Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melihat Grafik Saham di IDX

El Heze
Bagaimana cara melihat grafik saham di IDX? Saya ingin melihat dan menganalisa saham-saham tertentu untuk analisa teknikal. Pertanyaan ini seringkali saya terima dari rekan-rekan trader saham pemula. 


Banyak trader pemula yang ingin melihat grafik saham langsung melalui situs www.idx.co.id, karena web tersebut cukup lengkap menampilkan laporan keuangan semua perusahaan go public, termasuk informasi harga saham historis perusahaan. 

Namun sayangnya situs IDX belum menyediakan fitur untuk melihat grafik saham-saham yang ada di Bursa Efek. Sehingga, jika anda mau melihat grafik saham di situs IDX, anda tidak akan menemukan menunya secara langsung. 

Lalu bagaimana cara melihat grafik saham? Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk bisa melihat grafik saham di IDX. Pertama, melalui software online trading dari kantor sekuritas. Kedua, melalui aplikasi / software gratis. 

Sekarang kita akan bahas cara melihat grafik saham di IDX: 

1. Melalui software online trading sekuritas 

Jika anda ingin bisa melakukan beli jual saham, maka anda harus membuka akun rekening efek di kantor sekuritas. Anda bisa datang langsung ke kantor sekuritas, atau membuka akun saham secara online. 

Panduan membuka akun rekening efek di kantor sekuritas maupun secara online, bisa rekan-rekan pelajari panduannya pada free ebook (free download, 33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Melalui software online trading dari sekuritas, disitulah anda bisa melihat secara detail grafik harga saham untuk semua saham yang terdaftar di IDX. Anda juga bisa menampilkan indikator-indikator saham, melihat candlestick, analisa tren dan lain-lain. Berikut contoh tampilan grafik saham di salah satu software sekuritas (Danareksa Sekuritas): 

Cara melihat grafik saham di IDX
Yap, melalui software saham sekuritas anda bisa melihat grafik saham seperti diatas. Kalau anda belum paham kode-kode saham di Bursa Efek, anda bisa Googling.  

2. Melalui software / aplikasi gratis Id.Tradingview 

Kalau anda belum membuka akun saham di sekuritas, anda tetap bisa melihat grafik saham. Salah satu fitur yang bisa anda gunakan adalah dari Id.tradingview.com. Berikut link-nya: Grafik Saham Id.Tradingview. Ini adalah contoh tampilan grafik saham di Id.Tradingview: 

Grafik Saham Id Tradingview
Sama seperti tampilan grafik di software sekuritas, Id Tradingview juga menampilkan grafik saham secara lengkap. Perhatikan yang saya beri tanda persegi hijau. Itu adalah kode saham perusahaan. Disini saya menggunakan contoh saham TLKM. 

Kalau anda ingin melihat kode saham IDX lainnya, anda bisa merubah kode sahamnya. Kemudian perhatikan juga tanda persegi biru. Disitu adalah menu-menu untuk menampilkan indikator saham seperti moving average, MACD, RSI dan lain-lain. 

Id Tradingview ini bisa anda akses secara free. Jadi kalau anda belum punya akun saham di sekuritas, anda tetap bisa melihat dan menganalisa grafik saham. 

3. Melalui aplikasi gratis Investing 

Alternatif lainnya, anda juga bisa melihat grafik saham di IDX melalui situs Investing.com. Berikut link-nya untuk melihat grafik sahamnya langsung: Grafik Saham Investing Chart. Berikut contoh tampilan grafik saham di Investing: 

Grafik saham Investing
Sama seperti Id Tradingview, tampilan grafik saham di Investing kurang lebih sama. Anda bisa melihat grafik saham di IDX dan menampilkan indikator-indikator saham. Anda bisa merubah kode saham (persegi hijau) dan anda bisa menampilkan menu2 indikator (persegi biru). 

4. Melalui aplikasi gratis RTI Chart 

Aplikasi di situs RTI.co.id juga bisa anda gunakan untuk melihat grafik saham. Tampilannya kurang lebih juga sama dengan Id Tradingview dan Investing. Berikut link untuk melihat grafik di RTI: Grafik Saham RTI. 

Anda bisa pelajari juga cara melakukan setting menu grafik saham RTI disini: RTI Saham: Cara Setting Indikator di RTI Saham. Berikut tampilan grafik saham melalui menu RTI chart: 

Grafik saham RTI
Diatas adalah tampilan grafik saham RTI. Anda juga bisa merubah kode saham yang anda inginkan dan menampilkan indikator2 tertentu seperti RSI, Stochastic, Moving Average dan lain-lain. 

Itulah cara melihat grafik saham di IDX. Anda bisa melihat melalui software trading maupun situs2 gratis seperti Tradingview, Investing dan RTI. Pada umumnya, setiap tampilan grafik saham kurang lebih sama, yaitu menampilkan grafik, candlestick, time frame dan indikator. 

ANALISIS TEKNIKAL: MEMBACA GRAFIK SAHAM 

Grafik saham dibutuhkan oleh semua trader. Jika anda ingin trading jangka pendek, maka anda harus melakukan analisis grafik untuk melihat saham2 yang bagus secara analisa teknikal. 

Untuk para trader saham, anda disarankan untuk mendalami full praktik dan strategi2 trading saham yang simpel disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.