Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Day Trading Saham: Strategi & Praktik

El Heze
Day trading atau trading cepat / trading harian merupakan salah satu strategi trading yang cukup banyak digunakan para trader jangka pendek. Harga saham bisa bergerak naik-turun dengan cepat karena adanya 'peran' dari day trader yang mengincar profit jangka pendek. 

Apakah anda juga termasuk salah satu day trader di pasar saham? 

Day trading sendiri cukup banyak memunculkan kontroversi di kalangan para pebisnis saham. Ada yang mengatakan: 

"Saham itu bisnis. Ngapain spekulasi main cepat. Harusnya yang bener itu yang investasi. bukan trading cepat" 

"Kalau bisa hold saham lebih lama, buat apa beli jual saham sehari" 

Strategi apapun yang anda gunakan, sebenarnya bisa menjadi lumbung profit, dan juga sebaliknya, bisa membuat anda rugi besar. Harus saya akui, banyaknya trader yang rugi besar di saham, bahkan sampai modalnya habis, tidak melihat strategi trading apa yang dipakai. 

Banyak trader rugi karena menerapkan swing trading. Banyak trader yang rugi karena menerapkan day trader. Bahkan banyak yang rugi karena menerapkan investasi jangka panjang. 

Dalam konteks day trading, untuk mendapatkan profit yang konsisten, maka anda harus menhilangkan sifat-sifat cara trading seperti ini: 
  • Menjadi trader yang serakah (greed), yaitu ingin terus profit besar dalam waktu singkat. 
  • Memilih saham yang terlalu volatil 
  • Memilih saham yang bisa naik turun 20% dalam waktu menitan 
  • Memilih saham yang tidak bisa dianalisa dengan analisa teknikal
  • Ingin trading setiap hari
  • Tidak melihat momentum / timing yang bagus

Inilah yang menyebabkan day trading anda menjadi gambling dan tidak terarah. Day trading dengan cara  seperti itu, membuat anda tidak bisa profit konsisten. Day trading yang benar dilakukan dengan cara: 
  • Memilih saham yang punya likuiditas bagus
  • Memilih saham yang mudah naik dalam jangka harian, namun stabil
  • Memperhatikan momentum trading yang benar
  • Tidak harus trading setiap hari
  • Menetapkan target take profit yang realistis, namun konsisten
  • Menghindari saham yang terlalu volatil untuk day trading

Strategi trading apapun itu, target anda adalah untuk meraih profit konsisten. Maka dalam day trading pun anda harus memilih saham yang bisa memberikan anda profit konsisten dan stabil, bukan sehari profit besar tapi besoknya rugi besar.  

Baca juga praktik-praktik memilih saham yang bagus untuk day trading, manajemen modal day trading, dan trading plan untuk day trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Bagi anda yang ingin menjalankan day trading saham, anda harus mulai meluruskan mindset2 dan cara trading yang salah tersebut. Mulailah untuk mencari saham-saham yang fluktuatifnya wajar, pergerakannya stabil dan bisa naik dalam jangka harian. Jangan lupa untuk perhatikan momentum yang tepat. Day trading pun nggak harus dilakukan setiap hari.

Satu hal lagi, day trading saham bisa juga dikombinasikan dengan strategi trading lain. Misalnya, anda punya modal trading Rp50 juta. Anda bisa membagi modal Rp25 juta untuk day trading dan sisanya anda gunakan untuk swing trading atau positioning trading. 

Hal juga saya praktikkan sendiri. Selain menerapkan intraday trading (day trading), saya juga menerapkan swing trading. Bahkan ada saham2 bagus yang saya tujukan untuk investasi. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading.

Intinya, day trading adalah strategi trading yang sangat efektif terutama buat anda yang ingin mengincar profit jangka pendek di saham. Namun jangan lupa untuk menerapkan strategi2, mindset dan psikologis trading yang benar. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.