Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mudah Trading Saham

Beberapa waktu lalu, saya dapat pertanyaan dari rekan trader pemula yang baru menyelesaikan proses membuka rekening saham. Pertanyaannya cukup umum. Mungkin tidak asing untuk kita: "Bagaimana cara mudah trading saham?"



Kalau anda mengharapkan hasil mudah trading saham, dalam arti ingin mendapatkan profit instan, maka tidak ada caranya. Karena dalam bidang apapun, tidak ada profit yang bisa diraih secara instan. 

Tapi kalau anda ingin trading dengan cara yang relatif aman, sehingga anda tidak perlu mengalami kerugian besar di saham, dan modal di saham anda bisa berkembang secara lebih konsisten, maka saya bisa membagikan beberapa tips pada anda. 

Kebebasan dalam memilih saham, menggunakan modal. Kebebasan dalam trading seringkali membuat strategi2 trading menjadi sangat luas. Namun belum tentu strategi trading tersebut bisa diterapkan lebih mudah untuk diterapkan bagi trader pemula. 

Ada beberapa cara mudah trading saham yang bisa anda pertimbangkan untuk dipraktikkan. Apa saja itu? Here we go...  

1. Terapkan strategi trading yang simpel 

Strategi kombinasi yang simpel membuat trading yang anda jalankan akan terasa lebih mudah, dibandingkan strategi yang rumit. Strategi trading yang simpel yaitu menggunakan indikator-indikator seperlunya (cukup gunakan 1 indikator leading dan 1 indikator lagging), dan pilihlah saham2 yang likuid untuk trading.

Karena ada banyak strategi trading, anda bisa menggunakan strategi beli saham di harga support. Incar saham-saham bagus saat harganya sedang turun / diskon. Strategi ini merupakan strategi trading yang relatif mudah diterapkan, ketimbang mencari saham2 breakout atau saham2 yang sudah naik tinggi. 


Kombinasi strategi trading yang simpel & praktikal untuk trading, bisa anda pelajari full praktiknya disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Kalau anda baru pertama kali membuka rekening saham, dan anda belum yakin trading pakai modal beneran, anda bisa pertimbangkan memulai trading dengan demo. Baca juga: Cara Trading dengan Demo Trading Saham. 

Dengan virtual (demo) trading, anda bisa memahami lebih banyak kondisi market, serta cara-cara memilih saham yang bagus, sehingga saat anda trading pakai modal beneran, anda sudah paham saham2 apa yang sebaiknya anda pilih buat trading. 

2. Trading saham dengan strategi konservatif 

Banyak trader mengalami kerugian di market karena trader melakukan spekulasi, dengan cara membeli saham2 yang risikonya besar. Memang di saat-saat tertentu, anda bisa memperoleh profit besar. 

Namun spekulasi dalam trading biasanya tidak akan bertahan dalam jangka panjang. Jadi cara-cara spekulatif dengan membeli saham berisiko, bukanlah cara trading yang mudah dan aman. 

Supaya langkah trading anda lebih mudah, cobalah untuk menerapkan strategi trading konservatif. Artinya, mulailah membeli saham2 yang risikonya rendah (seperti saham blue chip atau saham2 LQ45). 

Dan lakukan diversifikasi saham yang tidak terlalu banyak, yaitu cukup 2-3 saham. Sehingga anda tidak kesulitan memantau saham2 anda. 

Dengan cara ini, profit yang anda dapatkan juga lebih stabil, dan anda bisa meminimalkan risiko. Cara trading ini cenderung lebih menghasilkan karir trading yang panjang, dibandingkan anda melakukan spekulasi atau gambling. 

3. Memulai dengan modal sedikit

Mulai dengan modal kecil di kisaran Rp1-3 juta. Hindari mindset bahwa trading harus dimulai dengan modal puluhan juta, karena profitnya semakin besar jika modalnya semakin banyak. Baca juga: Modal Ideal Trading Saham.  

Kalau psikologis anda belum siap, pengalaman trading anda belum banyak, modal besar justru akan mempersulit anda. Anda akan terbebani, mudah stress saat saham anda turun. 

Itulah cara mudah trading saham yang bisa anda terapkan. Saya katakan ini adalah cara yang relatif mudah karena: pertama, anda tidak harus memantau banyak saham. 

Karena anda membeli saham dengan modal kecil, dan diversifikasi yang wajar, anda bisa lebih fokus trading di saham-saham bagus tertentu, sehingga risiko trading juga lebih kecil. 

Kedua, anda tidak perlu stress saat saham turun, karena anda tidak menggunakan modal puluhan juta. Saat pikiran anda bisa tenang, santai, maka trading yang anda jalankan juga bisa lebih on fire. Pengambilan keputusan trading anda akan lebih baik, sehingga bisa membuahkan profit lebih konsisten.   

Ketiga, psikologis anda lebih aman karena anda membeli saham yang bagus. Saham2 yang bagus dengan strategi trading simpel juga berpotensi memberikan profit. 

Keempat, anda tidak perlu muluk-muluk memilih terlalu banyak saham, ataupun menggunakan strategi2 trading yang rumit, yang belum tentu sesuai dengan kondisi market dan karakter anda. 

Dalam perjalanan trading, anda juga pasti akan menghadapi tantangan2, misalnya perubahan tren market, harga saham turun. Namun dengan cara-cara tersebut, anda bisa trading di jalur yang lebih benar.   

Apa yang saya ulas di pos ini merupakan perjalanan dari pengalaman trading saya pribadi. Saya sudah mencoba beberapa metode trading, mulai dari yang saya sharing diatas, hingga metode2 trading yang rumit. 

Apa yang saya tuliskan di pos ini, merupakan rangkuman perjalanan trading saya, sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa strategi2 diatas memang relatif lebih mudah untuk diterapkan.

Setiap dari anda bisa memiliki strategi dan pandangan yang berbeda-beda. Jika anda ingin menerapkan strategi2 di pos ini, silahkan. Jika anda ingin memodifikasi strategi trading dengan cara anda sendiri, tidak masalah.   

Ukuran pencapaian trading anda bisa dilihat dari perkembangan modal, skill dan kemampuan anda untuk meminimalkan risiko kerugian di saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.