Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Chart Saham Gratis

Kalau anda sedang belajar analisis teknikal (grafik), anda membutuhkan tool atau software yang bisa digunakan sebagai sarana untuk menganalisa grafik saham-saham tertentu. 


Aplikasi grafik saham biasanya bisa diperoleh melalui software online trading yang sudah anda daftarkan pada perusahaan sekuritas saat anda membuka akun rekening efek. 

Kalau anda ingin membuka akun rekening saham di sekuritas atau secara online untuk trading, anda bisa pelajari langkah-langkahnya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula

Anda juga bisa mempertimbangkan memilih sekuritas2 terbaik untuk pembukaan rekening efek anda. Termasuk rekomendasi sekuritas yang deposit minimumnya rendah. 

Namun untuk sebagian para pemula, mungkin anda masih belum memiliki modal yang cukup untuk deposit. Atau mungkin anda sedang membuka akun saham di sekuritas, dan masih dalam proses. 

Tentu saja kalau anda tidak memiliki akun software online trading, anda tidak akan bisa melakukan analisis teknikal. Tapi tenang saja, kalau anda belum membuka akun saham di kantor sekuritas, anda tetap bisa belajar analisis teknikal (grafik). 

Ada beberapa aplikasi grafik saham gratis yang bisa anda miliki untuk belajar analisis teknikal. Beberapa aplikasi tersebut bisa anda akses secara free, dan fitur-fitur analisa chartnya cukup lengkap. 

Berikut tiga aplikasi chart saham gratis yang bisa anda gunakan untuk di PC maupun smartphone anda: 

1. Investing.com

Investing Chart

Aplikasi chart saham gratis pertama adalah Investing Chart. Anda bisa klik disini: Investing Chart untuk langsung masuk ke menu grafiknya. 

Investing Chart bisa digunakan untuk menganalisa semua saham, bukan hanya saham-saham Indonesia, tetapi anda juga bisa melakukan analisa teknikal untuk saham-saham Amerika atau saham2 lainnya. 

Perhatikan nomor 1. Itu adalah kode saham. Anda bisa ganti kode saham sesuai dengan saham yang mau anda analisa. Kemudian di sebelah kode saham, anda bisa mengganti time frame candlestick menjadi 5 menit, 15 menit, 1 jam atau 1 hari. 

Perhatikan nomor 2. Itu adalah menu untuk menambahkan indikator-indikator seperti Moving Average, Stochastic, dan lain-lain. Perhatikan nomor 3. Anda bisa mengganti tampilan grafik menjadi candlestick chart. Karena pada tampilan default, tampilannya adalah line chart.  

2. Trading View 

Trading View

Anda bisa langsung masuk ke menu chartingnya disini: Id Trading View Chart. Trading View juga merupakan menu charting yang cukup lengkap. Tampilannya kurang lebih sama dengan Investing. 

Perhatikan nomor 1. Diatas kiri adalah kode saham. Anda bisa ubah kode saham sesuai dengan saham yang mau dianalisa. Perhatikan nomor 2. Anda bisa ganti time frame candlestick menjadi daily. Perhatikan nomor 3. Itu adalah menu untuk setting indikator saham. 

Indikator-indikator saham yang ad di trading view kurang lebih sama dengan indikator yang ada di Investing. Perhatikan nomor 4. Itu adalah menu untuk membuat garis horizontal. Bisa berguna untuk menentukan titik support dan resisten saham pada chart. 

3. Yahoo Finance Chart

Yahoo Finance 

Anda bisa langsung masuk ke menu grafiknya disini: Yahoo Finance Chart. Yahoo Finance memiliki tampilan grafik yang interaktif dan mudah untuk digunakan. Indikator-indikator saham secara umum juga terdapat pada Yahoo Finance. 

Perhatikan nomor 1, di bagian pojok kanan atas (Quote Lookup). Itu adalah menu untuk mencari kode saham yang ingin anda analisa grafiknya. Perhatikan nomor 2. Itu adalah time frame chart. Anda bisa pilih time frame 1 bulan (1M), 3 bulan (3M), 6 bulan (6M) dan seterusnya. 

Perhatikan nomor 3. Itu adalah time candlestick. Anda bisa pilih time frame candlestick yang paling umum yaitu 1 hari (1 Day). Perhatikan nomor 4. Itu adalah menu untuk menampilkan indikator saham. Selain indikator, di sebelahnya ada menu Comparison. Anda bisa membandingkan grafik satu saham dengan saham lainnya. 

Itulah tiga aplikasi chart saham gratis yang bisa anda manfaatkan buat analisa teknikal. Dan anda juga bisa melakukan analisa teknikal pada saham-saham luar negeri. Indikator2 yang diberikan pada aplikasi2 gratis tersebut cukup lengkap. 

Kalau anda mencari indikator saham tertentu di software online trading anda tetapi tidak menemukan. Anda bisa coba cari indikator yang anda ingin analisa melalui aplikasi-aplikasi chart gratis tersebut. 

Jika anda menemukan aplikasi-aplikasi saham gratis lainnya, anda boleh menggunakannya juga. Intinya, aplikasi saham yang bagus adalah aplikasi yang memiliki syarat-syarat sebagai berikut:  

1. Lengkap 

Lengkap yaitu bisa menampilkan banyak indikator saham (terutama indikator2 umum), ada tampilan time frame, menu garis horizontal dan time frame, karena dalam analisa teknikal, anda butuh analisa-analisa tersebut. 

2. Mudah digunakan 

Aplikasi yang bagus tentu harus mudah digunakan dan tampilannya simpel, interaktif, anda mudah menemukan menu-menu analisa chart yang dibutuhkan.  

3. Real time 

Aplikasi saham hendaknya real time market. Hal ini untuk meminimalkan kesalahan atau bias dalam melakukan analisa teknikal. Aplikasi real time artinya candlestick terakhir menampilkan data perdagangan saham yang paling update, tidak ada delay. 

Ketiga aplikasi chart saham gratis yang kita bahas di pos ini, yaitu Investing, Trading View dan Yahoo Finance memiliki semua syarat tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.