Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Mencari Top Gainer Saham Hari Ini

El Heze
Jika anda ingin mencari saham-saham yang kenaikannya tinggi di hari ini, maka di setiap software trading saham, ada yang namanya menu TOP GAINER. Top gainer merupakan daftar saham-saham yang mencetak kenaikan tertinggi di hari tersebut. 



Lalu bagaimana cara mencari top gainer saham? Dan apa kegunaan saham-saham top gainer untuk trader? Apakah saham-saham top gainer memiliki potensi naik lebih tinggi untuk keesokan harinya? 

Di pos ini kita akan membahasnya. Berikut adalah cara mencari top gainer saham hari ini: 

1. Melalui software trading saham 

Mencari saham-saham top gainer sebenarnya cukup mudah. Melalui software online trading dari sekuritas yang anda pakai, anda sudah bisa melihat daftar saham top gainer. Caranya pilih menu Market --> Top Stocks. Tampilannya kurang lebih seperti berikut: 


Kemudian, saham-saham Top Gainer ini bisa dibedakan menjadi dua. Pertama, top gainer by percentage (%). Artinya, saham-saham ini merupakan saham2 yang kenaikannya paling tinggi berdasarkan persentasenya di hari itu. 

Kalau anda mencari top gainer %, maka biasanya akan ditampilkan sekitar 10-20 saham yang kenaikan harga persennya paling tinggi saat itu. Seperti ini contohnya: 

Top Gainer Saham Hari Ini
Oh ya, kalau anda mau cari top stock, jangan lupa untuk pilih Reguler Market. Karena kita trading sahamnya di pasar reguler. Pada tampilan diatas, anda bisa lihat saham2 yang naiknya paling tinggi, mulai dari yang naiknya 100% sampai 7%. 

Tapi biasanya untuk saham2 top gainer by %, banyak diisi waran. Waran itu adalah produk turunan saham seperti VINS-W, BAPI-W dan lain2 seperti yang anda lihat pada menu top stock diatas. Kita pernah bahas disini: Memahami Waran: Definisi Waran & Cara Trading Waran. 

Rata-rata waran harganya sangat murah bisa Rp1, Rp2 saja. Jadi kalau harga waran naik dari Rp1 ke Rp2, maka kenaikannya sudah 100%. Itulah kenapa banyak waran yang masuk di top stock. 

Kedua, anda juga bisa mencari saham-saham Top Gainer by Change Value. Maksudnya adalah saham-saham yang kenaikannya tertinggi berdasarkan perubahan harga last-nya. Contohnya seperti berikut:

Saham top gainer
Anda bisa lihat yang bagian Change. Saham GGRM masuk dalam top stock by change value karena perubahan kenaikan harga sahamnya paling tinggi yaitu Rp2.300. Artinya, jika harga terakhir (last) GGRM adalah Rp54.800, maka harga sebelumnya adalah Rp52.500.

Jadi harga saham GGRM mengalami kenaikan dari Rp52.500 ke Rp54.800 alias perubahan kenaikannya Rp2.300 demikian juga dengan saham-saham top stock lainnya. 

2. Melalui situs Dunia Investasi 

Anda juga bisa melihat saham-saham top gainer melalui website Dunia Investasi. Di situs tersebut, juga update informasi top gainer hari ini. Anda bisa langsung menuju ke web-nya berikut: Dunia Investasi Top Gainer. 

Itulah cara mencari top gainer saham hari ini. Caranya sangat mudah, simpel, dan anda bisa praktikkan dengan cepat. 

KEGUNAAN TOP GAINER SAHAM UNTUK TRADER 

Dalam praktik trading, top gainer yang lebih sering diperhatikan adalah top gainer by percentage (%), yaitu saham2 yang kenaikannya tertinggi berdasarkan persentase. Untuk tp gainer by change jarang diperhatikan. Jadi kita akan bahas top gainer by %. 

Melihat saham-saham top gainer terkadang berguna untuk SCALPER TRADER (trader saham menitan). Hal ini karena seorang scalper saham biasanya mencari saham-saham yang punya potensi naik cepat dalam jangka waktu menitan, dengan persentase kenaikan yang tinggi. 

Yap, biasanya beberapa saham yang ada di top gainer masih punya potensi untuk melanjutkan kenaikan cepat untuk keesokan harinya. 

Tapi yang perlu anda pahami, mayoritas saham top gainer adalah saham-saham gorengan, bahkan waran. Kita semua tahu bahwa saham gorengan memiliki risiko yang tinggi untuk trading. 

Apalagi waran. Kita sudah pernah membahasnya disini: Trading Waran: Risiko Trading Waran. Jadi kalau memang anda berniat scalping trading dengan mencari saham2 di top ganier, anda harus lakukan analisa: Apakah saham tersebut layak untuk ditradingkan? 

Hindari membeli saham di top gainer hanya karena sahamnya sedang naik puluhan persen di hari itu. Karena saham2 yang hari ini masuk top gainer, sama sekali tidak menjamin harganya bakalan naik keesokan harinya. 

Strategi-strategi memilih saham untuk scalping trading. Memilih saham yang berpotensi naik 5-10% untuk trading menitan, dan cara meminimalkan risiko dalam scalping trading juga sudah pernah kita bahas praktik-praktikknya disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. Anda bisa praktikkan langsung.

Semoga ulasan tentang top gainer saham di pos ini bisa membuka wawasan kita semua mengenai pentingnya top gainer untuk seorang trader.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.