Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham itu Mudah

Sebagian pemula yang ingin mulai belajar saham mungkin akan berpikir bahwa belajar saham itu susah, banyak yang harus dipelajari. Kalau nggak punya basic ekonomi saham itu sulit dipahami dan masih banyak anggapan2 bahwa memulai belajar saham itu sama sekali tidak mudah. 

Tapi kalau anda mau menjalaninya, percayalah belajar saham itu tidak sulit dan serumit yang dibayangkan. Dahulu sebelum saya mengenal saham, saya pun juga berpikir bahwa saham itu sangat rumit. Harus bisa baca grafik, harus lihat pergerakan saham dan sebagainya. 

Namun dengan langkah2 belajar saham yang benar, ilmu di pasar saham bisa dipelajari dengan lebih baik. 

Dalam trading ataupun investasi saham, berikut adalah hal-hal yang harus anda pelajari (dan setidaknya poin2 ini pasti nanti anda praktikkan terus dalam trading / investasi): 

1. Materi dasar (basic) tentang saham 
2. Analisis teknikal saham (untuk trading) 
3. Analisis fundamental (belajar laporan keuangan, kinerja perusahaan dan lain2) 
4. Mempelajari risiko2 dalam investasi dan trading saham 
5. Mempelajari manajemen modal 
6. Mempelajari mindset2 investasi & trading 

Anda yang ingin belajar saham mulai level pemula sampai bisa praktik trading dan mencari saham2 yang bagus secara otodidak, anda bisa mempelajari full praktiknya disini: Buku Saham (427 halaman). 

Poin-poin ini harus anda pelajari dengan baik sebagai bekal anda untuk mencari saham-saham yang potensial menghasilkan profit nantinya. 

Di luar sana anda pasti akan sering mendengar cara-cara dapat untung di saham yang instan, tanpa belajar dan bisa langsung untung besar. Anda mungkin juga sering mendengar cara-cara dapat untung di saham selain pakai analisa teknikal dan fundamental. Padahal analisa utama di saham adalah analisis teknikal & fundamental, dan analisa2 lain 'hanyalah' sebagai analisa pelengkap. 

Sukses di saham (di bidang apapun juga sama saja sebenarnya) bisa diraih oleh siapapun, namun tidak ada sesuatu yang instan. Justru kalau anda melewatkan poin-poin penting dalam belajar saham, belajar saham akan menjadi terasa sulit untuk dipahami. 

Intinya, kalau anda masih belum paham tentang basic-basic saham, jangan pernah mencoba lompat untuk langsung membeli saham. Kalau anda masih belum paham analisis teknikal, jangan nekad membeli saham dengan ilmu-ilmu yang lain (diluar teknikal).

Kalau anda belum paham dasar-dasar saham, jangan langsung lompat belajar analisis saham. Belajarlah secara bertahap mulai dari basic hingga analisa. Setelah itu, anda bisa improvisasi secara perlahan untuk menciptakan analisis teknikal dan trading plan yang sesuai dengan karakter anda. 

Langkah-langkah belajar saham yang tidak terarah dan tidak telaten itulah yang sebenarnya membuat anda menjadi semakin tidak memahami arah belajar saham yang sesungguhnya. 

Jadi anda yang ingin belajar saham, lakukan dengan langkah2 yang benar. Langkah yang benar akan membuat trading saham anda menjadi lebih terarah. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.