Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Data Stock Split di IDX

Banyak rekan-rekan yang ingin mencari data aksi korporasi perusahaan untuk kepentingan analisa saham dan lain-lain, namun mungkin anda bingung mencari data perusahaan yang melakukan aksi korporasi secara lengkap dari range / rentang waktu tertentu. 

Sebenarnya ada banyak situs yang memberikan informasi tentang perusahaan yang melakukan stock split. Akan tetapi, tidak banyak situs yang memberikan informasi stock split yang lengkap, seperti data lengkap perusahaan yang melakukan stock split dalam rentang waktu tertentu. 

Namun, anda bisa mencarinya melalui situs www.idx.co.id. Berikut langkah-langkah cara mencari data stock split di IDX: 

1. Buka situs www.idx.co.id 

2. Masuk ke menu Perusahaan Tercatat --> pilih Aksi Korporasi. Untuk lebih detailnya perhatikan gambar berikut: 

Cara mencari data stock split di IDX
3. Pada menu Aksi Korporasi, pilih Tipe Aksi-nya Stock Split. Perhatikan gambar berikut: 


Jadi di situs IDX, melalui menu Aksi Korporasi ini, anda bisa memilih data-data aksi korporasi, bukan hanya stock split. Anda bisa menampilkan data perusahaan yang melakukan righ issue, menerbitkan waran, reverse stock split dan lain-lain. 

4. Setelah itu, pilih rentang periode yang anda inginkan. Perhatikan tampilan IDX berikut:  


Anda bisa memilih rentang periode stock split, misalnya selama 1 tahun penuh. Ketika anda memilih rentang periode 1 tahun penuh, maka situs IDX akan menampilkan semua perusahaan yang melakukan stock split pada periode yang anda pilih. 

Pada contoh diatas, saya mencoba menampilkan perusahaan2 yang melakukan stock split selama 1 tahun mulai 1 Januari 2019 - 31 Desember 2019, dan muncullah data seluruh perusahaan yang melakukan stock split di periode tersebut (lihat tanda lingkaran ungu). 

Pada situs IDX, yang ditampilkan adalah Tanggal stock split, kode emiten, jumlah aksi korporasi (saham), dan jumlah total. Di situs IDX, tidak menampilkan tanggal cum date dan ex date aksi korporasi stock split. 

Untuk mencari tanggal cum date dan ex date (jika anda butuh), maka anda bisa mencarinya di situs RTI.co.id atau Britama.com. Itulah cara mencari data stock split di IDX. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.