Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Perusahaan Salim Group

El Heze

Di Indonesia, ada banyak perusahaan besar dan memiliki brand image bagus.  Tidak sedikit perusahaan besar yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga sebagai investor, anda punya kesempatan untuk membeli sahamnya.



Salah satu perusahaan besar di Indonesia adalah Salim Group. Salim Group terdiri dari beberapa perusahaan go public yang mewakili seluruh sektor usaha di Bursa Efek. 

Mengacu pada Wikipedia, Salim Group sendiri merupakan perusahaan konglomerat yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 1972 di Indonesia. Salim Group pertama kali didirikan oleh Sudono Salim. 

Hingga saat ini, ada banyak perusahaan dibawah kepemilikan Salim Group yang melantai di Bursa Efek Indonesia. Kalau anda sedang mencari perusahaan Salim Group, di pos ini kita akan membahasnya. Berikut daftar perusahaan Salim Group

1. PT Indoritel Makmur Tbk (DNET), sektor layanan perdagangan & investasi.
2. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), sektor aneka industri.
3. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), sektor industri barang konsumsi.
4. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), sektor industri barang konsumsi.  
5. PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS), sektor keuangan. 
6. PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA), sektor keuangan. 
7. PT PP London Sumatra Tbk (LSIP), sektor pertanian. 
8. PT Unggul Indah Cahaya Tbk (UNIC), sektor industri dasar dan kimia. 
9. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), sektor infrastruktur, utilitas & transportasi. 
10. PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP), sektor pertanian. 

1. PT Indoritel Makmur Tbk (DNET)

PT Indoritel Makmur Tbk bergerak di bidang bisnis pengembangan jaringan serta optik. Merk utamanya adalah FiberStar. 

Perusahaan ini awalnya merupakan penyedia jasa internet (ISP). Kemudian perusahaan membuat divisi baru yaitu Dyviacom IT Solution, di mana perusahaan mengemabngkan usaha perangkat, jaringanm instalasi komputer, sistem informasi & proteksi jaringan, penyedia domain dan pemrograman. 

2. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) 

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif. Perusahaan didirikan pada tahun 1976 dengan nama PT Indomobil Investment Corporation, dan pada tahun 1997 melakukan merger dengan PT Indomulti Inti Industri Tbk, dan berubah nama menjadi PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. 

Bidang kegiatan utama perusahaan adalah pemegang lisensi merk, distributor penjualan kendaraan, jasa pembiayaan kendaraan bermotor, distributor suku cadang (merk: IndoParts), perakitan kendaraan bermotor, produsen komponen otomotif, jasa sewa kendaraan. 

Produk-produk yang dipasarkan antara lain adalah Audi, Datsun, Foton, Hino, Infiniti, Kalmar, Nissan, Suzuki, Renault Trucks, Renault, Volvo Bus dan lain-lain. Produk-produk perusahaan terdiri dari kendaraan bermotor roda dua, roda empat, bus, truk dan alat-alat berat. 

3. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk bergerak di bidang makanan olahan, bumbu, minuman kemasan, minyak goreng, pabrik gandum dan pabrik pembuatan karung tepung. Beberapa produk Indofood yang terkenal seperti minyak goreng Bimoli, Palmia, Delima, Lays, Tepung Segitiga Biru dan lain-lain.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk berpoerasi secara komersial tahun 1990. Perusahaan memproduksi barang-barang konsumsi untuk kebutuhan rumah tangga, dan biasanya dikenal dengan Indofood.  

4. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi mi instan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, biskuit dan penyertaan modal pada anak perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan susu, makanan ringan dan kemasan. 

Indofood CBP sendiri lebih dikenal dengan produk mi instan dengan merk "Indomie". Ada banyak varian indomie dan pop mie, di mana produk-produk mi instan Indomie ini cukup banyak membanjiri pasaran, mulai dari toko kelontong, minimarket hingga supermarket. 

5. PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS) 

PT Indomobil Multi Jasa Tbk adalah perusahaan yang kegiatan utama berfokus pada impor dan ekspor kendaraan & suku cadang, konsultasi jasa & teknik dan transportasi darat.

IMJS juga menjalankan bisnis jasa pembiayaan kendaraan bermotor dan alat berat, sewa guna usaha, serta bisnis anjak piutang melalui anak usahanya (PT Indomobil Finance Indonesia). 

6. PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA)
 
PT Bank Ina Perdana Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan (kredit, deposit, tabungan dan layanan-layanan perbankan lainn) termasuk layanan perbankan digital. Bank Ina Perdana mengelola bisnis perbankan yang sama dengan perusahaan2 perbankan seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan perbankan lainnya di Indonesia. 

7. PT PP London Sumatra Tbk (LSIP)
 
PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia atau biasa dikenal PT PP London Sumatra Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit dan karet. Produk utama LSIP adalah minyak sawit mentah, karet, teh, biji-bijian. 
 
8. PT Unggul Indah Cahaya Tbk (UNIC)
 
PT Unggul Indah Cahaya Tbk adalah perusahaan produsen deterjen di Indonesia, di mana sebagian besar produknya juga diekspor ke negara-negara seperti Perancis, Jepang, Jerman, Australia, Singapura, Amerika Serikat, Vietnam. 

Produk utama perusahaan ini adalah Branched Alkylbenzene dan Linear Alkybenzene yaitu bahan baku utama deterjen di Indonesia. Produk-produk sampingannya adalah Heavy Alkylate dan Light Alkylate.
 
9. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META)
 
PT Nusantara Infrastructure Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, perdagangan dan pembangunan yang berhubungan dengan bidang usaha infrastruktur, pertambangan, minyak dan gas bumi. 

Kegiatan utama PT Nusantara Infrastructure Tbk adalah melakukan investasi pada beberapa perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan jalan tol terutama Jakarta dan Makassar, jasa pelabuhan, perdagangan, jasa dan pembangunan. 
 
10. PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP)  
 
PT Salim Ivomas Pratama Tbk adalah perusahaan yang di sektor agribisnis, di mana perusahaan mengelola kegiatan usaha melalui dua divisi bisnis yaitu Perkebunan dan Minyak & Lemak Nabati. 
 
Kegiatan utama Salim Ivomas Pratama meliputi mata ratai pasokan mulai dari kegiatan penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, budidaya dan pengolahan kelapa sawit, hingga produksi dan pemasaran produk miyak goreng, margarin, shortening. 
 
Itulah daftar perusahaan Salim Group yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari perusahaan-perusahaan Salim Group, ada dua perusahaan yang masuk dalam perusahaan blue chip, di mana market cap-nya berada diatas 100 triliun yaitu:
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) 
  • PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)
Kedua perusahaan ini adalah perusahaan consumer goods yang brand image-nya sudah cukup melekat di kalangan masyarakat, terutama produk mi instan-nya, yaitu dengan merk Indomie. 

Buat anda yang ingin membeli saham0saham Salin Group, sebaiknya anda selalu cek analisa teknikal (Trading) maupun analisa fundamental (Investor) masing-masing. Hal ini karena setiap saham ada momentumnya untuk naik dan koreksi.

Berikut rangkuman daftar perusahaan Salim Group: 

Daftar perusahaan Salim Group

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.