Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Harga Saham Indomie Per Lot

El Heze

Salah satu perusahaan go public dengan produk dan brand image yang dikenal masyarakat luas adalah Indofood. Ketika berbicara tentang Indofood, yang ada di benak kebanyakan orang adalah produk mi instan Indomie. 


Produk Indomie sudah dikenal luas di kalangan masyarakat dan sangat mudah kita temukan produk-produknya, sehingga fundamental Indofood selalu bisa bertahan dalam jangka panjang. 

Buat investor saham pemula yang ingin membeli saham Indomie, anda harus mengetahui kode sahamnya. Tetapi di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada dua perusahaan Indofood yang go public yaitu: 

1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Kode saham: INDF.
2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Kode saham: ICBP. 

Kalau anda ingin membeli saham Indomie, maka belilah kode saham ICBP yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Perbedaan INDF dan ICBP adalah INDF merupakan induk usaha dari ICBP (ICBP sebagai anak usaha). 

INDF merupakan perusahaan induk yang memiliki beberapa fokus bisnis utama, yaitu melalui anak usahanya ICBP (Memproduksi MI INSTAN, snack, bumbu masak, minuman). Anak usaha INDF lainnya bergerak di bidang agribisnis seperti PT Salim Ivomas Pratama (SIMP), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP). 

Dan terakhir di bidang perkapalan, distribusi, pengemasan barang. Jadi INDF memiliki dan mengelola banyak diversifikasi bisnis, salah satunya melalui anak usahanya yaitu ICBP yang memproduksi mi instan. 

Jadi kalau anda ingin beli saham Indomie, jangan salah membeli yang INDF. Memang di dalam INDF termasuk ICBP. Tapi kalau anda mau fokus di satu sektor makanan dan minuman saja, belilah saham ICBP. 

HARGA SAHAM INDOMIE PER LOT 

Harga saham di market tentu bisa berubah-ubah. Untuk melihat harga saham real time secara mudah, anda bisa buka Google.com dan ketikkan "Saham ICBP". Setelah itu, akan muncul harga saham Indomie per lot yang paling update sesuai dengan kondisi market terkini: 

Harga Saham Indomie per Lot

Harga saham Indomie per lot adalah Rp8.525 per lot. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Jadi, untuk membeli saham Indomie 1 lot, maka modal minimal yang perlu anda keluarkan adalah Rp8.525 x 1 lot x 100 lembar saham = Rp853.949. Jangan lupa untuk menambahkan fee beli. Baca juga: Fee Beli Jual Saham dan Cara Menghitungnya. 

Artinya dibutuhkan modal minimal sekitar Rp850.000 untuk membeli saham Indomie. Harga saham Indomie bisa berubah-ubah. Ada baiknya anda selalu cross check dengan harga saham yang paling update. 

Di Bursa Efek, ICBP termasuk salah satu market leader di sektor industri consumer goods dan memiliki kinerja fundamental yang mapan. Tetapi perlu diingat bahwa tidak ada saham yang kebal terhadap koreksi. 

Banyak anggapan kalau saham consumer goods, apalagi yang produk2nya mudah ditemukan dan selalu dibutuhkan masyarakat adalah saham2 yang kebal koreksi. Padahal faktanya tidak demikian. 

Grafik Saham ICBP

Pada grafik saham ICBP diatas, bisa kita lihat tren saham ICBP justru bergerak turun, walaupun ada banyak technical rebound dan minor uptrend di dalam tren turunnya. Ini artinya saham blue chip manapun tidak ada yang kebal terhadap koreksi. 

Kalau anda ingin beli saham dengan tujuan trading, ada baiknya anda selalu menggunakan analisa teknikal untuk melihat momentum saham yang sudah bagus untuk trading. Pelajari juga full praktik analisa teknikal buat trading disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

DIVIDEN INDOFOOD (UNTUK PASSIVE INCOME) 

Namun perusahaan-perusahaan consumer goods yang kinerjanya mapan seperti ICBP (Produk Indomie yang sudah dikenal masyarakat), sahamnya bagus untuk investasi jangka panjang, yaitu dengan menerapkan income investing. 

Income investing adalah strategi investasi dengan tujuan mendapatkan passive income besar dari dividen. ICBP sendiri setiap tahun rata-rata rutin membagikan dividen sekitar 40-50% dari laba bersihnya. 

Nilai dividen per saham ICBP juga relatif besar dibandingkan perusahaan2 di satu sektor industrinya, di mana dividen per saham ICBP sekitar Rp215 per saham. Yap, nilai dividen ini cukup tinggi dibandingkan perusahaan2 di sektor consumer goods. 

Apalagi ICBP selalu rutin membagikan dividen, dan dividen yang dibagikan juga dalam range yang wajar (40-50%) dari laba bersih, sehingga perusahaan tetap memiliki laba bersih yang dimasukkan ke dalam ekuitas untuk modal pengembangan usaha. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.