Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Sukses dari Saham untuk Orang Sibuk

Beberapa waktu lalu, di email suksesbelajarsaham@gmail.com, saya pernah mendapatkan pertanyaan dari trader yang sedang memulai trading saham Berikut pertanyaannya: 

"Pak Heze, saya sekarang masih kerja kantoran full time. Waktu saya untuk memantau market juga terbatas. Apakah bisa tetap sukses di saham, dapat profit besar di saham melebihi gaji saya yang sekarang?" 

Tentu saja bisa. Tetapi untuk orang-orang sibuk yang punya pekerjaan utama selain saham, anda harus memiliki strategi2 yang benar, agar anda bisa sukses dari saham. Baik dari segi pemilihan saham, waktu analisa, dan time frame. 

Nah untuk anda yang saat ini mengalami hal yang sama, anda yang benar2 sibuk dan punya mobilitas pekerjaan yang tinggi, ada beberapa praktik trading yang bisa anda terapkan agar anda sukses dari saham: 

1. Perpanjang time frame trading 

Buat anda yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, saya menyarankan anda untuk memperpanjang time frame trading. Anda bisa menerapkan strategi buy and hold selama minimal 1 minggu sampai 1 bulan.

Dengan kata lain, anda bisa terapkan strategi SWING TRADING, di mana anda memilih saham2 yang tren-nya bagus. Jadi selama anda hold saham, profit yang anda dapatkan akan lebih konsisten dan stabil, sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda. 

Strategi swing trading dan cara-cara memilih (screening) saham yang bagus untuk trading, bisa anda praktikkan strategi2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus (365 halaman). 

Hal ini karena untuk trader yang sibuk, kemungkinan besar anda tidak memiliki banyak waktu untuk memantau saham, sehingga memilih saham yang tepat  untuk disimpan lebih lama dan punya potensi naik, akan lebih efektif diterapkan dalam trading. 

2. Pilih saham2 yang risikonya kecil 

Saya banyak menemukan trader2 yang sibuk (punya pekerjaan2 lain), tetapi mereka justru memilih saham2 yang gorengan karena ikut rekomendasi2 di grup. Akhirnya karena trader tidak punya waktu untuk memantau saham2 gorengan, banyak trader yang nyangkut di saham2 ini. 

Saran saya, untuk anda yang super sibuk, pilih saham2 yang risikonya kecil untuk trading. Pilih saham2 yang trennya bagus (baca poin pertama) dan punya pergerakan harga yang lebih stabil. 

Agar secara psikologis anda lebih tenang, dan dalam jangka mingguan - bulanan anda punya kesempatan untuk realisasi profit. Sedangkan kalau anda memilih saham2 yang risikonya tinggi, pergerakan saham2 ini tidak menentu. 

Banyak saham gorengan yang dalam waktu mingguan - bulanan harganya sudah anjlok dan harganya tidak diangkat lagi. 

3. Analisa dan riset yang benar sebelum trading  

Meskipun anda adalah orang sibuk, bukan berarti anda tidak perlu menganalisa dan mudah percaya dengan kata orang, kata "pakar". Saran saya, jangan mudah percaya dengan rekomendasi di grup saham. Jangan mudah percaya dengan rekomendasi saham gorengan. 

Setiap keputusan trading, sesibuk apapun anda, anda harus melakukannya dengan analisis dan riset. Tentukan saham apa yang bagus untuk trading. Perhatikan titik support-resistennya, perhatikan pola2 grafiknya. Pelajari juga analisa teknikal untuk memilih saham disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Anda boleh saja menjadikan rekomendasi saham sebagai referensi trading anda. Tetapi anda harus tetap melakukan analisa secara otodidak. 

4. Luangkan waktu yang tepat untuk analisis saham

Jika anda termasuk orang yang sibuk, luangkan waktu yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Jangan sampai pekerjaan utama anda tergganggu karena anda menghabiskan waktu untuk analisa. Hal ini juga akan membuat anda tidak fokus nantinya. 

Waktu analisa saham yang tepat untuk pekerja kantoran atau untuk rekan2 yang punya kesibukan lain selain trading, anda bisa baca tulisan saya disini: Cara Analisa Saham untuk Pekerja Kantoran dan Main Saham untuk Pekerja Kantoran. 

Dengan strategi, time frame, dan analisa saham yang tepat, anda yang berprofesi sebagai part time trader pun memiliki peluang untuk sukses di saham (profit).

Catatan penting lain dari saya, kalau anda ingin sukses dari saham, anda harus melakukannya secara bertahap, dan pasanglah target2 yang realistis dalam trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.