Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

4 Strategi Trading Saham Hari Ini

Buat para trader saham jangka pendek, frekuensi trading anda pasti akan lebih banyak dibandingkan trader dengan jangka waktu menengah. Anda pasti lebih aktif mencari saham untuk trading hari ini.  


Ketika sore hari, anda mungkin sudah ancang-ancang untuk trading keesokan hari. Buat anda yang ingin trading saham, saran saya anda sebaiknya mempersiapkan rencana trading terlebih dahulu. 

Karena market bergerak fluktuatif, terkadang sulit diprediksi dan pilihan saham di market juga sangat banyak. Kalau anda trading saham dengan cara spontan, kemungkinan besar anda akan sulit memilih saham-saham yang terbaik untuk trading.

Saya sering mendapat request dari rekan-rekan trader untuk mengulas bagaimana cara agar trading saham hari ini yang dijalankan bisa membuahkan portofolio yang efektif, serta menghasilkan profit di market. 

Di pos ini kita akan mengulas cara-cara agar anda bisa mempersiapkan plan lebih baik untuk trading saham hari ini. Ada 4 strategi trading saham hari ini yang bisa anda terapkan:  

1. Watchlist saham sebelum jam trading (bisa malam hari sebelumnya) 

Sebelum anda memutuskan beli saham untuk besok, maka sebelumnya hendaknya anda sudah melakukan screening, analisa dan watchlist saham terlebih dahulu pada saat market tutup. 

Anda bisa melakukan watchlist saham malam hari. Atau pagi hari sebelum market buka (misalnya jam 6-8 pagi, karena market mulai pre open pukul 08.55). Dengan cara ini, anda sudah mengetahui saham-saham yang mau anda incar yang pola chartnya bagus. 

Intinya, anda harus sudah punya STOCK PICK. Jangan ketika market baru buka dan berjalan hari ini, anda baru menganalisa dan mencari stock pick. Anda bisa bingung memilih saham karena market sudah berjalan dan candlestick sudah mulai terbentuk. 

Pelajari juga cara-cara paling simpel, efektif dan mudah untuk screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Dengan melakukan analisa dan watchlist saham, anda akan selalu siap stock pick saham yang mau ditradingkan, sehingga trading anda bisa lebih terarah, dan tidak mudah tergoda membeli saham-saham yang jelek di market. 

2. Lihat momentum market 

Kalau anda berencana trading dan membeli saham hari ini, ada baiknya anda melihat momentum market (IHSG)-nya juga pada hari tersebut. Hal ini akan sangat berguna khususnya buat anda yang mentradingkan saham-saham blue chip atau saham LQ45. 

Saham blue chip dan LQ45 pergerakan harganya biasanya mengikut pergerakan indeks, sehingga ketika IHSG sedang turun banyak, maka saham2 tersebut akan mengikut penurunan indeks (Walaupun tidak semua). Demikian pula sebaliknya. 

Jika di jam awal market buka, IHSG sudah merah padam, ada baiknya anda tidak terburu membeli saham dalam jumlah besar, walaupun mungkin saham yang masuk di stock pick anda adalah saham2 yang sinyalnya sudah bagus. 

Karena sebagus apapun sinyal trading, kalau momentum marketnya belum pas, bisa jadi saham tersebut masih turun lagi. Strateginya, anda bisa membeli saham secara bertahap atau tunggu di harga-harga supportnya. 

Sebaliknya kalau market (IHSG) sudah hijau atau rebound, anda bisa pertimbangkan masuk di saham-saham yang anda incar. 

Melihat momentum market dalam trading juga berguna untuk meminimalkan risiko saham nyangkut setelah dibeli. Kalau market lagi jelek dan anda terburu membeli saham, risikonya saham yang anda beli bisa turun lagi. 

3. Strategi akumulasi atau all in 

Ketika anda membeli saham di hari ini, anda tidak harus langsung all in (memasukkan semua modal untuk beli saham yang anda incar). Anda bisa mempertimbangkan membeli saham secara bertahap, kalau anda merasa belum yakin, atau anda merasa bahwa saham yang anda beli mungkin masih bisa turun ke supportnya beberapa poin. 

Sebaliknya, jika anda sudah 100% yakin, barulah anda bisa all in membeli saham. Intinya, membeli saham tidak harus dilakukan dengan langsung memasukkan seluruh modal di hari itu juga. 

Beli bertahap tidak ada salahnya. Itu juga bagian dari strategi trading dan manajemen modal. Justru dengan kombinasi analisa, pertimbangan yang matang dan tidak terburu-buru membeli saham dalam jumlah besar, anda bisa meraih profit lebih konsisten di market. 

4. Milikilah kombinasi analisa teknikal yang konsisten 

Dalam trading, anda harus punya kombinasi analisa teknikal & trading plan yang dapat diterapkan secara SIMPEL dan KONSISTEN. 

Kalau anda mau mengincar saham hari ini buat trading, anda harus punya "senjata". Senjata anda yaitu analisa saham. Analisa saham akan berjalan dengan efektif (Membuahkan profit), jika anda bisa menginterpretasikan analisa teknikal yang anda gunakan.  

Seringkali trader memiliki berbagai macam kombinasi analisa teknikal, tetapi trader tidak bisa menerapkannya untuk trading. Karena trader hanya menjiplak sistem analisis teknikal yang dilakukan trader lain. 

Kunci supaya trading saham anda bisa membuahkan profit adalah: Anda memiliki analisa teknikal yang simpel (Anda bisa menggunakannya sendiri) dan konsisten (bisa diterapkan dalam kondisi market apapun, terbukti memberikan profit untuk anda).  

Sebagai referensi tambahan, anda bisa perdalam lagi cara-cara mempraktikkan kombinasi analisa teknikal yang simpel dan praktikal untuk semua level trader disini: Ebook Saham Full Praktik Trading. 

Itulah hal-hal yang harus anda persiapkan dengan baik jika anda ingin mengincar saham-saham yang bagus ditradingkan untuk hari ini. Dengan cara-cara ini, anda bisa trading mandiri dan tidak harus bergantung dengan stock pick dan analisa orang lain. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.