Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Trading Saham - Grafik Saham

Trading dan analisa saham membutuhkan analisis grafik saham supaya anda bisa melihat saham-saham apa saja yang analisa teknikalnya bagus dan menguntungkan untuk trading. 


Analisa grafik saham biasanya dilakukan di software online trading anda masing-masing, yang sudah didaftarkan di kantor sekuritas. Melalui software trading, selain menganalisa saham, anda juga bisa melakukan eksekusi trading (jual beli saham).   

Tetapi mungkin banyak dari anda yang belum sempat membuka rekening saham. Atau anda masih belum memiliki modal untuk buka akun saham, sehingga anda tidak bisa menganalisa grafik saham. 

Buat anda yang belum membuka akun saham di sekruitas dan ingin mendalami analisis teknikal, khususnya cara menganalisa grafik saham, anda sebenarnya tetap bisa menganalisa grafik melalui aplikasi grafik saham GRATIS.

Beberapa aplikasi grafik saham gratis ini bisa anda akses free, tanpa harus membayar atau setor modal terlebih dahulu, dan anda bisa mengakses dan mendalami analisis teknikal seperti indikator, garis tren, belajar support resisten, candlestick, chart pattern dan masih banyak lainnya.

[Rekan-rekan yang ingin lebih intens belajar analisis teknikal saham sampai ke praktik trading memilih saham, anda bisa dapatkan full praktik analisis teknikal disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Apa saja aplikasi trading saham gratis yang bisa anda gunakan untuk ANALISIS TEKNIKAL? Berikut beberapa aplikasi grafik saham free dan praktis yang bisa anda coba: 


Situs Id.tradingview.com merupakan salah satu web yang menyediakan analisis chart saham secara free. Anda bisa langsung masuk ke menu chart Trading View disini: Grafik Saham Id Tradingview. Berikut tampilannya: 

Id Trading View

Id Tradingview merupakan charting saham free yang menu-menunya cukup lengkap, di mana anda bisa menampilkan semua grafik saham di Bursa Efek, serta menampilkan menu-menu indikator seperti Moving Average, RSI, MACD dan lain2 serta menggambar garis support-resisten dan menu analisa teknikal lainnya.

Perhatikan yang saya beri tanda persegi hijau. Itu adalah menu-menu untuk menampilkan kode saham, time frame candlestick (tulisan D) dan menampilkan indikator saham. 

Sedangkan perhatikan tanda persegi biru. Itu adalah menu-menu untuk menampilkan garis horizontal, garis tren untuk menganalisa titik support resisten pada chart.      

Untuk menggunakan aplikasi Id Trading View, anda tidak perlu menginstal-nya atau login / register terlebih dahulu. Anda hanya perlu membuka web-nya dan setting indikator sesuai keinginan anda.   


Investing chart adalah aplikasi charting saham yang cukup populer, dan Investing juga bisa anda akses secara free. Tampilan charting pada aplikasi Investing mirip dengan Id Tradingview. Perhatikan tampilan Investing chart berikut: 

Investing

Anda bisa buka menu grafik Investing disini: Investing Chart. Pada Investing, anda juga bisa mengatur menu-menu indikator, time frame candlestick, analisa support resisten. Investing menampilkan indikator saham yang cukup seperti berikut contohnya: 

Investing data chartnya cukup real time, dan bisa anda akses melalui PC, laptop maupun smartphone.  


Situs Yahoo Finance juga bisa menampilkan grafik saham untuk analisa teknikal, termasuk setting indikator yang anda inginkan, analisa support resisten mandiri dan lain-lain. Anda bisa lihat chartnya disini: Yahoo Finance Chart Dan berikut tampilan chart di Yahoo Finance:   

Yahoo Finance Chart

Untuk cek grafik saham melalui Yahoo Finance Chart, anda juga bisa ketikkan kode saham yang anda inginkan melalui Google.com. Misalnya anda ketikkan: "BBRI Finance Yahoo Chart". Kemudian akan muncul tampilan pada halaman pertama sebagai berikut: 

Anda bisa klik pada BBRI.JK tersebut. Lalu anda akan diarahkan langsung ke menu charting analisis teknikal di situs Yahoo Finance. Anda bisa akses Yahoo Finance chart secara free, tidak perlu register atau membayar. 

4. Software dummy trading sekuritas 

Aplikasi-aplikasi diatas yaitu Trading View, Investing, Yahoo Finance hanya bisa digunakan untuk menganalisa grafik alias analisa teknikal. Namun tentu anda nggak bisa melihat market seperti naik turunnya saham, bid-offer, running trade dan sebagainya.

Nah, kalau anda ingin melihat market secara real time, anda bisa download langsung software demo (dummy) dari sekuritas. Setiap kantor sekuritas umumnya menyediakan layanan software online trading untuk demo (untuk melihat menu2 pada software sekuritas). 

Dengan cara ini, anda bisa melihat langsung market real time plus analisa chart. Anda bisa pelajari disini: Cara Memilih Broker / Sekuritas Saham, tentang cara mencari menu software dummy trading dari sekuritas. 

Tetapi software demo yang disediakan kantor sekuritas sifatnya adalah trial (ada masa expired-nya) tidak seperti Investing atau Id Tradingview. Namun setidaknya dengan mencoba software demo sekuritas, anda bisa mengetahui sedikit banyak pergerakan market. 

Beberapa dari anda mungkin akan bertanya: "Pak Heze, apakah aplikasi2 free ini bisa untuk trading saham langsung?"

Jawabannya: Tidak bisa. Namanya aplikasi free tentu nggak bisa untuk beli saham. Karena untuk beli jual saham (trading atau investasi), anda harus membuka akun di kantor sekuritas, kemudian anda deposit dan barulah anda bisa trading. 

Sebagai referensi tambahan, anda bisa pelajari cara-cara buka akun saham di sekuritas atau secara online disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

Setidaknya aplikasi2 free ini bisa membantu anda untuk belajar grafik saham / analisis teknikal, jika anda belum membuka rekening saham. 

Itulah beberapa aplikasi grafik saham yang bisa anda pertimbangkan untuk analisa teknikal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.