Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham Murah di Bursa Efek

El Heze
Saham murah selalu banyak diincar oleh para trader ataupun investor saham. Pada saat harga saham sudah murah, seringkali kita mendengar anjuran-anjuran untuk 'memborong' sahamnya, karena saham yang sudah murah, naiknya bakalan cepat. 



Tetapi sebelum kita berbicara mengenai potensi profit di saham-saham murah, anda harus memahami terlebih dahulu seperti apa itu saham murah? Dalam hal apa suatu saham bisa dikatakan sebagai SAHAM MURAH?

Untuk mencari saham murah, anda bisa menggunakan dua pendekatan atau analisa. Pertama, mencari saham murah secara ANALISIS TEKNIKAL. Kedua, mencari saham murah secara ANALISIS FUNDAMENTAL. 

1. Saham murah secara analisis teknikal 

Suatu saham harganya bisa dikatakan murah apabila secara analisa teknikal / analisa grafik (chart), sudah menunjukkan bahwa saham tersebut termasuk dalam kriteria saham diskon. 

Kalau anda menemukan saham yang harganya turun dari 2.500 ke 2.000, belum tentu saham tersebut sudah bisa dikatakan murah. Hal ini karena bisa saja secara kasat mata saham tersebut sudah terlihat turun banyak. Namun secara analisa teknikal saham tersebut masih ada potensi untuk turun lagi, sehingga belum bisa dikatakan murah. 

Saham yang diskon secara teknikal adalah saham2 yang punya potensi besar untuk naik, bullish reversal atau rebound setelah harganya turun tajam. Nah, saham-saham inilah yang harus anda cari dalam analisa teknikal, bukan hanya saham yang sekedar turun secara kasat mata. 

Untuk mencari saham-saham yang sudah diskon secara analisa teknikal, dan punya potensi naik, anda bisa mempelajari strategi dan full praktiknya disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah 

Analisa saham diskon secara teknikal bisa anda lihat melalui kombinasi indikator, support resisten dan kombinasi analisa market. 

Analisa-analisa teknikal simpel ini bisa anda gunakan secara langsung untuk melihat saham2 apa saja yang sudah diskon secara teknikal, atau saham2 yang sudah turun namun masih belum diskon, sehingga anda bisa memilih saham diskon yang tepat. 

Khusus untuk trader saham, yang ingin meraup profit jangka pendek, gunakan analisis teknikal sebagai dasar untuk melihat saham-saham apa saja yang sudah murah, yang layak ditradingkan. 

2. Saham murah secara analisis fundamental 

Mencari saham yang murah bisa dilakukan dengan analisa fundamental. Cara paling simpel adalah dengan melihat VALUASI SAHAM-nya. Valuasi saham sederhana yang paling banyak digunakan oleh investor adalah PER dan PBV. 

Anda bisa pelajari analisanya di pos saya berikut: Valuasi Saham: Price Earning Ratio & Price to Book Value. Jadi kalau PER dan PBV suatu saham sudah berada dibawah rata-rata industri, atau PBV berada dibawah 1, maka secara valuasi saham tersebut dapat dikatakan murah / diskon. 

Kalau anda memiliki tujuan untuk investasi saham dan ingin memprioritaskan membeli saham2 yang sudah murah, maka gunakan pendekatan analisa fundamental, khususnya valuasi saham untuk mencari saham2 yang sudah terdiskon. 

Pelajari juga praktik2 valuasi saham, dan metode2 menghitung harga wajar saham plus praktik2 analisa fundamental, mencari value stock disini: Ebook Analisis Fundamental Saham.  

SAHAM MURAH & KUALITAS SAHAM 

Selain itu, dalam memilih saham murah, anda harus memperhatikan KUALITAS SAHAM tersebut. Dalam praktikknya, banyak trader dan investor saham yang terjebak dengan kalimat 'saham murah'.

Banyak yang mengartikan saham murah sebagai saham yang nominal harganya rendah. Misalnya saham yang harganya Rp120, Rp100, Rp250 adalah saham murah. 

Memang benar. Secara teori, dengan nominal saham yang rendah, anda bisa membelinya dengan modal kecil. Namun saham murah bukan hanya dilihat dari besar kecilnya nominal harga saham. 

Menemukan saham murah harus dilakukan dengan melihat kualitas saham tersebut yang dilakukan dengan dasar-dasar analisa itu tadi, yaitu analisa teknikal (trader) dan analisa fundamental (untuk investor dan trader jangka menengah). 

Kesimpulannya, untuk mencari saham yang sudah murah di pasar saham, anda harus gunakan analisa yang benar (teknikal, fundamental, analisa market). Karena saham yang sudah turun, harganya belum tentu diskon. 

Kedua, lihat kualitas saham yang anda analisa, melalui analisa screening saham (lihat likuiditas, dan pola2 saham tersebut). Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Jangan tejebak membeli saham murahan. Ada saham yang harganya terlihat murah namun kualitasnya jelek. 

Semoga pos ini bisa membuka wawasan kita semua terkait cara menganalisa saham murah. Melihat saham murah bukan hanya sekedar melihat nominal harga atau seberapa banyak harga saham tersebut turun. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.