Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Analisis Saham: Fundamental, Teknikal, Behavior

Ada banyak cara melakukan analisis saham untuk meraih profit. Analisis-analisis utama yang harus anda miliki di pasar saham adalah analisis TEKNIKAL dan analisis FUNDAMENTAL. 



Analisa2 tersebut berfungsi sebagai senjata utama anda dalam memilih saham. Nah, selain analisis teknikal dan fundamental, ada juga yang namanya analisis BEHAVIOR. Sebagai trader dan investor, anda harus memahami ketiga analisis ini. Mari kita bahas.  

ANALISIS FUNDAMENTAL SAHAM 

Analisis fundamental merupakan analisa yang mempelajari kondisi keuangan dan operasional perusahaan. Jadi dengan mempelajari analisis fundamental, anda akan mengetahui apakah perusahaan memiliki kinerja yang bagus atau tidak. Ketika kinerja perusahaan bagus, anda bisa memutuskan untuk membeli sahamnya. 

Karena perusahaan yang kinerjanya baik, juga tercermin pada harga sahamnya tersebut. Ingatlah bahwa harga saham akan kembali ke faktor fundamental.

Anda bisa perhatikan saham-saham gorengan yang perusahaannya memiliki kinerja jelek. Harga sahamnya dalam jangka panjang umumnya sulit untuk naik. Bahkan mayoritas saham gorengan banyak yang menjadi 'saham tidur'.

Sebaliknya, saham-saham blue chip yang kinerjanya bagus, harga sahamnya lebih mudah naik ketika harganya sudah turun, karena investor dan trader lebih tertarik membeli saham2 yang kinerjanya baik dan likuid. 

Tujuan analisis fundamental adalah untuk INVESTASI jangka panjang. Jadi kalau anda ingin beli saham dengan tujuan dapat untung jangka panjang (hold saham), maka pelajarilah analisa fundamental. Dalam analisa fundamental, hal-hal penting yang harus anda kuasai adalah: 
  • Mendalami analisis sektoral 
  • Mempelajari produk-produk dan lini bisnis perusahaan
  • Mempelajari kompetitor perusahaan
  • Mempelajari tata kelola perusahaan 
  • Mempelajari laporan keuangan perusahaan
  • Mempelajari analisa valuasi dan harga wajar saham 
  • Pelajari analisa makro ekonomi 
  • Dan lain-lain 
Anda bisa pelajari full praktik analisis fundamental dan strategi2 memilih saham yang paling baik untuk investasi jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert.

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM

Analisis teknikal merupakan analisis yang mendalami cara-cara dan seni membaca grafik suatu saham. Dengan analisa teknikal, anda bisa mengetahui saham-saham yang bagus untuk trading, menentukan di harga berapa anda sebaiknya membeli dan menjual saham. 


Analisis teknikal saham
Analisis teknikal memberikan banyak petunjuk untuk melihat saham2 yang polanya bagus, maupun saham2 yang tidak menguntungkan untuk jangka pendek, sehingga anda memiliki arah dalam trading.

Untuk trader saham, analisis teknikal merupakan analisa utama yang harus anda kuasai. Di dalam analisa teknikal, anda harus menguasai hal-hal berikut: 
  • Perdalam analisis candlestick
  • Perdalam analisa indikator
  • Perdalam analisa tren, support-resisten
  • Pelajari dan praktikkan chart pattern dan pola-pola dalam trading saham
  • Praktikkan strategi trading saham kombinasi yang simpel untuk meraih profit
Anda bisa pelajari full praktik analisis teknikal mulai level pemula - expert, dan strategi2 mencari saham bagus melalui analisis teknikal disini: Ebook Trading & Belajar Saham. 

Analisis teknikal maupun fundamental dibutuhkan oleh trader. Analisa utama trader saham adalah analisa teknikal sebagai dasar untuk menentukan di harga berapa anda beli, jual.. Sedangkan analisa fundamental (sebagai tambahan) bisa membantu anda juga untuk melihat dan memilih saham2 yang kinerjanya baik untuk ditradingkan. 

Saham2 yang kinerjanya baik juga memiliki pola grafik yang lebih bagus, karena saham2 fundamental bagus lebih banyak diminati oleh para trader dan investor, sehingga pola-pola permintaan penawaran dapat lebih mudah dianalisa melalui chart sahamnya. 

ANALISIS BEHAVIOR 

Selain analisa teknikal dan fundamental, kita juga mengenal ANALISIS BEHAVIOR. Analisis behavior merupakan analisis yang mempelajari PERILAKU MARKET / pelaku pasar. Analisa behavior bisa anda pelajari melalui analisa-analisa:
  • Bid offer saham (analisa tape reading)
  • Buy sell asing atau broker
  • Pola-pola musiman saham2 tertentu 
  • Analisa market/ IHSG (Pola2 IHSG, biasanya setelah naik beberapa hari akan koreksi dan sebaliknya)
Kalau anda sedang mengamati kekuatan bid offer suatu saham. Anda sedang mengamati pergerakan arah dan potensi IHSG hari ini. Anda mengamati saham2 apa yang potensi naik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Itu yang dinamakan dengan analisa behavior (perilaku market). 

Analisa behavior, terutama analisa market dan analisa tape reading juga dapat membantu trader dalam menentukan TIMING kapan harus membeli saham. IHSG yang masih merah misalnya, atau saham2 yang offernya sangat besar, maka lebih baik anda menunggu tekanan jual reda baru membeli saham. 

Analisa behavior tidak bisa berdiri sendiri, karena analisa ini harus dikombinasikan terutama dengan analisa teknikal, supaya anda bisa menentukan timing trading, sekaligus memilih saham (analisis teknikal) yang tepat untuk dibeli. 

Analisa behavior membantu anda untuk memahami arah market, dan kecenderungan atau kekuatan minat pelaku pasar (beli dan jual) terhadap suatu saham.  

Kombinasi analisis teknikal dan analisa bid offer juga bisa anda manfaatkan untuk meraih profit untuk intraday trading (trading harian). Di web Saham Gain, anda bisa mendapatkan strategi2 meraih profit trading harian dari strategi2 kombinasi yang simpel disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.

Tiga analisa ini yang harus terus anda asah. Jika anda memahami ketiga analisa ini dalam praktik trading & investasi, anda akan lebih mudah beradaptasi dengan market. 

Ketika anda mulai bisa beradaptasi dengan fluktuatif pasar saham, anda akan lebih paham cara mengontrol kerugian di saham, dan memaksimalkan profit yang lebih konsisten.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.