Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Saham Bagus Harga Murah

El Heze
Di pos ini: Modal untuk Trading Saham, Berapa Besar? Saya pernah menuliskan bahwa untuk trading saham, ada baiknya anda menunggu modal anda Rp1-2 juta. Agar anda bisa memiliki PILIHAN SAHAM yang lebih bagus dan layak untuk trading. 

Saya sering mendapat pertanyaan dari rekan2 trader yang memiliki modal kecil untuk tradin, tentang saham2 bagus apa saja yang harganya murah. Sebenarnya saham murah itu sangat relatif.

Kalau modal anda katakanlah Rp200 juta, maka saham yang harganya diatas Rp5.000 pun mungkin akan terasa murah untuk anda. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tips pada anda untuk mencari saham2 murah yang bagus yang bisa anda beli dengan modal Rp1 juta. 

Berhubung jumlah saham di BEI itu jumlahnya sangat banyak, maka agar anda bisa mencari daftar saham bagus yang harganya murah (bisa anda beli dengan modal Rp1 juta), anda bisa mengacu pada indeks LQ45. 

Kenapa LQ45? Karena saham2 LQ45 adalah saham2 yang paling likuid yang ditradingkan di pasar saham kita. 

Dari saham2 LQ45, anda bisa pilih saham2 yang harganya berada di bawah Rp4.000. Saham2 yang harganya dibawah Rp4.000 adalah kriteria saham yang dapat saya katakan murah, karena anda bisa membeli saham tersebut dengan modal minimal Rp1 juta.

Saham bagus yang harganya murah bukan berarti adalah saham2 yang harganya Rp60, Rp70 atau Rp100 di Bursa Efek yang rata2 pergerakannya tidak likuid, dan hal ini berpotensi membuat porto saham anda menjadi kacau, jadi tidak saya sarankan untuk anda.  

Sebagai ilustrasi, anda bisa perhatikan rincian trading saham dengan saham2 yang harganya dibawah Rp4.000 dengan modal Rp1 juta: 

Beli saham bagus harga murah
Pada tabel diatas, bisa anda lihat bahwa kalau anda beli saham yang harganya 3.800, anda sudah bisa beli 1-2 lot (sudh ditambah fee beli, saya asumsikan fee beli adalah 0,17%). Dan seterusnya semakin murah saham, otomatis anda bisa membeli dengan jumlah yang lebih banyak. 

Hanya memang kalau anda beli saham yang harganya 3.000-an, anda mungkin agak sulit melakukan diversifikasi saham bagi anda yang modalnya Masih Rp1 jutaan. Maka, kalau anda merasa harga 3.000-an masih terlalu mahal karena modal anda kecil, anda bisa cari saham2 yang harganya dibawah itu. 

Misalnya, anda cari saham2 yang harganya dibawah Rp3.000 atau dibawah Rp2.000 untuk diversifikasi. Dengan modal Rp1 juta, anda memang hanya bisa beli beberapa lot saja. Pada ilustrasi tabel diatas, anda bisa lihat bahwa anda hanya bisa beli beberapa lot saham saja. 

Dan semakin anda melakukan diverifikasi saham, jumlah lot yang bisa anda beli semakin sedikit. Tapi itu tidak masalah, karena anda yang masih pemula, anda saya sarankan untuk banyak belajar. 

Itu artinya, jauh lebih baik anda beli saham sesedikit mungkin, agar anda belajar step by step untuk mengelola risiko trading, dan mempelajari analisa teknikal. Nanti kalau anda sudah lebih siap, barulah anda bisa menambah modal trading.  

Untuk mencari saham apa yang bagus, anda juga perlu melakukan screening saham, agar anda bisa mengetahui momentum2 trading yang lebih tepat. Jangan asal membeli saham dengan harga murah, tapi momentumnya tidak tepat. 

Selain itu, saham2 murah yang bagus tidak hanya saham2 LQ45. Maka, anda perlu memilah saham dengan benar, agar anda bisa menemukan daftar saham2 yang harganya murah (dibawah 2.000) untuk trading. Baca juga: Panduan Menemukan Saham Bagus. 

Tips kedua dari saya, anda hendaknya jangan terpengaruh dengan saham2 yang baru IPO di Bursa. Memang mayoritas saham2 yang baru IPO memiliki harga yang murah dibawah 1.000. Tetapi pergerakan saham2 yang baru IPO ini cukup 'liar', sehingga kalau anda memang benar2 mau mentradingkannya, tunggulah pergerakan sahamnya mulai 'dingin'. 

Itulah tips-tips mencari saham yang harganya murah untuk anda yang punya modal kecil. Di pos ini, memang saya sengaja tidak memberikan daftar secara spesifik saham2 apa yang harganya dibawah Rp1.000 misalnya, karena harga saham terus berubah. 

Sehingga, yang perlu anda lakukan adalah anda harus bisa mencari sendiri saham2 tersebut, dan menyesuaikan dengan kebutuhan trading anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.