Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Main Saham Tanpa Modal

Investasi dan trading saham merupakan salah satu sarana yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menghasilkan profit. Dengan membuka akun di sekuritas, anda membeli saham perusahaan go public, dan kemudian anda jual di harga yang lebih tinggi, maka anda akan mendapatkan profit. 

Terkait trading dan investasi saham ini, saya pernah mendapatkan pertanyaan dari seorang rekan yang ingin belajar saham. Berikut pertanyaannya:"Pak Heze, apakah bisa main saham di lakukan tanpa modal atau mungkin saya bisa ngutang sekuritas dulu buat beli saham?" 

Jika anda bertanya demikian, maka sama saja anda bertanya: "Bisakah saya mendapatkan barang2 kebutuhan sehari-hari tanpa mengeluarkan uang?"

Ya tentu saja tidak bisa. Tidak mungkin anda mendapatkan barang kebutuhan anda tanpa membelinya. Hal ini sama dengan saham. Tidak mungkin anda main saham tanpa membeli sahamnya terlebih dahulu. 

Dengan kata lain, kalau anda main saham, minimal anda harus punya modal terlebih dahulu (buat beli saham). Nah, setelah harga saham naik, anda bisa menjualnya diatas harga beli anda, sehingga anda mendapatkan untung / profit alias capital gain. 

"Wah tapi saya cuma punya modal kecil Pak Heze, berarti nggak bisa beli saham ya?" Tanya anda.

Tenang. Beli saham tidak perlu dilakukan dengan modal besar. Trading / investasi saham tidak hanya untuk orang berduit. Dengan modal minimal Rp500 ribu, atau Rp1 juta anda sudah bisa membeli saham. 

Saya pernah menuliskan pos-pos di Saham Gain tentang modal saham. Anda bisa baca-baca lagi disini: Cara Main Saham dengan Modal Kecil dan Modal untuk Trading Saham, Berapa Besar? 

Jadi anda nggak perlu menunggu modal anda terkumpul Rp100 juta baru anda bisa beli saham. Tidak begitu. Cukup dengan modal awal yang relatif kecil yaitu Rp1 juta, anda sudah bisa membeli saham. Dan sekarang sudah banyak sekuritas yang memberikan syarat deposit awal minimal yang kecil. Anda bisa lihat referensinya disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.

Sedangkan terkait "ngutang ke sekuritas" untuk beli saham, tentu ada prosedurnya. Anda harus punya modal dahulu, dan kemudian anda bisa menggunakan fasilitas utang ke sekuritas alias margin trading. 

Tetapi margin trading tidak saya sarankan untuk anda lakukan, baik anda yang masih pemula maupun anda yang sudah pengalaman. Saya pernah menuliskannya disini: Margin Trading Saham: Profit Besar, Rugi Juga Besar.

Jika anda ingin mencoba trading saham tanpa modal, anda bisa melakukan virtual / demo trading, di mana anda membeli saham tanpa menggunakan duit beneran alias virtual.  

Tapi virtual trading ini tujuannya adalah untuk latihan saja, terutama buat anda yang masih awam atau pemula, dan anda belum yakin untuk trading dengan modal beneran, anda bisa mencoba virtual trading terlebih dahulu. Baca juga: Cara Trading dengan Demo (Virtual) Trading Saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.