Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Saham: Trading Saham BBRI

El Heze
Saham BBRI merupakan salah satu saham yang banyak diincar oleh trader. Saya pribadi juga sering mendapatkan pertanyaan tentang prediksi analisa teknikal saham BBRI:




"Pak Heze, saham BBRI kemungkinan turun lagi sampai ke harga berapa?
"Apakah BBRI sudah waktunya beli?"
"Resisten BBRI di harga berapa?" 

Sejak BBRI stock split 1:5, harga saham BBRI memang relatif lebih enak untuk ditradingkan. Karena fluktuatif harganya lebih cepat. Kalau anda sudah trading sebelum BBRI stock split, anda pasti tahu bagaimana fluktuatif saham BBRI yang cenderung lambat. 

Namun setelah stock split, harga sahamnya jadi jauh lebih terjangkau dan saham beredarnya lebih banyak. Itulah yang membuat banyak trader tertarik mentradingkan sahamnya. Anda bisa perhatikan bid offer saham BBRI berikut: 

Bid offer saham BBRI
Pada bid offer BBRI diatas, jumlah bid an offer lot-nya sangat banyak, di mana satu antrian harga saham jumlah lot-nya diatas 10.000 lot. Hal ini menunjukkan saham BBRI memiliki banyak peminat. 

Fluktuatif harga saham BBRI yang relatif lebih cepat juga menunjukkan bahwa banyak trader yang memanfaatkan momentum untuk trading jangka pendek di saham BBRI.    

"Bung Heze, tapi saham BBRI kan kinerjanya bagus, market leader dan saham blue chip. Harusnya cocok buat investasi donk. Nggak cocok buat trading" Protes anda. 

Boleh saja anda mengatakan BBRI cocok untuk disimpan jangka panjang, karena kinerjanya bagus. Namun, saya pribadi kurang sependapat jika BBRI hanya cocok untuk investasi.  

Ingat, di pasar saham itu tidak ada rumus pasti. Pasar saham itu fleksibel, tidak kaku. Anda boleh saja mentradingkan saham blue chip untuk jangka pendek Jika anda ingin investasi juga tidak masalah. 

Saham BBRI bisa ditradingkan untuk trading harian, swing trading maupun untuk trading kombinasi. Bagi anda pengincar saham-saham blue chip untuk trading, khususnya saham BBRI, anda perlu memahami ini. 

TRADING SAHAM BBRI - TRADING HARIAN 

Karena fluktuatif BBRI relatif cepat, BBRI bagus dimanfaatkan untuk trading harian, terutama ketika market rebound jangka pendek, biasanya saham BBRI bergerak di range-range harga yang bagus buat trading. 

Saya bisa menyimpulkan demikian, karena saya juga sering mentradingkan saham BBRI untuk trading harian, terutama ketika kondisi IHSG masih belum bisa bullish. Contohnya seperti transaksi trading saham BBRI berikut:  

Trading saham BBRI
Saya membeli saham BBRI tanggal 3 Agustus sore hari pada harga 3.020 dan menjual saham BBRI di harga 3.090 tanggal 5 Agustus pagi. Net profit saham BBRI (sudah dikurangi fee trading) adalah sebesar 1,87%. Itulah contoh praktik trading harian saham BBRI. 

Anda bisa pelajari dan praktikkan strategi2 memilih saham bagus, dan analisa-analisa simpel untuk trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (281 halaman).

TRADING SAHAM BBRI - SWING TRADING 

Dalam kondisi market yang relatif naik atau uptrend, saham-saham blue chip sekelas BBRI memang bisa naik lebih lama, terutama kalau harganya sudah mulai diskon. Pelajari juga: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah.

Sehingga selain dapat dimanfaatkan untuk trading harian, saham BBRI juga bisa digunakan untuk SWING TRADING, yaitu trading saham dengan jangka waktu minimal 1 minggu sampai dengan satu bulan. 

Fluktuatif dan tren market bisa mempengaruhi time frame BBRI untuk ditradingkan. Jadi untuk saham BBRI ini bisa diterapkan strategi trading cepat, ataupun strategi trading dengan waktu yang lebih panjang, tergantung juga dari fluktuatif market. Pelajari juga: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

TRADING SAHAM BBRI - KOMBINASI 

Jika anda memiliki saham BBRI, anda juga bisa menggunakan strategi trading kombinasi, yaitu sebagian saham BBRI anda gunakan untuk trading harian (intraday trading). Dan sebagian anda gunakan untuk swing trading. 

Jadi anda bisa menerapkan strategi kombinasi di dalam trading. Kita juga pernah membahasnya disini: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

Jadi saham BBRI bukan hanya bagus untuk investasi, namun juga dapat digunakan untuk trading saham, untuk meraih profit jangka pendek. Dan anda bisa menggunakan berbagai macam strategi trading sesuai dengan kondisi market dan karakter trading masing-masing. 

Trading saham BBRI - Chart BBRI
Pada chart BBRI diatas, anda bisa lihat fluktuatif harga sahamnya, di mana harganya setelah turun banyak akan naik lagi. Dan di dalam tren sidewaysnya pun terlihat adanya fluktuatif. Sebagai trader, anda bisa memanfaatkan momen2 ini untuk trading saham BBRI. 

Catatan: Pos ini bukan bermaksud sebagai ajakan untuk membeli ataupun menjual saham. Pos ini kita ulas sebagai bahan analisa saham yang praktikal dan bisa diterapkan di market. Sebelum trading, anda harus tetap menganalisa masing-masing chart, karena setiap saat momentum saham tepat untuk dibeli. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.