Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Sektor Saham

El Heze

Pada saat anda melakukan analisis teknikal pada software saham, sebenarnya anda bukan hanya bisa melihat grafik saham-saham spesifik. Anda juga bisa melihat grafik saham sektoral. 


Misalnya, anda bisa melihat chart saham di sektor properti. Kode sahamnya adalah PROPERTY. Maka akan muncul grafik saham yang merupakan rangkuman seluruh pergerakan saham-saham yang ada pada sektor properti. 

Ada sekitar 10 sektor saham di Bursa Efek, beserta kode sektor sahamnya. Anda bisa pelajari disini: 10 Sektor Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Lalu, apa kegunaan melakukan analisis grafik sektor saham? Seberapa sering trader sebaiknya melakukan grafik sektor saham sebelum trading?

Melihat analisis grafi sektor saham diperlukan supaya anda bisa melihat apakah sektor saham tersebut harganya (secara teknikal) sudah terlalu mahal atau masih murah. 

Saya pribadi terkadang menggunakan analisis grafik sektor saham, kalau saya akhirnya bingung apakah harus beli saham tersebut atau tidak. 

Katakanlah saya menganalisa beberapa saham sektor perbankan, yaitu saham-saham BBRI, BBCA dan BMRI. Saya melihat bahwa saham2 perbankan harganya mulai sideways, sehingga saya tidak tahu apakah sebaiknya saham2 perbankan ini enaknya dibeli dalam jumlah besar atau tidak. 

Maka biasanya saya coba melihat grafik sektor saham perbankan, yaitu FINANCE. Kemudian muncullah grafik saham sektor FINANCE seperti berikut: 

Analisis Sektor Saham

Ternyata ketika saya melihat grafik sektor FINANCE, sektor sahamnya sudah mulai jenuh beli dan mayoritas sahamnya sulit untuk menembus resisten. Di satu sisi, IHSG juga mulai koreksi. 

Maka, saya memutuskan untuk menghindari dulu saham-saham perbankan. Karena ketika sektor saham sudah mulai berat untuk naik, biasanya tidak lama lagi mayoritas sahamnya koreksi. 

Contoh lainnya, ketika saya melihat sektor saham MINING grafiknya sudah terlihat naik tinggi dan masih sulit menembus resisten: 


Maka saham-saham mining seperti ADRO PTBA INDY HRUM yang secara teknikal sudah tinggi harganya akan cenderung koreksi, karena secara sektor mining global, grafiknya juga sudah tinggi. 

Demikian juga sebaliknya, melihat grafik di sektor saham tertentu juga bisa anda gunakan untuk melihat apakah sektor tersebut harganya sudah murah secara teknikal. 

Kalau secara overall, sektor saham tersebut sudah cukup murah, biasanya tidak butuh waktu lama mayoritas saham di sektor tersebut akan naik / rebound terutama kalau marketnya mendukung, maka saham2 yang murah di sektor tertentu akan rebound duluan. 

Anda bisa pelajari cara-cara analisa saham diskon disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon dan Murah.  

Hal ini pernah saya praktikkan di beberapa saham sektor properti seperti PWON, SMRA. Saat saya melihat beberapa saham sektor properti sudah murah secara valuasi, saya coba melihat secara langsung grafik saham sektor PROPERTY. 

Ternyata secara grafik, sektor PROPERTY sudah sangat murah, sehingga hal ini meyakinkan saya untuk trading di saham2 properti yang likuid. Dan tidak lama kemudiansaat market naik, mayoritas saham properti bisa naik. 

Jadi analisis grafik sektor saham bisa memberikan manfaat untuk trader saham: 

1. Meyakinkan trader untuk membeli beberapa saham di sektor tersebut 

Jika anda melihat beberapa saham yang sinyalnya bagus di sektor tersebut, kemudian ketika anda melihat grafik saham sektoralnya dan ternyata chartnya juga sedang bagus, hal ini bisa lebih meyakinkan kita untuk mentradingkan saham tersebut. 

2. Memperdalam analisis trading 

Dengan melihat grafik sektor saham, anda bisa memperdalam analisis trading saham yang anda lakukan. Selain melihat saham2 spesifik, anda juga bisa melihat potensi naik turunnya saham2 di sektor tersebut dalam jangka pendek. 

Saya pribadi memang tidak setiap saat melihat grafik sektor saham. Karena biar bagaimanapun juga, yang perlu kita analisa lebih dalam adalah saham-saham spesifik-nya itu sendiri. 

Tetapi terkadang ada perlunya kita melihat sektor saham secara global, terutama kalau kita ingin mendapatkan lebih banyak gambaran sektor saham yang berpotensi naik, ataupun sektor yang berpotensi turun dalam jangka pendek. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.