Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Jangka Pendek: Memutar Modal

El Heze

Trading saham jangka pendek memiliki banyak kelebihan. Anda bisa mengembangkan modal kecil anda menjadi lebih besar dari trading jangka pendek. Anda bisa 'memutar' modal anda. 


Dengan trading jangka pendek, anda bisa meraih profit lebih cepat di market. Anda tidak perlu hold saham terlalu lama, sehingga modal anda bisa lebih aktif 'diputar' untuk meraih profit. Jadi duit yang anda tanamkan buat trading saham tidak sia-sia. 

Ada banyak strategi trading saham jangka pendek. Salah satunya adalah trading harian (intraday / day trading). Trading harian berarti anda membeli dan menjual (take profit) saham anda di hari yang sama, atau jual keesokan harinya sampai batas waktu tiga harian trading saham. 

Misalnya anda membeli saham KLBF hari ini dan jual keesokan harinya. Atau anda beli saham PWON pagi hari di harga 500 dan jual 530 sore harinya. Itu adalah contoh trading saham jangka pendek.  

Di web Saham Gain ini, kita juga membahas full strategi trading harian, untuk meraih profit jangka pendek di market dengan strategi intraday trading. Anda bisa mendapatkan full praktik intraday trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Trading saham jangka pendek ini juga saya terapkan langsung di market, di mana saya mengalokasikan modal untuk trading jangka pendek, supaya ada modal yang bisa 'diputar' untuk mendapatkan profit lebih cepat. 
Strategi trading saham jangka pendek sangat efektif untuk anda yang ingin memutar modal lebih cepat untuk meraih profit. 
Salah satu contoh trading harian yang saya terapkan baru-baru ini yaitu saya mentradingkan saham TOWR. Saya buy saham TOWR tanggal 28 Desember di harga 965 dan take profit sebagian besar di harga 980 keesokan harinya tanggal 29 Desember. 

Net profit (setelah dikurangi fee beli dan jual) adalah sebesar 1,2%. Perhatikan rincian transaksi saham TOWR intraday trading berikut:

Trading saham jangka pendek

Sedangkan penulis masih memiliki beberapa lot yang masih saya antri jual di harga 995 karena saya pribadi saat itu melihat saham TOWR masih ada potensi lanjut mendekati resisten psikologis 1.000: 


Jadi untuk anda yang memiliki idle money (uang menganggur), dan ingin 'memutar' modal secara efektif untuk menghasilkan profit, dengan trading jangka pendek anda bisa menggunakan modal anda untuk meraih keuntungan di pasar saham. 

Katakanlah anda punya uang Rp5 juta. Uang Rp5 juta akan lebih efektif jika anda manfaatkan untuk trading jangka pendek, karena anda bisa meraih profit dengan frekuensi lebih sering (banyak) di market, dibandingkan kalau anda hanya menabung uang di bank, karena tidak ada return yang anda hasilkan. 

Pada setiap strategi trading, anda harus memiliki cara-cara analisa yang simpel dan praktikal agar bisa menghasilkan profit. Walaupun anda ingin trading jangka pendek, anda harus melakukan dengan cara yang benar, supaya anda bisa meraih profit lebih konsiten. 

Untuk trading harian, anda bisa pelajari strategi2nya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. Sedangkan untuk anda yang ingin menguasai analisis teknikal mulai level pemula sampai praktik trading, anda bisa pelajari disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Selain itu, dalam trading jangka pendek, anda sebaiknya menetapkan target profit yang realistis. Ada beberapa strategi trading saham jangka pendek yang sering diterapkan di market: 

1. Intraday trading (Trading harian, sampai tiga harian trading)

Dalam intraday trading, sebaiknya anda menetapkan target profit harian sekitar 1-4%, tergantung juga kondisi market dan saham. Dalam intraday, anda tidak perlu mengincar profit terlalu besar. 

Karena frekuensi trading anda cukup banyak, sehingga jika anda meraih profit 1-4% dengan frekuensi yang sering, akumulasi profit anda tetap akan besar. 

Di market ada banyak saham yang bisa naik harian 1-4%. Tapi kalau saham2 yang naik harian diatas 10% cukup sedikit dan biasanya high risk. Oleh karena itu, anda perlu menetapkan target yang realistis juga.  

2. Trading dibawah 1 minggu 

Untuk trading dibawah 1 minggu sampai 1 minggu, anda bisa tetapkan profit diatas 4-7%, karena range trading anda lebih panjang. 

3. Swing trading 

Dalam swing trading, anda menyimpan saham minimal 1 minggu sampai dengan 1 bulan. Karena range trading lebih panjang, anda bisa pertimbangkan untuk menetapkan profit diatas 8%, tentunya target ini lebih tinggi dibandingkan trading harian. 

Itulah praktik2 trading saham jangka pendek di market. Pos ini juga memberikan gambaran2 tentang trading cepat di market, dan hal2 apa saja yang perlu anda perhatikan untuk trading.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.