Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Software Trading Saham: D'One Danareksa

Pada pos sebelumnya, kita sudah membahas tampilan software online trading Sucor Sekuritas (SPOT). Di pos ini, saya ingin memaparkan tampilan software trading saham dari Danareksa Sekuritas. Software online trading Danareksa adalah D'One. 


Penulis sendiri menggunakan software D'One untuk trading saham. Sejak pertama trading, saya menggunakan D'One, khususnya untuk analisa teknikal. Sedangkan software SPOT penulis gunakan untuk analisa bandarmologi. Baca juga: Belajar Bandarmologi Saham Pemula - Expert

Software online trading sekuritas tentu saja nantinya akan digunakan untuk trading. Jadi kalau anda mau trading, anda harus membuka akun saham terlebih dahulu di sekuritas maupun secara online. 

Anda bisa pelajari panduan membuka rekening saham online disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Pos ini juga berguna sebagai rekan-rekan pemula yang ingin membuka rekening efek, namun belum paham tampilan-tampilan software trading. 

Pada pos ini, kita akan bahas tampilan software saham untuk trading. Menu software online trading Danareksa Sekuritas (D'One), terdapat beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut: 

1. Menu charting  

Setiap software saham pasti memiliki menu charting. Menu charting kegunaannya untuk menampilkan analisis teknikal (grafik), yang berguna untuk trader saham. Seperti berikut tampilan charting D'One: 


Namun menu charting Danareksa memiliki banyak kelebihan, di mana menu analisis teknikal yang disediakan memiliki banyak fitur yang memudahkan trader melakukan analisis teknikal, sehingga trader bisa menganalisa historis saham dan pola-pola chart yang lebih lengkap. 

Misalnya, pada D'One disediakan menu time frame grafik (lihat tanda lingkaran hijau). Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 18 bulan, 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan seterusnya sampai all history. 

Dengan adanya fasilitas time frame grafik, anda bisa melakukan analisa teknikal lebih luas. Karena terkadang melihat grafik 6 bulanan, 1 tahun membuat kita bisa melihat pola-pola saham lebih jelas. 

Banyak juga software online trading yang tidak bisa menampilkan menu time frame seperti ini. Kebanyakan software trading biasanya hanya menampilkan chart 3 bulanan, atau kita harus scroll sendiri untuk memperpanjang time frame-nya. 

2. Menu indikator 

Di dalam menu charting, terdapat menu indikator. Pada D'One, untuk menampilkan indikator, anda bisa masuk pada gambar grafik, kemudian masuk ke Other Indicator. Untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan berikut: 

Menu indikator pada D'One juga cukup lengkap. Anda bisa menampilkan indikator-indikator umum, dan banyak indikator lainnya. Kelebihan menu indikator D'One adalah bisa menampilkan indikator lebih fleksibel. 

Misalnya, kita bisa setting time frame indikator Moving Average, berapapun jumlah garis MA yang kita inginkan, termasuk pilihan jenis MA (Simple, Exponential atau Weighted MA). Nah, pada beberapa software trading, terkadang settingan indikator seperti MA tidak bisa ditampilkan secara fleksibel, misalnya tidak ada pilihan untuk menampilkan jenis MA-nya. 

3. Menu candlestick pattern 

Pada menu chart, D'One menyediakan menu candlestick pattern. Yap, jadi candlestick pattern seperti doji, bullish harami, hammer, hanging man, evening star dan lain-lain bisa anda tampilkan pada grafik. Tampilannya seperti berikut: 


Untuk menampilkan candlestick pattern, anda bisa masuk menu Patterns, lalu silahkan pilih candlestick pattern yang ingin anda tampilkan di grafik. 

Misalnya anda ingin menampilkan pattern doji pada saham TLKM. Setelah anda memilih doji, maka pada grafik TLKM pola-pola doji akan diberi warna orange seperti yang anda lihat pada tampilan diatas. 

Warna orange pada candlestick tersebut menunjukkan pola doji yang terbentuk pada grafik. Demikian juga kalau anda ingin menampilkan pola-pola candlestick lainnya. Tujuan menampilkan pola candlestick adalah untuk melihat pattern2 candle yang anda anggap penting di chart, namun mungkin anda sulit untuk menemukannya di grafik. 

Dengan adanya menu Candlestick Patterns, anda tidak perlu repot-repot mencari candlestick pattern satu per satu, karena anda bisa menampilkannya secara otomatis.  

4. Strategies (Setting indikator) 

Masih ada di menu charting, menu chart Danareksa bisa menampilkan setting indikator untuk strategi analisa teknikal. Berikut tampilannya: 


Menu Strategies yang disediakan D'One berguna untuk setting time frame dan kombinasi indikator berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan oleh software trading. Misalnya anda bisa lihat diatas indikator Fast Stochastic (5, 1). 

