Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Waskita Karya

El Heze
PT Waskita Karya Tbk adalah salah satu perusahaan kontraktor besar di Indonesia yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kalau anda perhatikan pembangunan2 seperti jalan tol, Waskita Karya biasanya turut ambil bagian dalam pembangunan proyek. 



Perusahaan PT Waskita Karya Tbk merupakan perusahaan go public di Indonesia. Itu artinya, sebagai masyarakat umum, anda memiliki kesempatan untuk bisa membeli saham PT Waskita Karya. Anda bisa menjadi pemegang saham perusahaan Waskita. 

Di pos ini, kita akan bahas bagaimana cara membeli saham Waskita Karya. Sebelum anda bisa membeli saham Waskita, anda harus membuka akun rekening efek terlebih dahulu di kantor sekuritas terdekat atau secara online. 

Hal ini karena semua aktivitas beli jual saham dilakukan melalui software online trading dari sekuritas. Oleh karena itu, anda harus daftar dulu di kantor sekuritas. Cara-cara buka akun saham di kantor sekuritas, bisa anda pelajari langkah2nya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Sekarang kita akan masuk ke cara beli saham Waskita. Berikut panduan cara membeli saham Waskita Karya: 

1. Masuk ke software online trading, pilih menu Trade --> Buy. Tampilan seperti berikut: 


Untuk klik men beli saham (jika anda pakai PC atau laptop), anda juga langsung ketikkan tombol Alt + F2. Disini saya menggunakan contoh software online trading Danareksa Sekuritas. 

Jika anda menggunakan software online trading dari sekuritas lain, menu-menu utama untuk beli saham sama, hanya beda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software anda masing-masing.   

2. Lalu muncul tampilan order buy seperti berikut: 

Cara membeli saham Waskita Karya
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham Waskita Karya, anda harus ketikkan kode saham Waskita Karya. Kode sahamnya PT Waskita Karya Tbk adalah WSKT. Setelah anda ketikkan kode sahamnya, akan muncul antrian harga saham Waskita yang tampak pada bid dan offer (lihat warna merah dan hijau). 

Untuk melihat harga saham Waskita Karya terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas. Pada order buy diatas, harga saham Waskita terakhir adalah Rp750. Pelajari juga: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham.

Perhatikan nomor 2. Anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots). Sesuaikan dengan modal yang anda punya. Misalnya anda beli saham Waskita di harga Rp750 sebanyak 12 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk beli saham Waskita adalah: 

Rp750 x 12 lot x 100 lembar saham = Rp900.000. Ditambah fee beli. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. Catatan: 1 lot = 100 lembar saham. Lot adalah satuan perdagangan saham di Bursa Efek.

Perhatikan nomor 3. Setelah anda ketikkan harga beli dan jumlah lot, anda bisa klik tombol BUY. Dan anda sudah dinyatakan memiliki saham Waskita Karya. 

3. Analisis saham Waskita Karya 

Karena anda membeli saham dengan mendapatkan keuntungan (profit), yaitu beli saham di harga rendah dan jual di harga lebih tinggi, maka anda harus melakukan analisis grafik saham yaitu analisis teknikal. 

Grafik Saham Waskita Karya
Jadi sebelum beli saham, anda harus pelajari terlebih dahulu ANALISIS TEKNIKAL, yaitu cara-cara melakukan analisis grafik saham, agar anda bisa melihat apakah harga saham sudah layak untuk dibeli atau belum, apakah saham sudah ketinggian harganya atau sudah murah. 

Itulah panduan cara membeli saham Waskita Karya. Caranya sangat mudah. Semua bisa dilakukan secara online melalui software trading masing-masing. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.