Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi & Cara Membeli Saham untuk Pemula

Ketika akan menjalankan trading Pemula terkadang memiliki beberapa kendala trading sebagai berikut:

- Saham apa yang harus dipilih
- Saham apa yang cocok untuk saya 
- Berapa modal yang harus dipakai 

Kendala2 trading ini bisa menjadi berbahaya apabila trader pemula tidak mengerti solusi trading yang benar. Maka dari itu, di pos ini saya akan berbagi sedikit banyak pengalaman tentang cara membeli saham untuk trader pemula. 

Untuk anda yang baru memulai trading saham, anda bisa menerapkan tiga strategi dan cara membeli saham untuk pemula:

1. Gunakan dan utamakan analisa teknikal yang mudah & sering dipakai 

Untuk pemula, anda tidak perlu muluk-muluk mempelajari analisa teknikal yang rumit. Untuk pemula anda harus fokus dulu ke analisa teknikal yang mudah dipraktikkan (pergerakan bandar juga dapat dibaca dari analisa teknikal). 

Di pos ini: 5 Indikator Teknikal Saham yang Sering Digunakan Trader, anda bisa menjadikan referensi indikator yang bisa anda pakai untuk pemula. 

Anda bisa baca juga beberapa kombinasi analisa teknikal yang applicable untuk pemula: Kombinasi Indikator Saham yang Ideal, sehingga selama trading beberapa bulan, setidaknya anda sudah memiliki arah analisa apa yang mau anda gunakan. 

Pelajari juga praktik2 analisa teknikal dan strategi mencari saham2 yang bagus secara teknikal disini: Buku Saham Pemula - Expert.

2. Pilih saham-saham yang cocok untuk pemula 

Anda yang baru trading, anda bisa memilih saham2 yang pergerakannya friendly, dalam arti risikonya lebih kecil dan naik-turunnya cenderung stabil. Apa contohnya?  

Misalnya saham2 LQ45 atau saham2 blue chip. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kerugian. Target pemula adalah mempelajari analisa teknikal sebanyak mungkin dan meminimalkan kerugian. Hal ini bisa dilakukan, salah satunya dengan memilih saham2 yang friendly untuk pemula itu tadi.  

Cara-cara screening saham bagus yang layak trading, juga saya bahas praktik2 dan strateginya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

3. Pakai modal sekecil mungkin 

Pertanyaan tentang berapa modal yang sebaiknya digunakan oleh pemula ini sering sekali saya temukan. Anda yang pemula, saya sarankan untuk menggunakan modal sekecil mungkin, yaitu antara Rp1-3 juta. 

Jangan pernah nekad memakai modal besar, meskipun anda memiliki modal menganggur katakanlah Rp100 juta, karena anda masih belum memiliki pengalaman trading dan psikologis yang cukup matang, sehingga rugi dengan modal besar akan sangat tinggi untuk pemula.

Anda bisa baca-baca pengalaman yang saya sharing tentang modal awal yang saya gunakan / pakai untuk trading saham saat saya pertama kali trading. Baca disini: Berapa Modal Awal Trading Saya? 

Jadi untuk anda pemula pahami dan praktikkan tiga konsep penting trading ini: 
Cara Membeli Saham untuk Pemula

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.