Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Pertamina

El Heze

Salah satu perusahaan besar di Indonesia yang merupakan perusahaan monopoli (tidak ada pesaing) adalah Pertamina. Pertamina sangat mudah kia temukan, dan tentu saja selalu dibutuhkan oleh masyarakat. 



Sebagai masyarakat umum, anda sebenarnya punya kesempatan untuk memiliki saham pertamina. Dengan kata lain, anda bisa menjadi pemegang saham Pertamina Indonesia. Pertama-tama kita perlu pahamu terlebih dahulu struktur perusahaan Pertamina. 

Dikutip dari situs Pertagas.Pertamina.com, PT Pertamina Gas dimiliki oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan PT Pertamina (Persero). 

Pertamina Gas adalah bagian dari Holding Gas di Indonesia yang berperan dalam usaha niaga gas, transportasi gas, pemrosessan & distribusi gas dan bisnis lainnya yang berkaitan dengan gas alam serta produk turunannya. 

Jadi kalau anda ingin membeli saham Pertamina, anda tidak bisa membeli langsung saham dari PT Pertamina Gas, karena PT Pertamina Gas tidak go public. Sahamnya tidak bisa diperjual-belikan oleh investor umum (masyarakat). 

Tetapi anda bisa membeli pemegang saham mayoritasnya, yaitu melalui PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Kode sahamnya adalah PGAS. Karena PT Perusahaan Gas Negara Tbk inilah yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, sehingga anda bisa membeli saham perusahaannya. 

Lalu bagaimana cara membeli saham Pertamina, yaitu saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk? Berikut panduan cara membeli saham Pertamina: 

1. Buka akun saham di kantor sekuritas / online 

Untuk membeli saham di Bursa Efek, anda harus memiliki rekening efek, karena anda membeli saham melalui software online trading yang disediakan oleh kantor sekuritas. 

Anda bisa membuka akun saham terlebih dahulu di kantor sekuritas terdekat. Anda juga bisa membuka rekening saham secara online. Pelajari langkah-langkah membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Proses pembukaan rekening saham membutuhkan waktu sekitar 2 hari sampai 2 mingguan. 

2. Login ke software saham --> klik Trade --> Buy. Seperti berikut tampilannya:


2. Anda akan diarahkan pada order buy seperti berikut pada software saham: 

Cara Membeli Saham Pertamina

Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham Pertamina, pilih kode saham (Symbol): PGAS yaitu kode saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). Lalu anda akan melihat antrian harga saham PGAS (perhatikan tanda persegi warna ungu). 

Antrian harga saham terdiri dari bid dan offer. Kalau anda ingin melihat harga saham PGAS terakhir, anda bisa lihat pada harga best offernya, yaitu di harga Rp1.330. Pelajari juga cara membaca antrian bid offer saham disini: 


Perhatikan nomor 2. Untuk membeli saham PGAS, silahkan masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Satuan perdagangan saham adalah lot, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Katakanlah anda ingin membeli saham PGAS di harga Rp1.330 per saham sebanyak 10 lot. Maka modal yang harus anda keluarkan untuk membeli saham PGAS adalah: Rp1.330 x 10 lot x 100 lembar saham = Rp1.330.000. 

Setiap pembelian saham dikenakan fee beli. Demikian juga ketika anda menjual saham. Tapi jangan khawatir, jumlah fee beli dan jual nominalnya kecil. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.  

Setelah itu, anda bisa klik BUY dan kemudian anda sudah dinyatakan memiliki saham Pertamina, melalui pembelian saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). 

3. Analisis Grafik Saham PGAS 

Tujuan membeli saham tentu adalah untuk mendapatkan profit, yaitu bisa menjual saham di harga lebih tinggi daripada harga beli anda. Oleh karena itu, sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis teknikal / grafik sahamnya terlebih dahulu.  

Grafik Saham PGAS

Grafik saham dapat memberikan banyak informasi pada anda. Dengan analisis grafik, anda bisa melihat apakah saham tersebut sudah murah dan bagus buat dibeli, atau sebaliknya. 

Anda bisa pelajari cara-cara melakukan analisis grafik saham dan analisis teknikal lengkap buat memilih saham-saham bagus disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Itulah panduan cara membeli saham Pertamina. 

2 komentar:

  1. Selamat malam saya mau nanya apakah sabtu minggu libur sehingga saham2 tidak bergerak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Sabtu dan Minggu bursa saham libur

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.