Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Harga Saham Indofood Per Lot

Indofood merupakan salah satu produk consumer goods yang memiliki brand image bagus. Dan emiten Indofood juga listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). 


Artinya sebagai trader atau investor, anda punya kesempatan untuk membeli saham Indofood. Pertanyaannya: Berapakah harga saham Indofood per lot?

Perlu anda ketahui bahwa, satuan perdagangan saham di pasar modal dinyatakan dalam lot, di mana pembelian saham minimal adalah 1 lot. 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Pelajari juga: Berapa Harga saham Per Lot? 

Kembali lagi pada pembahasan saham Indofood. Kalau anda ingin mengetahui harga saham Indofood per lot, maka anda harus pahami dulu bahwa di Bursa Efek ada dua perusahaan Indofood yang go public yaitu: 

1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)
2. PT Indofood Sukses Makmur CBP Tbk (ICBP) 

INDF merupakan perusahaan induk dari ICBP (ICBP adalah perusahaan anak / subsidiary). INDF memproduksi produk2 consumer goods mulai dari tepung, makanan ringan, minyak goreng, gula, margarin dan lain-lain. 

Sedangkan ICBP anak usaha INDF khusus memproduksi mi instan. Seperti kita tahu brand image mi instan Indofood yang terkenal adalah Indomie. 

Jadi ketika orang bicara soal saham Indofood, biasanya mayoritas trader / investor mengacu pada saham INDF. Tapi anda juga perlu mengetahui tentang saham ICBP, karena mi instan ICBP adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. 

Disini kita sudah paham bahwa ada dua saham Indofood di Bursa Efek. Lalu, berapa harga saham Indofood masing-masing per lot? Berikut harga saham Indofood per lot:

Harga saham Indofood per lot 

ICBP memiliki harga saham per lot di kisaran Rp9.700-9.725. Sedangkan INDF harga saham per lot-nya di kisaran 6.825-6.850. Baca juga cara membaca bid offer saham disini: 
Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham.  

Secara nominal, biasanya harga saham ICBP selalu lebih mahal / tinggi dibandingkan INDF. Namun hal ini bukan mengindikasikan bahwa ICBP lebih bagus dan sebaliknya. 

Catatan: Harga saham bisa berubah swwaktu-waktu. Anda perlu cek harga saham melalui software trading anda masing2 secara real time. 

Selain itu, apabila salah satu saham Indofood melakukan stock split, tentu hal ini akan mempengaruhi harga sahamnya secara signifikan (jadi lebih murah setelah stock split). 

Itulah harga saham Indofood per lot. Indofood terdiri dari INDF dan ICBP di Bursa Efek. Keduanya memiliki harga sahamnya masing-masing. Nah, kalau anda ingin bisa membeli saham, anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas atau secara online terlebih dahulu. 

Sebagai referensi tambahan, anda bisa pelajari cara-cara membuka akun saham di sekuritas pada free ebook (33 halaman) berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.   

FLUKTUATIF SAHAM INDOFOOD CUKUP LAMA 

Kalau anda sering mengamati pergerakan kedua saham selama jam trading, saham Indofood baik INDF maupun ICBP pergerakan harganya relatif sideways dan fluktuatifnya kurang cepat. Perhatikan grafik saham INDF berikut:

Grafik saham INDF

Yap, kita bisa perhatikan ada banyak tren sideways yang terjadi pada saham INDF. Pola saham ICBP sebenarnya kurang lebih juga sama, karena sahamnya bergerak di satu sektor. 

Pergerakan saham Indofood yang relatif sideways ini seringkali membuat trader jadi malas membeli sahamnya karena pergerakan sahamnya lambat. 

Mungkin anda bertanya: "Mengapa saham Indofood pergerakannya lama, padahal produknya kan terkenal, harusnya banyak yang mentradingkan sahamnya?" 

Justru karena fundamentalnya bagus, dan produknya dibutuhkan masyarakat dalam keadaan apapun, maka pelaku pasar lebih suka 'keep' saham ini ketimbang mentradingkan secara cepat dalam waktu singkat. Berbeda dengan saham2 lapis tiga. 

Sehingga, saham Indofood ini dapat dikategorikan sebagai saham defensif. Tipe2 saham berfundamental bagus yang pergerakannya stabil cocok buat investor saham yang mengincar saham2 stabil dalam jangka panjang. 

Di satu sisi, saham Indofood (ICBP dan INDF) tidak selamanya sideways. Saham2 tersebut juga sering mengalami fluktuatif harga jangka pendek, walaupun volatilitasnya tidak terlalu tinggi. 

Anda bisa pelajari tips-tips meraih profit pada saham2 sideways untuk trading jangka pendek disini:  Full Praktik Trading di Saham Sideways. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.