Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Bandarmologi Jika Broker Summary Dihapus

Beberapa waktu lalu, kita sempat mendengar berita kalau broker summary akan dihapus akhir Juli 2021. Namun sampai saat ini, broker summary tetap bisa kita akses secara real time, pada saat jam trading bursa saham.

 

Jadi, apakah broker summary ini tidak jadi dihapus? Tentu saja penghapusan broker summary akan tetap dilakukan oleh Bursa Efek. Rencana BEI menghapus broker summary TETAP dilaksanakan, hanya saja rencananya akan diundur ke Desember 2021. 

Artinya, cepat atau lama menu broker summary tidak akan bisa kita akses lagi saat real time trading. Pada pos ini: Kode Broker Saham Akan Dihapus? Kita juga sudah membahas alasan-alasan mengapa BEI menghapus menu broker summary. 

Dan 6 bulan setelah penghapusan broker summary, tipe investor / broker akan dihapus, sehingga kita nggak bisa melihat lagi siapa broker domestik (D) dan foreign (F). 

Tapi untuk para trader, jangan salah persepsi dulu. Broker summary HANYA DIHAPUS saat real time market. Jadi ketika real time market, anda memang tidak bisa melihat broker summary lagi. 

Namun pada saat CLOSING market, anda tetap bisa meng-akses menu broker summary secara penuh. Yap, anda tetap bisa melihat broker mana yang lagi akumulasi dan distribusi. Broker asing dan lokal mana yang menjadi top broker di suatu saham. 

Analisa bandarmologi melalui broker summary sebenarnya tidak harus dilakukan pada saat real time market. Apalagi kalau anda punya kesibukan pekerjaan, tentu repot juga kalau harus melihat gerak-gerik bandar secara real time. 

Jadi dengan dihapusnya broker summary nanti, sebenarnya tidak akan mempengaruhi analisa bandarmologi, maupun analisa teknikal dan keputusan trading anda. 

Ya, anda tetap bisa melakukan analisis bandarmologi seperti biasanya melalui broker summary pada saat closing market. 

Justru analisa bandarmologi itu PALING EFEKTIF diterapkan pada saat closing market, karena disitulah anda bisa melihat pergerakan bandar secara penuh, dan analisa broker summary saat closing bisa digunakan sebagai tambahan analisa trading keesokan hari. 

Selama ini, ulasan-ulasan broker summary yang kita paparkan di web Sahamgain.com ini selalu saya ambil saat closing. Jarang sekali saya ambil broker summary saat jam trading (real time live market), karena saat closing broker summary-nya full dan lebih bisa mewakili pergerakan bandar. 

Tampilan Broker Summary Saham

Diatas adalah tampilan broker summary saham, di mana tampilan broker summary ini saya ambil saat closing market. Seperti analisa-analisa broker summary yang sering kita bahas di web, biasanya selalu saya ambil saat closing market. 

Selama ini banyak anggapan kalau analisa bandarmologi harus dilakukan real time market dan harus mantengin layar. Sehingga banyak kepanikan kalau broker summary dihapus trader nggak bisa analisa gerak-gerik market maker lagi. 

Hilangkan persepsi tersebut, karena analisa broker summary tetap bisa dilakukan saat closing market. 

BROKER SUMMARY BUKANLAH ANALISA WAJIB

Perlu anda pahami bahwa broker summary bukan analisa wajib untuk trader. Broker summary adalah bagian dari analisa bandarmologi, di mana bandarmologi bukanlah analisa yang bisa berdiri. 

Kalau anda sering membaca artikel-artikel di web Saham Gain ini, sebenarnya saya sering mengulas bahwa bandarmologi bukan analisa utama dalam trading. 

Jadi kalau anda bertanya-tanya: "Apakah dengan dihapusnya broker summary membuat trader semakin sulit dapat untung?"

Jawabannya TIDAK. Bandarmologi memang bisa digunakan sebagai analisa pelengkap untuk mencetak profit di market. Tetapi tentunya bandaemologi harus di combine dengan analisis teknikal. 

Karena analisa utama dalam analisa saham adalah analisa teknikal, di mana analisa teknikal sebenarnya juga merupakan cerminan dari pergerakan bandar. Sedangkan bandarmologi sebagai analisa pelengkap untuk melihat big player yang ada di saham tersebut. 

Kalau anda tidak ingin menggunakan broker summary untuk analisa saham dan mengambil keputusan trading, tidak masalah. Kalau anda ingin pakai broker summary, ketika broker summary nanti dihapus, anda bisa lakukan analisa broker summary satat closing market, dan jangan lupa untuk kombinasikan dengan analisis teknikal.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.