Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Dividend Trap ITMG: Tips Profit dari Dividen

El Heze
Di pos sebelumnya yang belum lama kita ulas: Saham ITMG dan Dividend Trap, kita sudah sempat membahas tentang dividend trap yang terjadi di saham ITMG. Yup, secara historis dividen, tampak bahwa saham ITMG pernah terjadi dividend trap pasca pembagian dividend (tanggal ex date). 

Semakin besar besar dividen per saham yang dibagikan, maka potensi dividend trap juga semakin besar. ITMG ini adalah salah satu emiten yang paling rajin membagikan dividen, sehingga potens dividend trap juga tinggi. 

Dan benar saja... Pasca pembagian dividen interim, terjadi lagi dividend trap di ITMG tepatnya saat tanggal ex date. Anda bisa perhatikan chart ITMG berikut:


Perhatikan yang saya beri tanda lingkaran. Ada gap down cukup besar antara candle satu hari sebelumnya dengan candle hari ini. Hal ini terjadi karena dividend trap pasca pembagian dividen. 

ITMG sehari sebelumnya ditutup di harga 13.300. Namun keesokan harinya ITMG langsung dibuka jatuh di harga 12.650.

Inilah salah satu bukti dan contoh bahwa dividen trap sering terjadi saham2 yang membagikan dividen besar. Bagaimana cara mengatasi dividend trap ini? Anda bisa pelajari kembali tulisan saya disini: Dividend Trap dan Cara Mengatasinya. 

Khususnya untuk trader jangka pendek (karena banyak juga trader yang mengincar dividen), saran saya jangan mudah tergiur dengan dividen besar, karena dibalik dividen besar ada potensi dividend trap. 

Karena walaupun anda mendapatkan dividennya, tapi kalau anda baru jual saat tanggal ex date dan dividend trap itu terjadi, maka floating loss anda mungkin akan lebih besar dibandingkan dividen yang anda dapatkan itu sendiri.

Sehingga saya sering mendengar banyak trader yang mengatakan: "Dividen saham itu cuma keuntungan semu". Maksudnya adalah, 

Saran saya, buat anda yang memang ingin mengincar dividen, belilah saham sebelum pengumuman dividen, dan jual saham saat harganya sudah naik sebelum ex date. Sehingga, walaupun anda tidak dapat dividen, tapi anda sudah mendapatkan profit dari kenaikan sahamnya. 

Tapi kalau memang secara historis, harga sahamnya tidak terlalu banyak kenaikan sebelum pembagian dividen, ada baiknya anda menghindari dulu sahamnya, karena kemungkinan besar anda akan sulit dapat profit di saham tersebut. Di satu sisi, anda tetap berpotensi terkena dividend trap jika tidak menjual saham sebelum ex date. 

Kedua, carilah saham-saham yang secara historis bisa balik naik cepat setelah terjadi dividend trap. Contohnya seperti saham TLKM, BBRI yang terkadang juga terjadi dividend trap, namun harga sahamnya bisa balik naik lagi diatas itu. 

Saham BJTM
Saham BJTM ini contohnya, di mana setelah dividen trap (tanda persegi), sahamnya sulit naik diatas itu. Butuh waktu berbulan-bulan agar harga sahamnya balik naik diatas harga sebelum cum date dividen.

Tetapi menjelang pembagian dividen harga sahamnya biasanya akan diangkat terus (tanda lingkaran). Sehingga, anda bisa manfaatkan membeli saham jauh2 hari saat lagi koreksi, dan jual sebelum cum date. 

Karena tidak semua saham bisa balik naik secara cepat, contohnya saham ITMG ini sendiri, di mana setelah dividend trap, kecenderungan sahamnya malah turun terus dalam waktu yang agak lama. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.