Menu Strategies berguna untuk anda yang ingin menggunakan indikator saham, tetapi anda bingung menentukan setting / time frame indikator. Seperti kita ketahui, setiap indikator memiliki time frame yang bisa di setting sesuai keinginan.

Misalnya, indikator RSI default period-nya adalah 14 hari. Anda bisa modifikasi menjadi 10 hari, 5 hari, 20 hari. Masalahnya, terkadang trader tidak mengetahui setting-an time frame seperti apa yang sebaiknya diterapkan di indikator tersebut. 

Menu Strategies ini terdiri dari kombinasi indikator saham yang sudah di setting dengan time frame tertentu (sesuai dengan settingan pada menu D'One) yang berguna untuk trading jangka pendek. 

Jadi buat yang baru belajar saham dan masih bingung menentukan periode indikator, anda bisa manfaatkan menu Strategies untuk menampilkan indikator beserta periode-nya yang sudah ditentukan pada software trading.   

5. Menu ticker parts (menu saham berjalan)

Salah satu kelebihan utama software D'One adalah adanya menu ticker parts atau biasa saya sebut dengan menu saham berjalan. Tampilannya ada diatas,dan tampilan ticker parts selalu bergerak selama jam trading. Seperti berikut tampilannya: 


Ticker parts menampilkan saham-saham yang diperdagangkan selama jam bursa saham. Dan menu ini selalu berjalan selama jam trading, menampilkan saham-saham di Bursa Efek secara bergantian. 

Kegunaan menu saham berjalan salah satunya memudahkan trader untuk melihat pergerakan saham-saham di Bursa Efek. Terkadang ketika kita melihat saham-saham tertentu yang lagi naik atau turun selama jam trading, saham2 tersebut bisa menarik perhatian kita untuk dianalisa lebih lanjut. 

Secara tidak langsung, menu ticker parts juga berguna sebagai sarana untuk menambah daftar watchlist pada saat anda sedang memantau pasar saham. Dengan menu ticker parts, anda bisa melihat lebih banyak saham-saham yang sedang diperdagangkan.

Anda bisa perdalam cara-cara analisis dan screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

6. Menu pembelian reksa dana

Danareksa merupakan salah satu perusahaan sekuritas yang menyediakan menu untuk pembelian REKSA DANA. Untuk membeli reksadana, anda bisa masuk ke menu Trade --> Subscription. Perhatikan tampilannya berikut: 


Untuk membeli reksadana melalui Danareksa, anda bisa pilih menu Subscription. Sedangkan untuk menjual, anda bisa pilih menu Redemption. Pada menu reksadana, anda bisa melihat jenis-jenis reksa dana yang bisa ditransaksikan, yaitu pada menu Mutual Fund: 

Menu Reksadana 

Perhatikan Mutual Fund di sebelah kiri. Itu adalah menu-menu reksadana beserta informasi Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang bisa anda pilih. Kemudian untuk membeli reksadana, anda bisa pilih menu Subscription, kemudian pilih produk reksadana dan nilai yang ingin anda investasikan (amount). 

7. Fee beli 0,17% dan fee jual 0,27% 

Untuk online trading, Danareksa menetapkan fee beli sebesar 0,17% dan fee jual sebesar 0,27%. Fee beli dan jual cukup terjangkau, sehingga mendukung untuk para trader jangka pendek atau trader harian. 

Itulah software trading saham dari D'One Danareksa, dan beberapa kelebihannya. Berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan D'One, kelebihan utama D'One adalah menu charting-nya yang komplit, sehingga memudahkan untuk analisa teknikal yang lebih akurat. 

Selain itu, tampilan market-nya juga cukup "ramai". Ada menu ticker parts, menu bid-offer, dan bisa menampilkan semua kode saham di dalam satu tampilan layar, sehingga memudahkan trader untuk memantau saham dan memasukkan ke daftar watchlist.

Namun untuk anda yang ingin menggunakan software D'One (khususnya di PC atau laptop), pastikan bahwa PC atau laptop anda memiliki kinerja yang baik (jangan terlalu banyak data, atau mungkin PC anda sering lemot karena spesifikasi terlalu rendah, atau usia sudah terlalu lama). 

Karena software Danareksa tampilannya cukup "ramai" dengan menu saham dan lain-lain, sehingga kalau laptop / PC anda kinerjanya kurang bagus, kemungkinan besar software D'One agak lambat ketika dibuka. 

Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuka akun rekening efek di sekuritas. Software Danareksa bisa menjadi pertimbangan anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.