Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham dengan Watchlist Saham Harian

El Heze
Salah satu cara untuk mempermudah menganalisis saham adalah dengan memiliki watchlist saham. Sebagian besar anda pasti sering mendengar istilah 'watchlist saham'. Tapi apakah watchlist saham itu? Dan kenapa watchlist saham memiliki peran penting dalam membantu analisa saham? 

Watchlist saham atau daftar saham yang dipantau sederhananya merupakan saham-saham yang masuk dalam pengamatan khusus trader untuk dianalisa. Saham-saham yang masuk dalam pengamatan khusus ini dikarenakan saham tersebut menarik untuk ditradingkan. 

Menarik berarti bisa karena harga sahamnya lagi diskon, harga sahamnya membentuk pola tertentu, saham2 tersebut sering anda tradingkan, anda sedang menunggu harga saham tersebut naik dan turun menunju titik resisten dan support yang anda tetapkan.  

Dengan kata lain, watchlist saham berisi saham-saham tertentu yang menarik perhatian dan menjadi fokus anda untuk ditradingkan. Saham-saham yang ada di watchlist tidak harus ditradingkan semua. Anda bisa menunggu (wait and see) momentum yang tepat untuk mentradingkan sahamnya.  

Setelah membaca beberapa paragraf awal, anda tiba-tiba nyeletuk: "Seberapa penting watchlist saham dalam trading?" Apakah dengan watchlist saham trading kita bakalan jadi lebih mudah Bung Heze?"

Watchlist saham sangatlah diperlukan. Saya beri perumpamaan. Anda masuk supermarket ingin membeli barang. Namun, anda nggak punya daftar atau perencanaan barang apa saja yang mau anda beli. Kira-kira apa yang terjadi? Kemungkinannya anda akan membeli lebih banyak barang, yang sebenarnya barang tersebut kurang penting untuk anda. 

Hal ini dikarenakan di supermarket ada banyak sekali barang, dan setiap anda lewat, barang-barang di supermarket bisa jadi menarik perhatian anda. 

Atau kemungkinan kedua, anda ingin membeli beberapa barang yang sudah anda tentukan, tetapi anda belum membuat list barang yang mau anda beli, maka ada kemungkinan anda akan lupa / melewatkan 1-2 barang yang mau anda beli setelah anda keluar dari supermarket. 

Tetapi kalau sebelum masuk supermarket anda sudah memiliki daftar barang apa saja yang mau anda beli, anda tidak akan mudah tergoda membeli barang ini dan itu. Anda juga tidak akan melupakan barang yang ingin anda beli. 

Prinsip watchlist saham kurang lebih sama. Watchlist saham akan memudahkan analisis karena jumlah saham di BEI sangatlah banyak. Sehingga dengan berbagai keterbatasan yang kita miliki, tentu saja kita tidak bisa melihat semua saham yang ada.

Seringkali trader bingung memilih saham ketika dihadapkan pada ratusan harga saham yang naik-turun saat jam perdagangan. Atau, pernahkah ketika anda menganalisis saham saat market tutup, anda kemudian berencana membeli, katakanlah saham ELSA dan INDY untuk jam perdagangan esok harinya. Namun saat market buka keesokan hari, anda lupa mengamati INDY, padahal INDY saat itu sedang naik kencang. 

Jadi inilah pentingnya watchlist. Dengan memasukkan saham-saham pilihan kedalam menu watchlist tersendiri, anda akan lebih fokus untuk melihat saham-saham yang memang sudah anda rencanakan untuk ditradingkan. 

Sehingga trader tidak perlu bingung memilih saham, yang pada akhirnya membuat trader membeli saham asal-asalan. Trader juga tidak akan lupa dengan saham yang sudah direncakanan untuk dibeli sebelumnya. 

Intinya, watchlist saham bisa memudahkan anda untuk memantau saham dan menyempitkan pilihan saham berdasarkan indikator teknikal, dari ratusan saham di BEI. Kalau anda mau tahu contoh watchlist, berikut gambarannya, perhatikan tabel dibawah: 


Contoh Watchlist

Di tabel anda bisa melihat hanya ada 8 saham watchlist, padahal jumlah saham di BEI ada 600 lebih. Artinya, 8 saham ini adalah saham yang memang sudah anda rencanakan untuk anda tradingkan dalam waktu dekat. Sedangkan saham2 yang menurut anda paling potensial untuk naik dalam waktu dekat, bisa anda beri tanda, misalnya tanda centang. 

Itu adalah contoh watchlist saham. Cara membuat watchlist dan screening saham, juga saya bahas secara lengkap disini: Cara Melakukan Watchlist dan Screening Saham untuk Mendapat Profit Konsisten. Anda bisa mendapatkan materinya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.