Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menganalisis Saham dengan Baik

Semua pebisnis saham pasti menginginkan agar analisis saham yang dilakukan bisa berkualitas. Artinya, anda bisa mencari saham2 yang bagus dan punya potensi naik, serta menghasilkan sistem trading yang holly grail, dan pada akhirnya kita semua bisa mencetak profit. 

Tapi masalahnya, banyak trader yang belum tahu bagaimana cara menganalisis saham yang baik. Memang setiap trader punya gaya trading dan trading plan yang berbeda-beda. Namun cara menganalisa saham yang baik harus dimulai dengan cara yang benar untuk semua trader. 

Artinya, anda harus meningkatkan kualitas analisa saham anda, supaya anda bisa mendapatkan profit di saham. Ada dua hal yang perlu anda lakukan agar kualitas analisa saham anda dapat diprkatikkan dengan maksimal: 

1. Menggunakan analisis teknikal yang dapat dipraktikkan 

Banyak trader yang mampu membaca grafik secara teori, membaca indikator secara teori, namun belum bisa mempraktikkan ke dalam sistem trading yang bisa menghasilkan profit. 

Saya sering menemukan trader yang menggunakan banyak indikator, analisis, macam-macam garis support resisten, namun semuanya tidak maksimal untuk mencetak profit.  

Maka dari itu, pakailah analisis teknikal yang dapat anda praktikkan secara langsung untuk membaca saham2 yang akan naik. Perlu anda ketahui bahwa banyaknya analisis yang anda pakai sama sekali tidak menjamin anda mencetak profit. 

Anda mungkin bisa membaca analisis teknikal tertentu secara teori. Namun yang lebih adalah anda bisa mempraktikannya. Kalau anda pembaca lama web sahamgain.com ini, saya sudah sering menuliskan bahwa analisa utama dalam analisis teknikal adalah: Support-resisten, candlestick, analisa tren dan bantuan analisa indikator (1-2 indikator saja).  

Disini: Ebook Saham Analisis Teknikal. saya juga menjelaskan praktik2 analisis teknikal yang simpel yang mudah diterapkan untuk mencari saham-saham yang naik dalam trading, yaitu kita mencari pola-pola saham rebound yang sering muncul di grafik.    

Jika anda sudah menemukan analisa teknikal yang bisa membuat anda mencetak profit, saran saya, jangan mengganti analisa yang anda gunakan dengan harapan anda ingin dapat profit lebih besar. Karena dalam banyak kasus, trader2 yang mengganti analisa teknikal yang sudah cocok dengan tipikalnya, justru membuat trader menjadi rugi.  

Anda boleh mengembangkan, mencoba analisis teknikal dan indikator yang belum pernah anda coba sebelumnya. Namun, jangan meninggalkan analisis teknikal "utama" yang anda miliki, yang sudah terbukti menghasilkan profit tersebut.  

2. Ketenangan dalam menganalisis

Kualitas keputusan trading anda juga ditentukan dari ketenangan anda ketika menganalisa. Hal ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk saham. Misalnya ketika anda dihadapkan pada suatu masalah, ketika pikiran anda tenang, maka anda pasti bisa mencari solusi alias jalan keluar.

Namun sebaliknya, kalau pikiran anda kacau, anda nggak bisa menenangkan diri, anda nggak mood, maka pengambilan keputusan anda bisa ngawur semua, dan akhirnya solusi nggak ketemu. 

Dalam trading saham pun juga demikian. Kalau anda nggak bisa tenang dalam menganalisis saham. Anda nggak tenang melihat fluktuatif saham. Anda sedang dalam kondisi nggak mood, maka kemungkinan besar anda akan salah dalam mengambil keputusan trading. 

Anda bisa salah memilih saham. Anda masuk di harga yang salah. Anda asal beli saham, padahal market sudah naik terlalu tinggi. Hal2 seperti ini sering dialami trader. 

Jadi kalau pikiran anda tidak tenang, sebaiknya berhenti trading dulu dan tenangkan pikiran anda. Dalam kondisi anda sedang sakit / tidak fit, saya juga menyarankan anda untuk tidak trading dulu, karena ini sangat mempengaruhi analisa yang anda lakukan. Trust me saya juga sudah mengalami sendiri. 

Selain itu faktor psikologis dan mindset trading yang benar juga berpengaruh pada pengambilan keputusan trading anda. Baca juga: 2 Faktor Keberhasilan Trading Saham

Maksudnya adalah, gunakanlah mindset, cara pandang trading yang benar dalam trading, dan pelajarilah kesalahan2 trading, supaya anda bisa mengambil keputusan trading dengan logis dan bijaksana. 

Saya juga sudah menjelaskan dengan detail bagaimana mengaplikasikan the right investor mindset & psikologi trading ke dalam trading anda. Anda bisa mendapatkannya disini: Psikologi Trading & The Right Investor Mindset.   

Terapkan dua cara ini ke dalam trading anda, sehingga anda bisa menghasilkan analisis yang baik. Trading yang baik harus dilakukan dengan analisa teknikal yang terarah (bukan sembarang memilih indikator) dan diimbangi dengan ketenangan diri anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.