Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bagian Keuntungan Perusahaan yang Diberikan Kepada Pemegang Saham Disebut

El Heze

Tujuan utama perusahaan beroperasi adalah untuk mendapatkan keuntungan (profit). Profit bisa didapatkan apabila perusahaan mampu beroperasi dan menjual produk & jasanya kepada pelanggan. 


Untuk perusahaan-perusahaan yang go public, ketika perusahaan berhasil memperoleh profit atau laba bersih dari hasil operasinya, biasanya perusahaan akan membagikan keuntungan (laba / profit) kepada pemegang saham. 

Bagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham disebut sebagai DIVIDEN. Dividen dibagikan dari LABA BERSIH perusahaan di tahun berjalan, karena sesuai namanya yaitu keuntungan yang diberikan kepada pemegang saham.

Perlu diketahui bahwa dividen adalah HAK, bukan kewajiban perusahaan. Jadi perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham. 

Perusahaan bisa saja memperoleh laba bersih tetapi memutuskan untuk tidak membagikan dividen. Ada beberapa penyebab mengapa perusahaan memutuskan tidak membagi dividen. Pertama, perusahaan ingin ekspansi dan membayar utang, sehingga keuntungan perusahaan belum dibagikan kepada investor. 

Kedua, perusahaan sedang rugi bersih atau masih dalam tahap pemulihan kinerja, sehingga belum membagikan dividen. 

Motif dan tujuan perusahaan membagikan dividen pada pemegang saham tidak lain adalah untuk memuaskan kepentingan pemegang saham (investor). Semakin banyak investor, perusahaan juga akan memperoleh keuntungan. 

Bayangkan jika ada perusahaan yang profit tetapi tidak pernah membagikan dividen. Tentu investor berpotensi kabur dan memindahkan dana investasinya di perusahaan lain. 

Oleh karena itu, meskipun dividen merupakan hak perusahaan dan bukan kewajiban, perusahaan juga perlu mempertimbangkan untuk membagikan dividen jika memungkinkan (perusahaan profit alias sedang tidak rugi bersih, dan perusahaan memang memiliki sisa keuntungan setelah dikurangi dengan modal untuk ekspansi dan lain2). 

Besar kecilnya pembagian dividen diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Tentu saja, nilai besar kecilnya dividen tergantung dari kebijakan perusahaan, demikian juga dengan persentasenya. 

Ada perusahaan yang membagikan 40% dari laba bersih menjadi dividen. Ada perusahaan yang membagikan 20% laba bersih menjadi dividen. Ada yang 10%, ada yang 5%. Di dalam praktikknya tidak ada rumus dan aturan baku. 

Semakin besar profit / keuntungan, tentu saja perusahaan memiliki kemampuan untuk membagikan dividen pada pemegang saham. Dalam praktikknya, perusahaan yang bisa membagikan dividen besar, adalah perusahaan yang menarik bagi investor. 

Sehingga pengumuman dividen akan membuat reaksi lebih besar terhadap harga saham perusahaan. Contoh-contoh perusahaan besar di Indonesia yang rajin bagi dividen per saham jumbo biasanya adalah perusahaan-perusahaan blue chip. 

Contoh2 perusahaan blue chip yang rajin bagi dividen besar dan rutin seperti TLKM, ASII, BBRI, BBNI, BBCA, BMRI, INDF, ICBP dan masih banyak lainnya. 

Jadi untuk anda yang sedang mencari istilah bagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham, maka pada pos ini anda sudah mendapatkan jawabannya, yaitu DIVIDEN. 

Dividen sendiri pada umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu dividen kas (tunai) dan dividen saham. Anda bisa baca perbedaan keduanya disini: Perbedaan Dividen Tunai (Kas) dan Dividen Saham. 

Pada umumnya, perusahaan lebih sering membagikan dividen KAS daripada dividen saham. Kalau anda trading atau investasi saham dan mendapatkan pengumuman pembagian dividen, biasanya dividen yang dibagikan adalah dividen dalam bentuk kas. 

Dividen tersebut akan dibagikan secara otomatis pada saat tanggal pembayaran (payment date) dan akan langsung masuk ke rekening efek anda. Anda hanya perlu menunggu. 

Misalnya anda memiliki saham perusahaan sebanyak 50 lot. Perusahaan akan membagikan dividen kas sebesar Rp35. Catatan: 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Maka dividen yang akan anda dapatkan, cara menghitungnya sebagai berikut: 

50 lot x 100 lembar saham x Rp35 = Rp175.000. Yap, Rp175.000 itulah nilai dividen yang akan anda terima berdasarkan perhitungan diatas.  

Di web Saham Gain ini, kita sudah sering membahas tentang dividen. Anda bisa baca-baca pos tentang dividen disini: Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun, Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen, Daftar Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.