Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Harga Saham Tahunan

El Heze
Bagaimana cara mencari harga saham tahunan? Saya sering mendapat pertanyaan tersebut. Banyak rekan-rekan yang bingung cara mencari harga saham tahunan, apakah harus menggunakan data per 31 Desember (sedangkan 31 Desember adalah hari libur Bursa)?

Apakah harus menggunakan data closing price atau pakai harga lain? Harga saham akhir tahun ini acuannya per tanggal berapa? Maka dari itu, di pos ini saya akan menjelaskannya. 

Yang dimaksud harga saham tahunan adalah harga saham akhir tahun penutupan Bursa saham, yaitu pada akhir Bulan Desember. Berikut cara mencari harga saham tahunan melalui situs Yahoo Finance: 

MENCARI HARGA SAHAM TAHUNAN DI SITUS YAHOO FINANCE

1. Buka situs finance.yahoo.com

2. Kemudian cari data historis saham di Yahoo Finance

Langkah2nya bisa anda baca kembali di pos yang saya tuliskan disini: Cara Mencari Data Harga Saham Yahoo Finance.

3. Untuk mencari harga saham tahunan, anda bisa short data mulai tanggal 25-31 Desember. Berikut tampilannya:

Cara mencari harga saham tahunan
Katakanlah anda ingin mencari harga saham Bank BRI (BBRI) tahunan. Maka anda bisa cari data di Yahoo Finance tersebut per 25-31 Desember (tahunnya sesuaikan dengan kebutuhan anda). 

Setelah itu, anda bisa ambil harga closing yang per 28 Desember. Hal ini karena tanggal 31 Desember adalah hari libur Bursa saham, sehingga harga saham tahunan adalah tanggal 28 Desember (Atau kalau tanggal 29 dan 30 Desember adalah hari Senin-Jumat, maka anda bisa ambil harga tahunannya tanggal 29 atau 30 Desember). 

Di Yahoo Finance, harga saham closing per 31 Desember akan tetap muncul, tetapi harga closingnya akan sama dengan hari sebelumnya. 

Itulah cara mencari harga saham tahunan. Anda bisa mempraktikkan untuk mencari saham2 yang lain. Demikian juga kalau anda ingin mencari IHSG akhir tahun / tahunan, maka caranya sama seperti diatas tadi. Baca juga: Cara Mencari IHSG di Yahoo Finance. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.