Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Beli Saham di IDX - Panduan Lengkap

Anda yang ingin memulai belajar saham, anda pasti sering mendengar istilah Bursa Efek Indonesia (BEI) atau dalam Bahasa Inggrisnya Indonesia Stock Exchange (IDX). IDX ini merupakan tempat di mana para perusahaan / emiten mendaftarkan perusahaannya untuk go public atau listing di Bursa Efek. 

Jadi ketika perusahaan sudah mendaftarkan sahamnya di IDX, maka itu artinya perusahaan akan menerbitkan saham yang siap untuk diperdagangkan oleh masyarakat. Dengan kata lain, anda juga punya kesempatan untuk membeli saham perusahaan go public tersebut, karena perusahaan tersebut statusnya sudah akan berubah menjadi perusahaan 'terbuka' (tbk).

Pertanyaannya: Bagaimana cara membeli saham di IDX? Apakah bisa membeli melalui bank? Berapa modal minimal buat beli saham? 

Ada langkah2 atau tahapan2 agar anda bisa mulai membeli saham. Berikut adalah langkah-langkah cara beli saham di IDX:  

1. Membuka akun di kantor sekuritas 

Membeli saham-saham yang terdaftar di IDX harus dilakukan melalui software online trading. Itu artinya, anda harus membuka akun terlebih dahulu di kantor sekuritas. Membeli saham tidak bisa dilakukan di bank. Anda bisa baca tulisan saya disini: Cara Menabung Saham di Bank.  

Membuka akun di kantor sekuritas, bisa dilakukan secara offline (anda datang di kantor terdekat) maupun secara online (anda membuka akun melalui situs resmi sekuritas). Di pos ini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta, saya juga sudah memberikan beberapa referensi kantor sekuritas yang bagus, yang deposit awalnya kecil. 

Kalau anda ingin tahu langkah2 membuka akun di kantor sekuritas, anda bisa download ebook gratis yang saya terbitkan disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.   

Setelah langkah2 membuka akun di sekuritas selesai, anda akan mendapatkan username dan password untuk login di software trading anda. 

Untuk mendapatkan software trading, anda bisa download software online trading di situs resmi sekuritas tempat anda mendaftar akun. Setiap situs sekuritas resmi, pasti menyediakan software trading untuk anda download. 

2. Setor modal / deposit modal

Setelah buka rekening saham di kantor sekuritas (baca lagi langkah2nya di ebook gratis yang saya terbitkan diatas), anda harus setor modal ke rekening saham anda, melalui rekening ATM. 

Ketika anda suntik modal dari ATM ke rekening saham, uang anda akan masuk dalam waktu paling lama 1x24 jam. Setelah itu uang yang anda setor, bisa anda gunakan untuk beli saham.

Jadi ketika anda membuka akun, anda akan diwajibkan untuk mengisi nomor rekening ATM anda. Tujuannya adalah untuk setor modal (deposit) supaya nantinya anda bisa membeli saham, dan juga untuk tarik keuntungan (withdraw) dari rekening saham ke rekening ATM. