Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Target Utama Seorang Trader Saham

Apa target utama anda sebagai trader saham? Kalau saya bertanya demikian, mayoritas dari anda pasti bakal menjawab PROFIT. Yap, memang setiap trader pasti ingin mendapatkan profit di saham. Namun target utama trader bukanlah itu. 

"Terus apa donk Pak Heze? Kan kita trading maunya dapat untung" Protes anda. 

Sebagai trader saham, anda harus fokus pada tiga target utama. Pertama, mencari SAHAM YANG LAYAK DITRADINGKAN (ini yang paling penting). Kedua, mengembangkan modal. Ketiga, mengelola risiko trading. Mari kita bahas.. 

1. Mencari saham yang layak ditradingkan 

Target utama yang harus anda jalankan di trading yaitu anda harus bisa mencari saham2 yang bagus, layak ditradingkan. Artinya, anda harus bisa mencari saham2 yang bisa menghasilkan profit untuk anda, dengan risiko sekecil mungkin. 

Kalau anda tidak paham cara mencari saham, jangan berharap anda mendapatkan profit di saham. Karena profit yang anda dapatkan di saham sangat ditentukan oleh kemampuan anda dalam mentradingkan dan memilih saham.

Cara-cara screening saham untuk mendapatkan stock pick saham yang berkualitas, bisa anda dapatkan praktik2nya disini: Buku Cara Simpel & Efektif Screening Saham Bagus (365 halaman). 

Dalam mencari saham2 yang layak ditradingkan, maka tentu saja anda juga harus mendalami analisa teknikal untuk trading (dan analisa fundamental untuk investor). Jadi pahamilah dan praktikkan analisa teknikal, screening saham untuk bisa mencapai profit di saham. 

2.  Mengembangkan modal 

Target berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengembangkan modal. Kalau pertama kali anda trading modal anda hanya Rp1 juta misalnya. Maka tentu saja suatu saat anda ingin modal anda berkembang jauh lebih dari, kan? 

Nah, cara agar modal anda berkembang yaitu anda harus memilih saham yang benar seperti yang saya jelaskan di poin pertama. Tanpa memilih saham yang benar, tentu anda tidak akan bisa mengembangkan modal secara maksimal. 

Kedua, anda juga harus punya manajemen modal (MM) yang benar, salah satunya adalah diversifikasi saham dan membeli saham sesuai dengan kemampuan anda. Pelajari juga: Manajemen Modal (MM) Trading: Trading Harian, Swing Trading & Investasi.

Sebagai contoh, jika anda belum bisa mendapatkan profit konsisten dengan modal Rp2 juta, jangan nekad menambah modal jadi Rp50 juta hanya karena anda ingin profit. Karena semakin besar modal yang anda pakai, jika psikologis anda belum siap, hal ini akan sangat berbahaya untuk anda. 

3. Mengelola risiko trading 

Target ketiga anda harus bisa mengelola risiko. Mengelola risiko ini sangat penting, karena pasar saham itu risikonya tinggi. Kalau anda nggak mampu mengelola risiko, jangan harap anda bisa bertahan di pasar saham. 

Cara satu2nya mengelola risiko yaitu anda harus punya pengetahuan trading. Pengetahuan trading itu adalah pahami analisa fundamental, analisa teknikal, memilih saham, dan tidak gegabah dalam trading (ingin untung cepat padahal masih minim pengetahuan).

Dalam mengelola risiko, target yang harus anda lakukan adalah meminimalkan cut loss. Kalau cut loss anda hari ini jauh lebih kecil dibandingkan setahun lalu saat pertama trading, maka target anda tercapai dan harus anda pertahankan, bahkan tingkatkan. 

Tapi kalau anda selalu banyak cut loss dalam setiap trading, maka anda harus evaluasi kembali trading anda. Dan inilah yang menjadi PR anda, yaitu target untuk mengelola risiko. 

Kesimpulannya, target utama trader saham bukanlah profit. Namun anda harus bisa melakukan tiga hal diatas itu tadi. Profit adalah hasilnya. Kalau anda bisa melakukan target2 diatas, maka profit yang anda dapatkan akan mengikuti. 

Untuk mencapai target2 trading, maka anda harus punya bekal pengetahuan trading, yaitu analisa teknikal, analisa fundamental dan kemampuan untuk memilah saham (screening) untuk trading. 
Modal utama anda dalam trading adalah PENGETAHUAN. Pengetahuan trading adalah analisa teknikal, fundamental dan praktik (pengalaman) yang anda jalankan sendiri. 
Proses2 inilah yang nantinya akan membawa anda pada PROFIT yang maksimal. Jadi sebelum anda bicara profit, anda harus melakukannya dengan langkah yang benar terlebih dahulu. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.