Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

3 Cara Trading Saham yang Aman

El Heze
Banyak trader yang mencari cara trading saham yang aman. Saya beberapa kali juga menerima pertanyaan dari rekan-rekan trader: "Pak, bagaimana strateginya supaya trading yang kita jalankan lebih aman dari risiko?" 



Pertama-tama yang perlu anda pahami, tidak ada saham yang bebas risiko. Dalam trading saham, anda pasti juga menghadapi risiko. Sama ketika anda memutuskan untuk membuka bisnis, anda mau jadi pengusaha.. Pasti anda juga menghadapi risiko. 

Tapi risiko tersebut bisa diminimalkan jika anda memiliki pengetahuan dan memahami cara menekan risiko, sehingga anda bisa meraih profit yang lebih konsisten.

Untuk anda trader saham yang ingin menerapkan strategi trading saham yang aman, ada tiga praktik trading yang bisa anda terapkan:  

1. Prioritaskan saham-saham yang risikonya kecil untuk trading

Di Bursa Efek, tidak semua saham memiliki kualitas yang sama. Ada saham yang likuid. Ada saham yang tidak likuid dan sepi peminat. Ada saham yang pergerakan fluktuatif harganya cenderung cepat. 

Ada juga saham yang pergerakan fluktuatifnya sangat lama. Ada saham yang naik sangat cepat, demikian juga turunnya juga bisa terjadi dalam waktu yang singkat. 

Kalau anda beranggapan beranggapan semua saham di Bursa Efek sama, kemungkinan besar anda akan mudah terjebak membeli saham2 yang risikonya besar yaitu saham2 yang tidak likuid, pergerakannya lama, fundamentalnya jelek, dan volatilitasnya tidak wajar. 

Sebagai trader, sebaiknya anda memilih saham2 yang punya pergerakan fluktuatif yang bagus, dan pilihlah saham-saham mudah dianalisa dengan analisis teknikal. 

Prioritaskan saham-saham tersebut untuk trading. Artinya, jika anda ingin trading dengan cara yang lebih aman, anda harus mengalokasikan modal anda lebih banyak (paling tidak 70-80% modal trading) untuk membeli saham2 yang risikonya kecil.  

Anda bisa pelajari cara-cara screening saham yang bagus, supaya anda bisa meminimalkan risiko trading, dan mencari saham2 apa yang layak ditradingkan disini: Cara Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.  

Banyak trader saham yang mengalami kerugian besar karena trader mengalokasikan modal lebih besar pada saham-saham yang gorengan dan saham2 yang pergerakannya tidak jelas. Inilah yang membuat risiko trading jadi lebih besar, sehingga saham2 di portofolio anda diisi oleh saham2 yang berpotensi mengalami floating loss besar. 

2. Memiliki STOCK PICK pribadi 

Setiap trader hendaknya memiliki stock pick saham pribadi. Stock pick merupakan daftar saham yang terbaik yang anda pahami pola-polanya, dan saham-saham tersebut punya pergerakan yang bagus untuk trading. 

Sehingga ketika jam trading, anda bisa lebih fokus untuk mentradingkan saham-saham yang anda di stock pick. Dengan demikian, anda bisa meminimalkan membeli saham2 yang risikonya tinggi, yang berada diluar stock pick anda. 

Stock pick akan membuat trading yang anda jalankan lebih terarah, karena anda hanya membeli saham-saham yang anda pahami pola pergerakan dan analisa chartnya, sehingga anda memiliki kompas dalam trading. 

Cara mencari stock pick untuk menemukan saham2 berkualitas untuk ditradingkan harus dilakukan dengan cara ANALISIS SCREENING SAHAM, yaitu menyeleksi saham2 yang bagus dan tidak untuk ditradingkan. Anda bisa pelajari full praktik screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus (365 halaman).  

3. Gunakan analisa teknikal simpel, yang mudah anda pahami 

Analisa teknikal yang digunakan untuk trading sangat mempengaruhi kualitas trading anda. Agar anda bisa trading dengan cara yang aman, anda harus gunakan analisis teknikal yang BISA ANDA PAHAMI dan terbukti menghasilkan profit untuk anda.

Hindari penggunaan analisa teknikal yang rumit. Analisa yang rumit tidak menjamin anda bisa meraih profit. Justru anda akan bingung memilih sinyal saham dari berbagai macam indikator yang ada. 

Penggunaan analisa teknikal yang rumit, dan menggunakan analisa2 teknikal yang tidak anda pahami juga dapat meningkatkan risiko trading. 

Trading saham yang aman bisa tercapai salah satunya karena anda bisa menerapkan analisa teknikal sesuai dengan karakter anda, dan menerapkan analisis teknikal yang simpel. 

Anda bisa pelajari praktik-praktik analisis teknikal simpel yang bisa anda praktikkan secara langsung untuk trading mulai level pemula sampai expert disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Anda yang ingin menerapkan strategi trading dengan tingkat risiko rendah (konservatif) atau moderat, anda bisa terapkan ketiga strategi trading seperti yang sudah kita bahas di pos ini. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.