Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Perlukah Sekolah Saham?

Saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan pembaca web Saham Gain yang berniat untuk memulai trading & investasi saham. Inti pertanyaannya kurang lebih sama: "Pak apakah ada sekolah saham khusus biar saya bisa paham cara investasi?"


"Pak Heze, apakah perlu gelar tertentu untuk bisa memahami ilmu saham? Pak, ada referensi sekolah saham yang bisa saya ikuti? Karena saya masih bingung bagaimana langkah-langkah buat mulai dapat untung dari saham".

Jawaban saya: Anda tidak perlu sekolah saham khusus untuk bisa meraih profit di market. Anda juga tidak butuh sekolah atau gelar di bidang keuangan untuk belajar saham.

Tapi kalau anda ingin mengikuti sekolah saham khusus, anda sebenarnya bisa mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan langsung oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk informasinya, anda bisa langsung menuju ke situs BEI disini: Sekolah Pasar Modal IDX. 

Namun anda harus pahami bahwa sekolah saham itu hanya tahapan awal anda memahami basic-basic saham. Ibaratnya kalau anda baru belajar main bola. Anda baru memahami bagaimana cara dribble, shoot, passing, tackling... 

Untuk menjadi lebih mahir dalam main bola, anda harus banyak praktik dan berlatih setelah memahami basic-basicnya. Anda harus banyak bertanding, berlatih fisik, meningkatkan kerja sama team, bukan hanya mempelajari basic-basic bermain bola. 

Dalam trading dan investasi saham pun juga sama. Kunci nda bisa meraih profit di market bukan pada sekolah saham yang anda ikuti. Tetapi pada PRAKTIK TRADING. 

Sekalipun anda sudah mengikuti seminar, pelatihan, kursus apapun itu, tapi seminar2 yang anda ikuti hanya berlangsung beberapa hari kan? 

Ujung-ujungnya setelah anda selesai mengikuti sekolah saham, realita utama yang anda hadapai adalah MARKET SAHAM itu sendiri. Jadi mau nggak mau, anda harus bisa mengatur strategi trading, memilih saham yang menguntungkan, bisa menyusun trading plan dan manajemen modal.

Anda bisa pelajari full praktik analisa-analisa untuk memilih saham, yang bisa diterapkan secara langsung di market untuk semua level trader (pemula - expert) disini: 3 Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik. 

BELAJAR SAHAM OTODIDAK 

Belajar saham sebenarnya bisa dilakukan secara otodidak. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. Anda nggak perlu mengikuti sekolah-sekolah khusus untuk mahir di trading ataupun investasi saham.

Sekolah saham diperlukan jika anda memang benar-benar berniat memahami basic saham, namun anda belum punya banyak waktu untuk belajar otodidak.  

Saran saya, carilah sekolah saham yang kredibel. Salah satunya ya sekolah saham yang diadakan Bursa Efek itu sendiri, seperti yang kita bahas di awal tadi.

Hindari sekolah saham yang ujung-ujungnya mengharuskan anda untuk membayar sistem-sistem trading yang harganya puluhan juta. Padahal kunci utama meraih profit adalah kemampuan anda untuk menganalisa saham secara otodidak dan perbanyak praktik trading mandiri. Just that! 

Nah, buat anda yang berniat untuk belajar saham otodidak, ada banyak sumber belajar saham yang bisa anda gunakan. Salah satunya melalui edukasi di web Saham Gain ini. 

Artikel2 di web Saham Gain, juga dapat anda jadikan bahan edukasi yang lengkap untuk belajar saham dan memahami market lebih dalam. Saya sering mengulas pengalaman trading pribadi dan pengalaman2 menjalani trading di market hingga saat ini. 

Untuk edukasi saham yang lebih intens dan praktikal, anda juga bisa pelajari strategi-strategi trading melalui: Ebook Saham Full Praktik Trading.  

Strategi2 di ebook trading ini memberikan praktik2 trading otodidak untuk diterapkan di market, sehingga setiap trader memiliki seni-seni untuk menghadapi market dan paham apa yang harus dilakukan ketika market berada dalam kondisi bullish, bearish dan sideways.  

Kesimpulannya, untuk anda yang ingin mengikuti sekolah saham, anda bisa mengikuti sekolah saham yang diadakan langsung oleh Bursa Efek. Namun sekolah saham hanyalah step awal anda belajar saham. 

Tantangan anda sesungguhnya adalah ketika anda sudah mulai berhadapan dengan market. Disitulah anda harus dapat mengaplikasikan strategi2 trading yang efektif untuk meraih profit. Anda harus bisa menyusun trading plan, manajemen modal. 

Jika anda tidak ingin mengikuti sekolah atau seminar2 saham, anda sebenarnya sangat bisa belajar saham otodidak seperti yang sudah kita bahas disini. 

Intinya, mahir tidaknya anda menjadi seorang trader bukan hanya ditentukan dari edukasi2 saham yang anda ikuti di luar. Apapun profesi, jabatan, pendidikan anda. Semua punya kesempatan yang sama dalam meraih profit, asalkan anda bersedia untuk praktik trading mandiri di market.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.