Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Software Analisis Teknikal Saham

Melakukan analisis saham, baik analisis teknikal (charting) maupun melihat ulasan-ulasan analisa fundamental ringkas (kinerja, rasio2 perusahaan) bisa dilakukan melalui software analisis teknikal saham. 



Terutama untuk analisa chart / grafik / teknikal, anda harus menggunakan software saham. Karena analisa teknikal bisa kita lihat melalui software / tool khusus yang sudah disediakan. 

Banyak trader yang mencari software buat analisis teknikal, untuk melihat chart, candlestick, support resisten melihat tren saham2 spesifik tertentu. 

Kalau anda mencari software analisis teknikal, anda sebenarnya bisa menggunakan software analisis teknikal dari KANTOR SEKURITAS. Yap, setiap kantor sekuritas memiliki software untuk trading, di mana pada software tersebut, pasti juga disediakan menu buat analisa grafik. 

Jika anda sudah buka akun saham / rekening efek di kantor sekuritas, anda bisa pakai software tersebut untuk melakukan analisis teknikal. Namun buat anda yang belum membuka akun di kantor sekuritas, anda bisa menggunakan tool-tool charting yang sifatnya free. 

Ada buanyak sekali tool atau software yang bisa anda gunakan seperti Chartnexus, Amibroker, RTI, Investing, Trading View dan masih banyak lainnya. 

Software analisis teknikal saham
Diatas adalah salah satu tool charting dari id.tradingview.com. Kalau anda bandingkan tool-tool gratis analisa teknikal dengan software saham yang disediakan oleh sekuritas, sebenarnya setiap software dan tool tersebut memiliki FUNGSI YANG SAMA: Untuk analisa chart. Untuk menampilkan indikator. Untuk tarik garis support resisten. Untuk analisa candlestick. Intinya buat analisa teknikal.  

Di setiap tool dan software, juga bisa ditampilkan jangka waktu untuk analisa maupun tampilan candlestick misalnya anda ingin menampilkan time frame beberapa menit saja, 1 hari, 1 minggu, dan 1 bulan.

Dari pembahasan ini, saya juga ingin mengatakan pada anda bahwa sebenarnya tidak ada software saham khusus yang bisa membuat anda profit tanpa menganalisa. 

Software saham apapun yang anda pakai, sama sekali tidak menjamin anda profit. Yang bisa membuat anda profit adalah analisa dan trading plan yang anda pakai. Kalau anda bisa menggunakan analisa teknikal simpel dan memilih saham yang bagus, maka disitulah peluang profit paling besar. 

Memang dalam memilih software saham untuk analisa, anda harus memilih software dengan dua kriteria yaitu: LENGKAP dan REAL TIME. 

Software saham yang lengkap, bisa menampilkan banyak indikator terutama indikator2 umum seperti Moving Average. Dan candlestick yang real time (sesuai dengan jam market, tidak delay), akan memudahkan anda untuk mengambil keputusan trading lebih baik. 

Akan tetapi, kalau anda berusaha untuk mencari software saham yang bisa memberikan sinyal trading paling bagus, mencari software2 pencetak profit di saham... Software tersebut tidak akan ada. 

Seperti yang sudah kita bahas diatas, semua software saham itu umumnya punya fungsi yang kurang lebih sama: UNTUK ANALISA TEKNIKAL. Anda harus menggunakan analisa2 yang ada di software tersebut untuk melihat saham2 yang potensial buat trading.  

Kalaupun ada software yang khusus untuk screening sinyal buy dan sell saham. Atau software2 untuk mendeteksi bandar. Anda tidak bisa 100% bergantung pada sinyal yang diberikan software tersebut. 

Software-software khusus yang bisa digunakan buat screening sinyal saham yang layak beli dan jual buat trading, atau buat mendeteksi bandar, sifatnya adalah sebagai PELENGKAP ANALISA, bukan untuk TRADING DECISION. 

Ini yang sering sekali disalah artikan trader saham. Trader menganggap: "Kalau saya bisa dapat software yang memberikan sinyal beli jual, saya bisa dapat profit tanpa perlu utak-atik chart lagi. Profit mengalir terus deh sambil tiduran."

Padahal software saham pencetak profit instan itu nggak akan anda temukan. Saya sering dapat pertanyaan. Dan inti pertanyaannya mengenai software saham apa yang bisa kasih sinyal buy sell tanpa harus trading sendiri. 

Ya saya jawab jujur saja: Tidak ada. Kalau anda ingin profit, jangan bergantung pada software. Asah ketajaman analisa anda. 

Hindari untuk mencari software-software saham berbayar mahal. Karena pada dasarnya semua software saham fungsinya sama.. Ujung2nya anda harus kembali menganalisa secara mandiri. 

Saya pribadi sangat menyayangkan banyak trader saham yang baru terjun di dunia saham, namun justru fokus untuk mencari "software2 sinyal saham yang paling akurat". Bahkan tidak sedikit trader yang rela keluar uang puluhan juta hanya untuk beli software "spesial" dan hasilnya jauh dari yang diharapkan.

Melalui pos ini, saya juga berpesan pada anda: Gunakan modal anda secara bijaksana. Daripada mengeluarkan banyak uang untuk beli software puluhan juta, bukankah lebih baik uang tersebut anda gunakan buat modal trading anda?  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.