Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Indikator Moving Average yang Akurat

Di pos sebelumnya: Indikator Moving Average, kita sudah membahas banyak mengenai indikator MA buat trading saham. Dari pos tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa MA memiliki banyak sekali variasi dan kombinasi. 

 
Ada berbagai macam periode time frame MA. Anda juga bisa memilih garis Simple, Exponential atau Weighted Moving Average. Dalam praktiknya, indikator MA memang merupakan indikator yang bagus untuk analisa chart. 

Moving Average sangat bagus sebagai indikator untuk menganalisa support resisten, analisa tren dan berdasarkan analisa tren dan support resisten, anda bisa bisa menentukan apakah suatu saham bagus untuk dibeli atau belum. 

Nah, karena indikator MA memiliki banyak kombinasi dan variasi, trader seringkali bingung mencari formula indikator moving average yang akurat untuk trading. 

Supaya anda bisa menggunakan indikator MA yang sesuai karakter anda untuk trading, ada beberapa poin yang bisa anda pertimbangkan untuk memilih indikator Moving Average yang akurat: 

1. Pilih Moving Average yang paling umum / populer 

Pilihlah indikator MA yang paling populer dipakai. Karena semakin sering MA digunakan trader, garis MA tersebut akan lebih merefleksikan pandangan trader. Di pos ini: Indikator Moving Average, kita sudah bahas contoh-contoh time frame MA yang populer dan sering dipakai.  

Terutama buat anda yang bingung menguatik-atik kombinasi garis MA,  anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan MA yang paling populer digunakan, time frame MA yang secara psikologis mudah diingat oleh trader. Dan gunakan MA tersebut secara konsisten. Mengenai hal tersebut kita akan bahas di poin 3. 

2. Gunakan kombinasi Moving Average yang paling praktikal 

Tidak semua kombinasi indikator MA praktis digunakan dalam trading. Indikator MA yang akurat adalah Moving Average yang dapat anda praktikkan untuk memilih saham, yaitu kombinasi indikator MA yang paling SIMPEL. 

Semakin rumit anda menggunakan indikator MA, indikator tersebut justru tidak dapat memberikan hasil yang maksimal dalam trading. 

Dalam praktik indikator Moving Average, sebenarnya terdapat beberapa kombinasi indikator MA yang simpel dan praktis, yang dapat anda gunakan untuk membaca saham-saham yang berpotensi naik. 

Anda bisa pelajari praktik-praktik Moving Average yang akurat untuk memilih saham disini: Moving Average Praktis untuk Screening Saham Bagus. 

Jadi kita tidak menggunakan kombinasi2 rumit, maupun perpotongan2 garis MA yang sulit dipraktikkan. Namun kita langsung menggunakan analisa MA yang praktis dan dapat digunakan langsung untuk melihat saham2 yang berpotensi naik.  

3. Gunakan indikator MA secara KONSISTEN  

Apapun garis Moving Average yang anda gunakan. Berapapun time frame yang anda pakai. Anda mau pakai Simpel, Exponential ataupun Weighted Moving Average. 

Anda harus gunakan MA tersebut secara KONSISTEN. Karena dengan menggunakan MA secara konsisten, anda bisa mengasah indikator tersebut untuk mengambil keputusan trading dan membaca pola2 chart. 

Di poin 1 dan 2, kita sudah membahas penggunaan indikator MA yang praktis untuk trader pemula - expert. Kalau anda sudah menemukan indikator MA yang bagus untuk digunakan, pakailah secara konsisten. 

Banyak trader saham yang suka gonta-ganti indikator MA. Katakanlah hari ini trader menggunakan MA15. Minggu depan ganti pakai MA10. Minggu depan lagi ganti dengan MA25. 

Hari ini pakai Simple MA, minggu depan ganti pakai Weighted MA. Kalau anda terlalu sering gonta-ganti indikator MA, padahal indikator tersebut belum anda uji secara konsisten, anda justru tidak akan tahu apakah indikator yang anda pakai itu benar-benar bagus untuk anda atau tidak. 

Anda mungkin akan melewatkan kesempatan2 emas dalam menggunakan indikator MA. Sebagai contoh, kombinasi MA20 harusnya cocok untuk anda. Namun karena anda terburu mengganti kombinasi MA yang lain, jadinya anda tidak mengetahui kalau MA20 harusnya cocok untuk karakter trading anda.  

Jadi apapun kombinasi indikator MA yang anda gunakan, sebaiknya anda menggunakan indikator tersebut secara konsisten. 

4. Indikator MA harus dikombinasikan dengan analisa lain

Pada tiga poin pertama, kita sudah membahas tips agar anda bisa menemukan indikator Moving Average yang akurat, yang dapat anda gunakan untuk trading. 

Indikator MA akan semakin akurat apabila anda kombinasikan dengan analisa teknikal lainnya. Analisa teknikal lain yang saya maksud adalah: Support resisten, chart pattern, analisa tren. 

Hal ini karena indikator itu sifatnya sebagai "alat bantu" analisa. Sebelum berbicara tentang indikator saham, anda harus paham cara membaca harga saham. Cara baca harga saham itu dapat terlihat dari kemampuan anda untuk menganalisa candlestick, support resisten, chart pattern, tren. 

Jika anda tidak bisa membaca analisa harga saham, penggunaan indikator apapun itu, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. 

Indikator Moving Average yang Akurat

Yap, indikator MA itu terdiri dari indikator garis yang melekat pada chart, seperti yang anda lihat pada grafik diatas (garis ungu dan orange). Indikator MA tersebut dapat digunakan untuk menganalisa saham, dan mencari saham2 yang bagus. 

Namun anda harus menguasai juga analisa-analisa teknikal klasik seperti support resisten, karena dari situlah analisa indikator anda akan menjadi jauh lebih komplit. 

Itulah beberapa analisa cara menemukan indikator Moving Average yang akurat. Silahkan rekan-rekan mempraktikkan analisa-analisa MA ke dalam analisa trading anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.