Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Unilever Setelah Stock Split

El Heze
Menarik memang ketika kita mencermati pergerakan harga saham beberapa hari setelah stock split, terutama kalau saham tersebut adalah saham2 yang punya kinerja bagus dan memiliki riwayat historis stock split sebelumnya. 

Di pos ini saya akan membahas pergerakan harga saham Unilever (UNVR) satu sampai tgia hari pasca stock split. Berhubung saham UNVR adalah saham yang sangat baik secara teknikal dan fundamental, serta sudah beberapa kali melakukan stock split, maka saham UNVR ini perlu kita bahas pergerakan teknikalnya. 

Sebelumnya, kita sudah pernah mengulas saham UNVR yang akan melakukan stock split, termasuk historisnya. Anda bisa pelajari tulisan2 saya disini: Saham UNVR Stock Split, Saatnya Investasi dan Analisis Saham: Saham UNVR Stock Split.

Kenapa Pak Heze mencermati pergerakan harga saham beberapa hari setelah stock split? Kok nggak dibahas sebulan setelah stock split? Tanya anda. 

Hal ini karena saham2 blue chip pasca stock split, cenderung diburu oleh trader jangka pendek yang ingin trading harian atau trading 1-2 hari. Maka dari itu, anda yang ingin trading cepat di saham yang pasca stock split, anda harus pahami dan cermati pergerakannya. 

Sekarang anda bisa perhatikan pergerakan saham UNVR berikut ini: 

Saham UNVR
Perhatikan yang saya beri tanda lingkaran (dua candle terakhir). Candle pertama adalah candle saham UNVR hari pertama stock split. Pada candle pertama tampak membentuk pola upper shadow yang sangat panjang. Apa artinya? 

Upper shadow yang panjang menunjukkan bahwa harga saham ditutup jauh dibawah harga tertingginya pada hari itu. So katakanlah UNVR dibuka naik di harga 8.600 dan terus naik sampai 8.700. Tapi tidak lama kemudian UNVR turun lagi sampai harga 8.450, dan akhirnya UNVR closing di 8.450. Jadi harga high UNVR adalah 8.700 dan penutupan di 8.450. Karena harga penutupan jauh dibawah harga tertinggi, maka candlenya akan membentuk upper shadow yang panjang. 

Kemudian perhatikan lagi pergerakan saham UNVR keesokan harinya: 


Saham UNVR kembali mengalami koreksi pada perdagangan saham hari ketiga (tanda lingkaan), dan koreksinya cukup signifikan dibandingkan hari pertama dan kedua.

Padahal hari pertama setelah stock split, saham UNVR langsung naik 2%, namun tidak lama kemudian, UNVR kembali turun perlahan, hingga akhirnya anda lihat sendiri 2-3 hari setelahnya, UNVR justru cenderung koreksi.  

Kecenderungan harga saham pasca stock split (beberapa hari pertama): Berdasarkan pengalaman pribadi, saham-saham blue chip setelah stock split, biasanya harganya akan cenderung langsung naik di beberapa menit pertama. Kenaikannya biasanya berkisar antara 2-3%. 

Tapi setelah itu, saham-saham tersebut tidak lama lagi akan langsung turun dari harga tertingginya, dan biasanya saham2 setelah stock split akan cenderung turun dulu atau sideways.

Hal ini bisa dikarenakan banyak penyebab. Beberapa diantaranya: Euforia trader sesaat. Kedua, pelaku pasar masih menganggap bahwa saham yang stock split harganya masih agak mahal sehingga harganya turun dulu. Ketiga, pengaruh market. 

Karena hal ini sudah sering terjadi di pasar saham, maka saran saya khususnya untuk trader jangka pendek yang mengincar saham sehari setelah stock split, maka anda jangan terburu langsung mentradingkan saham setelah stock split. 

Meskipun di hari pertama sahamnya tampak naik sampai 2%, dan kelihatannya bisa naik lagi, namun ada baiknya anda menunggu beberapa hari kedepan, karena mayoritas saham stock split di hari2 awal, biasanya hanya naik sebentar, kemudian rentan untuk koreksi. 

Apa yang saya tuliskan disini memang bukanlah rumus baku, namun berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga pos ini bisa menjadi referensi dan bahan pembelajaran trading kita semua, untuk mencermati saham2 pasca stock split. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.