Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Beli Saham dengan Modal 1 Juta

El Heze
Jika anda ingin trading maupun investasi, dengan modal Rp100 ribu sebenarnya anda sudah bisa membeli saham. Ada banyak saham yang harganya murah, yang bisa dijangkau dengan modal Rp100 ribu. 



Tetapi dengan modal Rp100 ribu, tidak banyak pilihan saham bagus yang bisa anda tradingkan. Mayoitas saham murah umumnya merupakan saham2 gorengan (saham lapis tiga). Baca juga: 8 Saham Bagus yang Bisa Dibeli dengan Modal Rp100 Ribu.

Jadi buat anda yang mau memulai trading saham, mulailah dengan modal minimal Rp1 juta. Yap, Rp1 juta sebenarnya adalah modal minimal yang sangat ideal untuk anda, karena Rp1 juta bukanlah modal yang terlalu besar untuk trading, dan tidak terlalu kecil. 

Di pos ini: Modal Ideal Trading Saham, kita juga sudah membahas modal ideal yang sebaiknya anda gunakan untuk trading. Modal ideal itu adalah modal di kisaran Rp1-3 juta. 

Jadi sedikit-sedikitnya modal yang anda gunakan, sebaiknya minimal Rp1 juta buat trading saham. Saat ini sudah banyak trader pemula yang mencoba memulai beli saham dengan modal 1 juta. 

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan trader saham yang ingin beli saham dengan modal Rp1 juta

"Saham apa yang sebaiknya dibeli?"
"Saham apa yang bisa dibeli dengan modal Rp1 juta?"
"Berapa profitnya kalau beli saham pakai modal Rp1 juta?"

Saham Apa yang Sebaiknya Dibeli?

Dengan modal Rp 1 juta, sebaiknya anda memilih saham-saham yang pergerakannya likuid buat trading. Anda bisa memilih saham2 di indeks LQ45 atau indeks IDX30. Dan usahakan untuk menghindari saham2 gorengan terlebih dahulu. 

Karena dengan modal yang masih kecil, anda masih harus banyak belajar untuk memahami saham2 yang bagus untuk ditradingkan. Anda juga masih perlu mendalami manajemen modal dan mengatur risiko trading. 

Sehingga kalau dengan modal Rp1 juta sudah anda tradingkan di saham2 gorengan dan waran, anda bisa berpotensi mengalami kerugian dan membuat modal anda habis. Sudah banyak trader saham yang modalnya habis karena saat pertama trading langsung nekad membeli saham2 gorengan. 

Dengan modal Rp1 juta, anda tidak akan sulit membeli saham-saham likuid karena ada banyak saham yang teknikalnya bagus, yang bisa anda tradingkan. 

Anda juga harus memilih saham2 yang bagus untuk trading, baik tipe, pola sahamnya maupun momentumnya. Agar anda bisa memilih saham yang bagus untuk trading, anda bisa menerapkan praktik2 screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Saham Apa yang Bisa Dibeli dengan Modal Rp1 Juta? 

Kalau modal anda Rp1 juta, anda memiliki lebih banyak pilihan saham untuk ditradingkan. Supaya anda lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh saham-saham yang bisa anda tradingkan dengan modal Rp1 juta:  


Beli saham dengan modal 1 juta
Pada tabel diatas, anda bisa perhatikan ada banyak saham yang bisa anda jangkau dengan modal Rp1 juta. Diatas saya ambil contoh-contoh beberapa saham blue chip dan LQ45. Dengan modal Rp1 juta, anda bisa beli saham BBRI sebanyak 3 lot, total modal Rp946 ribu. Anda bisa menjangkau saham BMRI sebanyak 1 lot, total modal Rp585 ribu.  

Anda bisa beli saham ACES sebanyak 4 lot, dengan totla modal Rp681 ribu. Kalau modal anda Rp1 juta, anda bisa memilih  atau diversifikasi 2 saham sesuai kemampuan anda. Misalnya anda beli saham BBRI 2 lot, dan saham ACES sebanyak 2 lot. Sesuaikan jumlah lot dengan modal anda.  

Kalau anda ingin download kalkulator excel untuk menghitung rincian beli jual saham, di web Saham Gain ini saya juga menyediakannya: Lembar Kerja untuk Trading Saham. 

Yap, bahkan saham-saham blue chip seperti INDF, TLKM, BBRI, BMRI pun sudah bisa anda beli dengan modal Rp 1 juta. Itulah mengapa saya katakan bahwa untuk seorang trader pemula sebaiknya anda memulai trading dengan modal awal minimal Rp1 juta (kisaran Rp1-3 juta, jangan lebih atau kurang). 

Dengan modal Rp1 juta anda bisa menjangkau lebih banyak saham bagus, bahkan mayoritas saham blue chip sekalipun. Tapi kalau anda trading dengan modal yang terlalu kecil, katakanlah Rp100 ribu atau Rp200 ribu, anda tidak akan bisa membeli saham BBRI yang harganya diatas Rp3.000 per saham (minimal beli saham BBRI jika harganya diatas Rp3.000 adalah Rp300.000). 

Jika sekarang modal saham anda masih dibawah Rp1 juta, tunggulah dahulu sampai modal anda mencapai Rp1 juta baru trading. 

Berapa Profit Trading Saham dengan Modal Rp1 Juta? 

Ini adalah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan rekan-rekan trader: "Bung Heze, kira-kira untung saham sebulan berapa kalau saya trading dengan modal Rp1 juta? Apa bisa untung 50% sebulan? Apa bisa balik modal?" 

Jawaban dari pertanyaan ini ada dua poin. Pertama, profit di saham selalu naik turun, tidak ada ukuran dan angka yang tetap setiap bulan. Pasar saham mengalami fluktuatif. Ada saat di mana IHSG bagus, sehingga mayoritas saham naik. 

Ada saat di mana IHSG sedang koreksi, sehingga banyak saham yang turun. Ketika pasar saham sedang bagus, anda mungkin bisa meraih profit yang lebih besar. Tetapi saat pasar saham sedang bearish, banyak saham turun, kemungkinan besar profit anda tidak sebesar saat pasar saham bagus. 

Yap, inilah realita yang harus anda pahami di market. Selain itu, pengalaman trading setiap orang berbeda-beda, sehingga kita tidak bisa memberikan jawaban yang pasti mengenai profit saham yang didapatkan. Pelajari juga: Main Saham Modal Kecil, Berapa Untung Sebulan? 

Kedua, sebagai trader pemula dengan modal kecil, sebaiknya jangan fokus ke profit. Target utama trader pemula bukanlah mendapat profit sebesar mungkin. Namun trader pemula harus belajar untuk MEMINIMALKAN KERUGIAN. 

Cara-cara belajar memilih saham yang benar, menggunakan modal kecil untuk trading adalah bagian dari meminimalkan risiko trading. Pelajari juga strategi2 trading full praktik disini: Buku Saham. 

Karena pasar saham itu berisiko. Anda tidak akan bisa profit konsisten jika anda tidak paham cara meminimalkan risiko. Apabila anda hari ini profit 10%. Namun anda tidak mampu meminimalkan risiko, sangat mungkin di trading2 keesokan harinya keuntungan anda berubah jadi kerugian.  

Jadi dengan modal kecil, fokuslah untuk berada di jalur trading yang benar, sehingga dalam jangka panjang, modal anda nantinya bisa berkembang. 

Di pos ini anda sudah mendapatkan pemahaman-pemahaman tentang cara beli saham dengan modal 1 juta, termasuk mindset-mindset yang benar jika anda trading dengan modal kecil. Anda bisa praktikkan di dalam trading plan masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.