Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara dan Tips Trading Saham untuk Pemula

Bagaimana cara memilih trading saham buat pemula? Bagaimana caranya supaya pemula bisa dapat untung di saham? Saya sudah buka rekening saham tapi bingung caranya trading. Bagaimana tips2 trading buat pemula? 

Pertanyaan2 tersebut sering sekali saya terima dari rekan-rekan trader pemula. Semua trader, baik trader pemula maupun expert pasti berorientasi pada profit. Anda dan saya ingin dapat untung, dapat cuan, dapat duit dari saham. 

Tapi jangan sampai anda salah dalam melangkah. Jika anda tidak memulai trading dengan cara yang benar, hal ini bisa berdampak pada trading2 anda selanjutnya. Maka dari itu, kalau anda masih pemula, anda harus memulai tips trading (baik langkah awal hingga memilih saham, analisa teknikal yang tepat).

Karena saya sudah menjalankan / melalui tahapan trader pemula, di pos ini saya akan berbagi sedikit banyak tips trading saham untuk pemula:

1. Langkah pertama main saham 

Sebelum anda berbicara tentang memilih saham, dapat profit, anda harus pahami dulu langkah pertama main saham, yaitu anda harus memahami mekanisme perdagangan di saham, terutama antrian bid-offer, cara memasang order harga beli-jual.

Banyak trader pemula yang belum paham sama sekali tentang software dan mekanisme trading saham, tapi nekad langsung nyemplung di saham. Hasilnya, trader salah memasang harga, dan akhirnya justru berdampak pada portofolio trader.

So, step pertama anda harus paham dulu mekanisme perdagangan saham, terutama pelajari apa itu bid-offer, karena hal ini akan anda gunakan sebagai dasar untuk memasang harga beli jual dan bahkan bisa digunakan untuk analisa saham juga nantinya. 

2. Memilih Saham untuk pemula

Hal paling krusial untuk pemula adalah MEMILIH SAHAM. Pemilihan saham yang salah akan berdampak besar pada portofolio anda. Masalahnya, kalau anda pemula, bagaimana cara anda memilih saham yang begitu banyak? 

Apalagi mayoritas saham di BEI tidak likuid. Maka dari itu, untuk pemula, anda saya sarankan untuk memilih saham2 yang masuk di saham LQ45 terlebih dahulu. Hal ini karena saham2 LQ45 merupakan saham2 yang paling likuid dan punya grafik yang lebih mudah dianalisa. 

Supaya pemilihan saham untuk pemula tidak melenceng terlalu jauh, untuk tahapan awal anda bisa menyempitkan target saham terlebih dahulu. Dalam perjalanan trading, anda bisa mulai coba analisa, watchlist saham2 yang diluar LQ45.

Disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus, saya juga sudah memaparkan praktik2 dan strategi memilih saham untuk pemula, dan pola2 analisa yang bagus untuk diterapkan dalam trading. 

3. Analisis teknikal untuk pemula

Memilih saham harus dibarengi dengan analisa teknikal yang benar. Analisa teknikal yang bisa anda terapkan untuk pemula adalah:
  • Satu analisa indikator leading (SO atau RSI)
  • Satu indikator lagging (MA, MACD, atau bollinger bands)
  • Menentukan support resisten dan garis tren 
Karena analisa2 tersebut, adalah analisa teknikal paling basic yang perlu anda kuasai terlebih dahulu. Anda bisa baca-baca pos saya lagi disini terkait memilih analisa teknikal saham: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

4. Modal trading untuk pemula 

Untuk pemula, mulailah trading dengan modal yang kecil, yaitu antara Rp1-2 juta. Dan anda bisa memilih saham2 yang bagus, yang harganya murah. Baca juga: Daftar Saham Bagus Harga Murah. 

Kemudian anda bertanya: "Pak Heze, kalau modalnya cuma Rp1-2 juta, profitnya kan nggak bisa gede. Kalau saya punya uang Rp50 juta, apa bisa saya tradingkan di saham saja?"

Nah ini dia... Banyak orang yang maunya langsung untung, langsung profit. Banyak trader yang pingin pakai modal besar buat trading supaya profitnya terasa. Padahal, trader belum memahami analisa teknikal dan seluk beluk market. 

Kalau anda masih pemula, jangan berpikir dahulu untuk profit besar. Tapi mulailah BELAJAR. Dengan memahami analisa2 saham secara bertahap, nantinya anda akan bisa mendapatkan profit, dan menambah modal secara perlahan. 

Intinya, menambah modal tidak perlu dipaksakan. Seiring berjalannya waktu, modal anda pasti akan bertambah, asalkan anda memulai dengan step-step yang benar itu tadi, dan tidak tergiur dengan profit instan. 

Trading dengan modal sekecil mungkin juga akan berpengaruh terhadap ketenangan psikologis anda. Untuk pemula, ketenangan psikologis ini adalah hal yang penting. Jangan sampai anda belum tahu cara memilih saham tapi anda nekad memasukkan modal ratusan juta.

Itulah tips2 trading saham buat pemula... Kesimpulannya, sebagai pemula anda harus memulai step2 yang benar. Step2 utama yang harus anda pelajari adalah memilih saham, menggunakan analisa teknikal, dan memanajemen modal anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.