Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham dengan Analisis Teknikal

Analisa utama yang harus anda kuasai untuk meraih profit jangka pendek (trading saham) adalah analisis teknikal. Analisa teknikal memberikan banyak petunjuk pada trader agar anda bisa memilih saham-saham yang layak trading. 



Anda mungkin sudah sering mendengar analisa-analisa selain analisa teknikal seperti analisa bandarmologi (yang bisa profit tanpa harus lihat chart), ataupun analisa-analisa melalui software berbayar yang bisa melihat sinyal market tanpa banyak melakukan analisa teknikal. 

Kalau anda baru belajar trading saham, dan anda tidak memulai dengan memahami analisa teknikal, maka langkah awal anda sudah salah. 

Banyak trader yang mulai mencari cara-cara instan diluar analisa teknikal supaya bisa menghasilkan keuntungan besar di saham. Ujung-ujungnya trader justru terjebak dalam kerugian besar. 

Perlu anda pahami, bahwa analisa teknikal itu memiliki banyak sekali kegunaan. Analisa teknikal bisa memberikan anda informasi-informasi berikut: 
  • Mengetahui saham yang likuid dan tidak 
  • Kapan anda harus beli dan jual saham
  • Melihat titik harga beli dan jual saham yang bagus 
  • Menganalisa di mana letak harga support dan resisten 
  • Melihat kecenderungan tren saham (naik atau turun) 
  • Menentukan apakah anda sebaiknya membeli saham tersebut atau tidak 
  • Melihat saham-saham yang potensi pergerakannya cepat 
  • Menganalisa harga-harga yang bagus untuk ditradingkan 
Yap, semua poin ini terangkum dalam ANALISIS TEKNIKAL. Interpretasi analisa teknikal yang benar, bisa membuat anda paham bagaimana cara melakukan trading yang baik (menghasilkan profit). 

Jadi analisa teknikal itu adalah BASIC pertama kalau anda ingin pergerakan, pola dan fluktuatif harga saham. 

Namun basic ini nantinya anda kembangkan lagi menjadi kombinasi dan praktik lebih lanjut untuk memilih dan mencari saham yang bagus. Pelajari juga full praktik analisis teknikal disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Jadi dalam analisis teknikal nantinya, anda tidak hanya membaca indikator saham saja. Namun anda harus bisa mempraktikannya dalam trading, supaya analisa teknikal yang anda gunakan bisa membuahkan profit maksimal. 

Selama ini banyak persepsi yang salah bahwa hanya dengan mampu baca indikator, berarti trader sudah punya bekal untuk meraih profit konsisten. 

Tentu saja kalau anda hanya bisa membaca (secara teori), itu masih sangat kurang. Anda harus bisa menggunakan analisa teknikal menjadi KOMBINASI ANALISIS TEKNIKAL yang simpel & bisa anda praktikkan buat trading. 

Di web Saham Gain ini, kita sudah sering mengulas analisa-analisa teknikal buat trading, termasuk praktik-praktik kombinasi trading yang kita bahas disini: Ebook Saham Full Praktik Trading. Anda bisa pelajari dan praktikkan. 
Analisis teknikal merupakan senjata utama anda untuk trading. Anda harus bisa menggunakan senjata tersebut, dan mengasah senjata (analisa teknikal) tersebut, supaya bisa menang (profit). 
Artinya, tanpa analisa teknikal, saya jamin anda bakalan blank (kosong) ketika menghadapi pasar saham. Anda tidak akan paham apa yang harus dilakukan. Anda bakalan bingung mau beli saham apa? Belinya di harga berapa? Bingung cara melihat harga-harga penting untuk trading.... 

Kalau anda tidak mendalami dan menguasai analisa teknikal, percayalah anda akan menghadapi kendala-kendala tersebut. Pada akhirnya, hal ini justru membahayakan karir trading anda sendiri. 

"Berarti analisa teknikal itu segalanya dalam trading ya Bung Heze?" Tanya anda.

Harus saya akui, bahwa analisis teknikal itu juga ada kelemahannya. Kita juga sudah pernah membahasnya disini: Cara Mengatasi Kelemahan Analisis Teknikal.  

Analisa teknikal sebenarnya juga bisa anda kombinasikan dengan analisa-analisa lain, yaitu analisis behavior (menganalisa perilaku market, bandar, tape reading). 

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan analisis fundamental. Analisa teknikal dapat anda kombinasikan dengan analisis market, yaitu menganalisa pergerakan IHSG dan indeks Wall Street sebelum trading. Kita sudah pernah bahas disini: Belajar Analisis Saham: Teknikal, Fundamental, Behavior. 

Dengan kombinasi-kombinasi tersebut, analisa teknikal bisa lebih berfungsi dan praktikal untuk diterapkan di market. Analisa teknikal itu tidaklah kaku. Ada banyak kombinasi, strategi yang bisa anda terapkan.  

Inti yang ingin saya sampaikan di pos ini adalah: Jangan pernah mengabaikan analisis teknikal. Terutama untuk trader yang baru belajar saham, kuasai dulu analisis teknikal. 

Jangan mudah tergoda untuk mencari cara-cara instan mendapat profit. Mendalami ilmu apapun itu, harus dilakukan secara bertahap. Kalau anda sudah mulai banyak belajar, mempraktikkan sendiri beli jual saham, anda pasti akan lebih mahir menggunakan analisa teknikal bukan hanya sekedar teori. 

Apapun kondisi market yang kita hadapi (bullish, bearish, strong bearish), sebagai trader analisis teknikal tetap merupakan senjata utama anda untuk menganalisa dan memilih saham.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.