Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Saham untuk Pemula

Untuk anda para pemula di dunia trading saham, anda memiliki tantangan tersendiri ketika akan memutuskan untuk membeli saham. Anda harus bisa memilih saham yang setidaknya saham tersebut memiliki potensi rugi yang kecil. 

Tapi masalahnya, banyak pemula yang masih belum mengetahui saham apa yang harus dipilih untuk trading. Saham apa yang layak ditradingkan. Saham apa yang harus dibeli dulu dari sekian banyak saham yang ada. Baca juga: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

Saya pribadi sering menerima pertanyaan dari trader tentang bagaimana cara memilih saham untuk yang baru pertama trading. Maka dari itu, ada beberapa tips dari saya, khususnya anda trader pemula, agar anda bisa memilih saham-saham untuk trading. Berikut adalah tips2 cara memilih saham untuk pemula: 

1. Pilih saham yang bisa dianalisa menggunakan grafik 

Untuk seorang pemula, saya menyarankan anda untuk memilih saham2 yang bisa dianalisa menggunakan grafik. Dalam hal ini adalah saham2 lapis satu dan saham lapis dua. Sebisa mungkin, pemula hindari dahulu saham2 gorengan. 

Untuk memahami kriteria2 saham gorengan, anda bisa baca pos saya disini: Kenali Saham Gorengan di Indonesia. 

Hindari saham2 yang sulit analisa dan prediksi menggunakan analisa teknikal, dan jangan terlalu banyak trading di saham2 yang volatilitas (naik-turunnya) terlalu cepat, karena hal ini akan berisiko untuk pemula. Kalau anda ingin belajar saham2 gorengan, pakailah modal sekecil mungkin.

Untuk menemukan saham2 yang tepat untuk trading, anda juga harus melakukan SCREENING SAHAM. Screening saham bertujuan agar anda bisa menemukan dan membedakan saham yang bagus, dan membuang saham2 yang berisiko. 

Teknik2, strategi dan cara-cara memilih saham bagus untuk trading, baik untuk pemula sampai expert, anda bisa pelajari praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus.

Pemula maupun anda yang sudah trading beberapa tahun, screening saham sangat penting di dalam trading, karena dengan screening saham, anda bisa memiliki arah trading yang lebih baik melalui pemilihan saham yang lebih profitable. 

2. Pilih saham yang sering direkomendasikan di media online 

Cara lain memilih saham untuk pemula adalah: Pilihlah saham2 yang sering direkomendasikan oleh analis. Kalau anda sering2 baca rekomendasi saham entah di media online seperti Kontan, Bisnis, dan lain2. 

Hal ini karena saham2 yang direkomendasikan analis di media2 online merupakan saham2 yang pergerakannya cenderung baik secara analisis teknikal. 

Jadi saham2 ini bisa jadi referensi anda pemula, kalau anda benar2 nggak tahu harus melihat dan membeli saham apa saat jam trading.   

Tapi ingat, bukan berarti anda harus langsung membeli saham yang direkomendasikan. Anda tetap harus melakukan analisa saham secara mandiri / otodidak. Baca juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. 

Rekomendasi saham di media online "hanya" sebagai acuan anda trader pemula untuk menambah daftar stock pick, terutama untuk anda yang masih bingung mau pilih saham apa. Baca juga: Seberapa Akurat Rekomendasi Para Analis?  

Anda yang masih pemula dan bingung mau memilih saham buat trading, anda bisa lakukan dua cara tersebut. Yang terpenting dalam proses trading, anda harus selalu melakukan SCREENING SAHAM (langkah pertama), karena screening saham memegang peranan sangat penting sebagai 'kendali' trading anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.