Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham ITMG dan Dividend Trap

El Heze
Salah satu perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang rajin membagikan dividen besar, adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Yup, hampir 100% laba bersih ITMG dibagikan menjadi dividen pada investor. 

Sehingga, ketika menjelang pembagian dividen, saham ITMG ini menjadi salah satu saham yang cukup menarik, karena dividend per share (DPS)-nya yang sangat tinggi, diatas rata2 DPS saham2 pada umumnya. 

Menjelang pembagian dividen ITMG, saya terkadang menerima pertanyaan rekan-rekan trader: "Pak ITMG mau bagi dividen ya? Saya pingin beli sahamnya".

Dividen ITMG memang besar, tapi anda harus waspadai dividend trap. 
Berdasarkan dividend trap, maka semakin besar dividend per share (DPS) yang dibayarkan dan semakin bagus emitennya (kinerja), maka saham tersebut memiliki potensi jatuh pada hari ex datenya. 

Mengenai dividend trap dan cara mengatasinya anda bisa baca-baca kembali analisa yang pernah saya ulas disini: Dividend Trap dan Cara Mengatasinya. 

Harga saham biasanya akan jatuh sebesar nilai dividen per sahamnya. Jadi logikanya, semakin besar dividen per saham, maka pada saat tanggal ex date harga sahamnya berpotensi jatuh semakin banyak. 

Memang dividend trap TIDAK SELALU TERJADI, karena di pasar saham nggak ada rumus pasti. Tapi untuk melihat dividend trap di suatu saham, anda bisa melihat historis chart saham tersebut pasca pembagian dividen. Sekarang kita coba lihat chart ITMG berikut: 

Saham ITMG
Dalam historis saham ITMG, ternyata dividend trap terjadi. Anda bisa lihat pasca pembagian dividen di tanggal ex datenya yang terakhir, ITMG langsung jatuh sehari dari harga 24.000 ke 22.000 (lihat tanda lingkaran). 

Memang setelah momen dividend trap, bukan berarti harga sahamnya nggak bisa naik lagi. Untuk saham2 fundamental bagus, biasanya harganya bakal naik lagi beberapa hari atau minggu pasca dividend trap. 

Tapi untuk saham ITMG diatas, kita bisa lihat bahwa pasca dividend trap, sahamnya malah tambah turun, dan belum kembali ke harga awal sebelum ex datenya. Jadi, memang tidak ada rumus yang pasti untuk melihat dividend trap ini. 

Maka dari itu, solusinya, kalau anda mau mengincar dividen besar di suatu saham (tapi dari sisi historis sering terjadi dividend trap), maka sebaiknya anda membeli dan menjual saham tersebut sebelum tanggal ex datenya. 

Jadi kalau saham tersebut dan sahamnya naik menjelang ex date (karena ada pengumuman dividen), anda jual saja tanggal cum datenya. Toh, anda sudah dapat untung dari capital gain, daripada anda terjebak dividend trap yang besar di tanggal ex datenya. 

Kedua, anda harus tetap perhatikan momentum analisa teknikal. Kalau suatu saham harganya sudah naik tinggi, atau bahkan stagnan terus, anda harus pertimbangkan lagi untuk beli sahamnya meskipun ada dividen besar. 

Kalau secara analisa teknikal sudah nggak mendukung, ada isu2 jelek di saham tersebut, biasanya menjelang pembagian dividen sahamnya nggak naik2 amat. Kecuali kalau memang tujuan anda mau dapat dividen, anda bisa abaikan yang namanya dividend trap ini. 

Di pos ini: 
Dividend Trap dan Cara Mengatasinya, saya juga sudah menjelaskan sedikit banyak tambahan solusi tentang dividend trap. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.