Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari IHSG di Yahoo Finance

El Heze
Untuk anda yang ingin mencari data IHSG, terutama data historisnya (untuk kepentingan analisa saham pribadi), ada banyak situs yang menyediakan data IHSG, salah satunya adalah Yahoo Finance. 

Yahoo Finance menyediakan data IHSG yang cukup lengkap, yang bisa anda lihat OHLC-nya per hari selama jangka waktub tertentu (anda bisa setting tanggal yang anda inginkan), sehingga anda bisa menggunakan pergerakan / data IHSG untuk analisa yang lebih komplit.  

Berikut adalah langkah-langkah dan panduan cara mencari IHSG di Yahoo Finance

1. Buka situs finance.yahoo.com

2. Pada menu search, ketikkan simbol: ^JKSE, seperti tampilan dibawah ini: 

IHSG Yahoo Finance
Perhatikan yang saya beri tanda persegi hijau diatas, saat anda ketikkan ^JKSE, makan muncul dua simbol. Anda bisa pilih salah satu (sama saja). Nantinya akan muncul data-data IHSG. 

JKSE sendiri adalah singkatan dari Jakarta Composite Index. Yap, dalam Bahasa Indonesia kurang lebih maksudnya adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Jadi kalau di Yahoo Finance anda ketikkan 'IHSG', maka anda tidak akan menemukan menu IHSG. 

Kalau mau cari IHSG di Yahoo Finance, anda harus ketikkan: ^JKSE

3. Lalu tampilan IHSG di Yahoo Finance adalah seperti dibawah ini:

Cara mencari IHSG di Yahoo Finance
Kemudian muncullah data IHSG di Yahoo Finance. Anda bisa melihat posisi IHSG di hari itu (lihat tanda persegi kuning). Anda bisa juga melihat summart IHSG (harga open dan previous close) serta menu Chart, yaitu grafik untuk melihat IHSG. 

Nah kalau anda mau melihat data historis IHSG, yaitu data OHLC-nya selama misalnya 6 bulan berturut-turut, anda bisa masuk ke menu 'Historical Data' (lihat tanda persegi hijau). Tampilannya sebagai berikut: 

Data IHSG
Itulah data OHLC IHSG yang muncul per tanggal. Anda bisa setting Time Period sesuai yang anda inginkan, anda bisa tampilkan data historis (frequency) daily atau weekly sesuai kebutuhan anda.

CARA CEPAT MENCARI IHSG YAHOO FINANCE 

Ada lagi cara cepat untuk mencari IHSG di Yahoo Finance. Anda cukup buka Mbah Google, lalu ketikkan JKSE. Then, akan muncul IHSG pada situs Yahoo Finance di page pertama.  Lalu anda klik dan akan langsung masuk pada Yahoo Finance.. Tampilannya seperti dibawah ini:

Itulah cara mencari IHSG di Yahoo Finance.

2 komentar:

  1. itu harganya dalam bentuk jutaan atau bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, sudah dalam angka penuh

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.