Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Trading Saham Online

Untuk anda yang ingin belajar saham dan bisa memulai beli dan jual saham, perdagangan saham sekarang bisa dilakukan jauh lebih mudah, yaitu melalui sistem online trading. Bagaimana maksudnya sistem online trading? 

Jadi agar anda bisa untuk beli-jual saham, pertama-tama anda harus membuka akun di kantor sekuritas terlebih dahulu. Cara membuka akun di kantor sekuritas, baik secara online maupun offline (datang langsung ke sekuritas), saya jelaskan lengkap disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.

Anda bisa download free ebooknya, dan anda baca langkah2 membuka akun di kantor sekuritas, termasuk beberapa sekuritas rekomendasi yang bagus. 

Nah setelah anda membuka akun di kantor sekuritas, anda akan mendapatkan username dan password untuk trading. Anda harus download software trading saham. Anda bisa download melalui situs resmi sekuritas. Disitulah nanti anda bisa memasukkan username & password. 

Di software trading itulah nanti anda bisa melakukan aktivitas beli dan jual saham secara online. Berikut adalah contoh tampilan software online trading selama live trade: 

Saham Online
Sistem perdagangan online trading (melalui software masing2 sekuritas), semuanya terkoneksi dalam satu sistem di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau dikenal dengan Jakarta Automatic Trading System (JATS).

Sistem BEI inilah yang menghubungkan perdagangan (pasar) saham, sehingga setiap trader yang punya rekening efek bisa trading (sehingga harga saham bisa terus bergerak karena saham terus ditradingkan), dan mengatur sistem perdagangan saham. 

Memang dengan sistem online seperti itu, kita tidak bisa mengetahui kita membeli dan menjual saham pada siapa, karena dalam trading online, kita tidak tatap muka secara langsung dengan orang2 yang trading. Mirip seperti anda dagang / bisnis online. 

Katakanlah anda ingin membeli kaos secara online. Anda tidak akan bertemu langsung dengan penjual, demikian sebaliknya. Tetapi anda bisa deal dengan penjual, apabila anda sudah menyelesaikan proses transaksi. Kurang lebih seperti itu.

Kalau diibaratkan, pasar saham atau yang bisa anda lihat melalui software online trading itu ibarat mall. Sedangkan saham-saham yang ada di dalam pasar saham, ibarat stan-stan yang ada di dalam mall. 

Anda bebas untuk masuk ke mall (pasar saham) dan berkunjung ke stan-stan (saham) tersebut, dan memilih satu atau beberapa stan (saham) yang menurut anda cocok untuk anda beli. 

Sedangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) itu ibarat pengelola (manajemen) mall tersebut, yang memastikan bahwa perdagangan yang ada di dalam mall berjalan sesuai mekanisme yang berlaku, dan manajemen mall juga bertugas untuk menentukan jam buka-tutup mall. 

Berikut anda bisa lihat ilustrasi pasar saham: 

Trading saham online
Seperti itulah pasar saham kita. Pasar saham bisa diilustrasikan sama seperti mall. Bedanya, kalau anda belanja di mall, anda melakukan secara offline, sedangkan di pasar saham, anda melakukannya secara online. 

Kalau di mall, stan-stan akan menjual makanan, minuman dan lain2. Sedangkan di pasar saham, yang diperdagangkan adalah saham2 yang go public. Jadi aktivitas2 dalam trading saham yaitu:

1. Beli-jual (trading) saham secara online 
2. Melihat antrian harga saham
3. Menganalisis saham
4. Menyimpan saham

Semuanya dilakukan melalui sistem online trading, yaitu melalui software trading yang sudah anda download dan login setelah anda membuka akun di sekuritas dan setor modal. Baca juga: Belajar Saham Pemula - Bisa. 

Buat anda yang masih bingung dengan bagaimana cara melakukan beli-jual saham, maka seperti itulah langkah2nya (dimulai dari buka rekening saham di kantor sekuritas). Dan setelah itu, anda bisa setor modal, dan mulailah beli-jual saham melalui software online trading anda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.