTRUCTURE, UTILITIES & TRANSPORTATION, sub sektor TELECOMUNICATION.  Di sektor ini, perusahaan market leadernya adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

8. PT Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk (TKIM) 

PT Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas, produk kertas, pengemas dan lainnya. Twiji Kimia beroperasi dibawah brand Asia Pulp & Paper. 

TKIM merupakan perusahaan yang bergerak di industri yang sama dengan INKP. Baik TKIM maupun INKP, masuk dalam grup Sinarmas yang sama. TKIM bergerak di sektor BASIC INDUSTRY & CHEMICALS sub sektor PULP & PAPER.

Merk-merk Asia Pulp & Paper yang diproduksi TKIM antar lain: Sinar Line, Sinar Dunia, Paperline. Paperline Gold, Paperline Plus, Paperline 2000, Enova, Exrra Print, Impression, Ellustra dan lain-lain.

9. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) 

PT Puradelta Lestari Tbk bergerak di bidang pembangunan perumahan dan pembangunan pengusahaan kawan industri. DMAS bergerak dalam bidang pembangunan perumahan, ruko termasuk fasilitas dan infrastruktur pendukung lainnya, menyewakan bangunan (properti). 

Berdasarkan klasifikasi sektor industrinya, DMAS termasuk perusaahaan di sektor ROPERTY, REAL ESTATE & BUILDING CONSTRUCTION, sub sektor: PROPERTY & REAL ESTATE. DMAS satu sektor dengan BSDE, di mana keduanya juga merupakan perusahaan grup Sinarmas yang sama. 

10. PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE)

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Ruang lingkup kegiatan LIFE termasuk asuransi jiwa dengan prinsip syariah serta bertindak sebagai pendiri dan pengelola dana pensiun. 

Beberapa produk unggulan LIFE seperti SMilLe Link 99 dan SMiLe Medical. Berdasarkan klasifikasi sektornya di Bursa Efek, LIFE termasuk di dalam sektor KEUANGAN, sub sektor ASURANSI. 

11. PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) 

PT Duta Pertiwi Tbk merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pembangunan dan pengembangan real estate. Sektor bisnisnya sama dengan BSDE dan DMAS. 

Berdasarkan klasifikasi sektornya di Bursa Efek, DUTI termasuk di dalam sektor PROPERTY, REAL ESTATE & BUILDING CONSTRUCTION, sub sektor: PROPERTY & REAL ESTATE. Jadi untuk perusahaan grup sinarmas, ada tiga perusahaan di sektro properti yang go public, yaitu: BSDE, DMAS dan DUTI. 

Itulah daftar perusahaan grup Sinarmas. Jika kita rangkum dalam bagan, berikut daftar-daftar perusahaan grup Sinarmas: 

Daftar Perusahaan Grup Sinarmas

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.