Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Harga 1 Lot Saham Telkom

Di Bursa Efek Indonesia, kita mengenal sektor perusahaan Telekomunikasi. Ada beberapa perusahaan go public di sektor ini, antara lain Indosat (ISAT), Smartfren (FREN), XL Axiata (EXCL), dan Telkom Indonesia (TLKM).


Telkom merupakan perusahaan blue chip yang ada di sektor telekomunikasi, di mana TLKM adalah market leader di sektor telekomunikasi dengan kapitalisasi pasar sekitar 330 triliun. 

Seperti kita ketahui, TLKM menyediakan layanan jaringan internet Telkomsel, di mana brand image-nya juga sudah terkenal di masyarakat Indonesia. 

Buat anda para pemula yang baru belajar saham, anda mungkin juga sering mendengar saham Telkom di Bursa Efek. Buat para investor pemula yang baru pertama terjun ke dunia saham, anda mungkin juga bertanya: Berapa harga 1 lot saham Telkom di Bursa Efek? Apakah bisa dijangkau dengan modal kecil? 

Di pos ini, kita akan membahas harga 1 lot saham Telkom di Bursa Efek, dan cara mencari harga saham update, khususnya buat anda yang baru pertama kali belajar saham, anda perlu mencari informasi 

1. Mencari harga saham TLKM melalui Google 

Cara paling mudah mencari harga saham paling update adalah dengan mengetikkan kode sahamnya melalui situs Google. Untuk mengetahu harga 1 lot saham Telkom, anda bisa masuk situs Google, dan ketikkan: "Saham TLKM". Kemudian muncullah informasi harga 1 lot saham Telkom: 

Harga 1 lot saham Telkom

Diatas kita bisa lihat harga 1 lot saham TLKM adalah Rp3.370. Artinya, untuk membeli saham TLKM, modal minimal yang perlu anda investasikan adalah: Rp337.000 (Rp3.370 x 1 lot x 100 lembar saham), di mana 1 lot setara dengan 100 lembar saham. 

Jangan lupa untuk menambahkan fee beli sekuritas. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. Harga saham pasti akan berfluktuatif (naik-turun). Jadi ada baiknya anda selalu mengecek update harga saham terbaru. 

Melihat harga saham melalui Google adalah cara paling simpel dan mudah dilakukan, karena anda tidak perlu login melalui software online trading. Hal ini berguna untuk para pemula yang ingin belajar saham, namun belum membuka akun rekening efek di sekuritas.  

2. Melihat harga saham TLKM melalui software online trading

Cara lain untuk melihat harga 1 lot saham Telkom, bisa dilakukan melalui software online trading. Jika anda sudah membuka akun rekening efek, anda bisa login dan kemudian ketikkan kode saham TLKM. 

Atau anda bisa melihat harga Bid dan Offer Price-nya, sehingga anda bisa melihat dua harga permintaan dan penawarannya. Contohnya seperti pada tampilan berikut: 

1 Lot Saham Telkom

Pada software saham, anda bisa melihat berapa harga best bid (permintaan beli) terbaik. Pada saham TLKM diatas, harga best bid 1 lot adalah Rp3.350. Sedangkan harga best offer (penawaran jual) terbaik 1 lot adalah Rp3.360. Untuk anda yang belum paham cara membaca bid offer saham, anda bisa pelajari disini:  


Biasanya harga saham real time di Google ada sedikit perbedaan dengan harga di software saham. Tetapi perbedaannya tidak terlalu jauh, hanya 1-3 fraksi harga, jadi tidak masalah. 

3. Melihat harga saham 1 lot melalui aplikasi RTI Business 

Kalau anda ingin melihat harga saham TLKM, anda juga bisa melihatnya melalui aplikasi RTI Business yang diinstal di HP anda, melalui Google Playstore. Baca juga: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Itulah cara melihat harga 1 lot saham Telkom. Cara ini juga bisa diterapkan untuk melihat harga saham update lainnya. 

ANALISA SAHAM SEBELUM MEMBELI 

Telkom merupakan bisnis perusahaan yang bergerak di sektor telekomunikasi, di mana TLKM juga berencana untuk mengembangkan jaringan 5G. Telkom termasuk saham yang cukup ternama di Bursa Efek, karena selain memiliki company size yang besar, dari sisi kinerja TLKM relatif unggul dibandingkan sektor sejenisnya. 

Kalau anda ingin membeli saham TLKM, baik untuk trading maupun investasi, anda harus melakukan analisa sahamnya terlebih dahulu. Jika anda ingin investasi, lakukan analisis fundamental. Baca juga: Belajar Analisis Fundamental Pemula - Expert. 

Jika anda ingin trading jangka pendek, lakukan analisis teknikal (Analisa grafik). Analisis teknikal dapat memberikan informasi pada trader apakah saham saat ini sudah bagus dibeli, harganya sudah murah atau masih kemahalan. Baca juga: Analisis Teknikal Saham Full Praktik. 

Analisis Grafik Saham Telkom

Dari segi dividen, TLKM juga termasuk perusahaan yang rajin bagi dividen rutin setiap tahun. Sehingga TLKM termasuk salah satu saham yang bisa anda pertimbangkan buat yang ingin mendapatkan passive income dari saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.