Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEI

El Heze

Dari sekian banyak sektor perusahaan yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), kita mengenal salah satu sektor perusahaan yang produk-nya digunakan oleh masyarakat luas, yaitu perusahaan otomotif.  Otomotif berhubungan dengan produksi kendaraan maupun komponen-komponennya.


Pengguna kendaraan yang semakin banyak membuat sektor otomotif bisa menjadi pertimbangan trader atau investor untuk melirik saham-saham di sektor ini. Di pos ini, kita akan membahas perusahaan-perusahaan otomotif yang ada di Bursa Efek Indonesia. 

Perusahaan otomotif termasuk dalam SEKTOR ANEKA INDUSTRI --> SUB SEKTOR Otomotif dan Komponen. Jadi di sektor aneka industri bukan hanya terdiri dari perusahaan otomotif, namun juga terdiri dari sub sektor seperti kabel, elektronik, mesin & alat berat dan lain-lain. Berikut adalah daftar perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI: 

1. PT Astra Internat0ional Tbk (ASII) 

2. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) 

3. PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) 

4. PT Indo Kordsa Tbk (BRAM) 

5. PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR) 

6. PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) 

7. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) 

8. PT Indospring Tbk (INDS) 

9. PT Multi Prima Sejahtera Tbk (LPIN) 

10. PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) 

11. PT Nipress Tbk (NIPS) 

12. PT Prima Alloy Steel Universal Tbk (PRAS) 

13. PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM)

Itulah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Yap, jumlahnya tidak terlalu banyak hanya sekitar 13 perusahaan. Bisnis perusahaan otomotif juga mengikuti tren ekonomi makro. 

Ketika ekonomi lesu, penjualan bisnis otomotif juga ikut terdampak. Misalnya ketika pandemi virus Corona, adanya kebijakan-kebijakan work from home, PSBB membuat masyarakat menunda untuk membeli kendaraan. Hal ini akan mempengaruhi bisnis di sektor otomotif. 

Dari perusahaan-perusahaan sektor otomotif di Bursa Efek Indonesia, tidak semua perusahaan memiliki kinerja / fundamental yang cemerlang dan menonjol. Kalau anda ingin memilih perusahaan sektor otomotif untuk trading atau investasi, saran saya pilihlah perusahaan market leadernya. 

Market leader di sektor otomotif adalah PT Astra International Tbk (ASII). ASII adalah satu-satunya saham blue chip di sektor otomotif yang memiliki market cap diatas 100 triliun. Jadi ketika saham2 sektor otomotif lagi bagus, market leadernya akan naik duluan. 

DIVIDEND SEEKER 

Sedangkan untuk para dividend seeker, yaitu buat anda yang ingin membeli saham otomotif dengan tujuan mendapatkan dividen / passive income buat jangka panjang, pilihlah perusahaan otomotif yang rajin bagi dividen besar atau rutin, yaitu: 

1. PT Astra Internat0ional Tbk (ASII) 
2. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) 
3. PT Indo Kordsa Tbk (BRAM) 
4. PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM)

AUTO adalah anak perusahaan ASII, jadi termasuk dalam satu grup Astra. Baca juga: Daftar Perusahaan Group Astra. Namun AUTO bukan market leader di sektor ini dan market cap-nya juga tidak terlalu besar. 

Selain ASII dan AUTO, BRAM dan SMSM juga merupakan perusahaan di sektor otomotif yang rajin membagikan dividen setiap tahun. Hanya ASII dan SMSM yang rutin membagikan dividen interim. Sisanya membagikan dividen tahunan saja. 

Dari keempat perusahaan yang rajin bagi dividen besar, hanya ASII market leadernya yang sahamnya paling likuid. AUTO, BRAM, SMSM market cap-nya dibawah 10 miliar. Jadi kalau anda ingin memilih perusahaan otomotif yang rajin bagi dividen dan sahamnya likuid, anda bisa pertimbangkan ASII. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.