Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membeli Saham Perusahaan BUMN

El Heze

Perusahaan-perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI), beberapa diantaranya adalah perusahaan milik negara alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jadi buat teman-teman yang ingin membeli saham BUMN, anda punya kesempatan untuk menjadi investor saham2 BUMN. 


Perusahaan BUMN yang go public di BEI jumlahnya cukup banyak. Jadi ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perusahaan2 di BEI yang merupakan perusahaan milik negara. 

Anda bisa pelajari daftar-daftar perusahaan BUMN yang go public disini: Daftar Saham BUMN di Indonesia. Yap, ada banyak perusahaan BUMN yang mencatatkan sahamnya di Bursa. Anda bisa memilih satu atau beberapa yang menurut terbaik untuk dibeli. 

Ciri-ciri saham BUMN, pasti ada tulisan "Persero" di belakangan nama perusahaannya. Misalnya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Lalu bagaimana cara membeli saham BUMN? Berikut panduan cara membeli saham perusahaan BUMN: 

1. Buka akun saham di kantor sekuritas 

Untuk membeli saham, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas di kota terdekat anda. Anda juga bisa membuka akun saham secara online. Pelajari cara-cara membuka akun saham disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula (33 halaman). 

Seluruh aktivitas beli jual saham, dilakukan melalui software online trading saham, di mana software trading saham bisa anda dapatkan jika membuka rekening efek di kantor sekuritas.

2. Pilih saham BUMN yang ingin dibeli

Karena jumlah perusahaan BUMN cukup banyak, maka sebaiknya anda memilih 1 atau 2 perusahaan BUMN yang bagus untuk dibeli. Cara memilih saham yang bagus, bisa dilakukan dengan ANALISIS TEKNIKAL (jika anda ingin trading), dan ANALISIS FUNDAMENTAL (Untuk investasi jangka panjang). 

Anda bisa pelajari analisis-analisis untuk memilih saham yang bagus buat dibeli pada ebook-ebook praktik trading & investasi saham disini: 
3. Login ke akun sekuritas pilih menu Trade --> Buy  


4. Kemudian muncul tampilan order buy seperti berikut: 

Cara membeli saham perusahaan BUMN

Perhatikan nomor 1. Untuk memilih perusahaan BUMN, anda harus paham kode sahamnya. Anda bisa googling kode2 saham di Bursa Efek, atau lihat disini: Daftar Saham BUMN di Indonesia. Katakanlah anda ingin membeli saham Telkom, maka anda bisa ketikkan kode sahamnya, yaitu TLKM. 

Perhatikan nomor 2. Setelah anda ketikkan kode saham BUMN yang akan dibeli, anda bisa masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Untuk memahami antrian harga saham bid dan offer, anda bisa pelajari disini: 
Dalam perdagangan saham, 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Dan minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Katakanlah anda ingin membeli saham TLKM di harga 3.460 sebanyak 1 lot, maka modal yang harus anda keluarkan adalah: Rp3.460 x 1 lot x 100 lembar saham = Rp346.000, ditambah fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.  

Setelah itu perhatikan nomor 3. Anda bisa pilih BUY. Setelah pilih buy, anda akan disuguhkan Yes or No. 

5. Pilih YES

Pilih YES untuk membeli saham: 


Dengan demikian, anda sudah dinyatakan memiliki saham perusahaan BUMN. Itulah cara membeli saham perusahaan BUMN. 

Cara membeli saham BUMN ini juga sama dengan cara membeli saham-saham perusahaan lainnya. Intinya, harus harus ketikkan kode saham yang ingin dibeli. Masukkan harga dan lot yang mau dibeli. 

Dan sebelum membeli saham, anda harus melakukan analisis terlebih dahulu, untuk melihat apakah saham yang anda beli harga dan momentumnya sudah bagus. Hal ini karena tujuan anda beli saham adalah untuk dapat profit. 

Maka dari itu, membeli saham harus dilakukan atas pertimbangan analisis. Jika anda ingin investasi, lakukan analisa fundamental. Jika ingin trading jangka pendek, pelajari analisis teknikal. Baca juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.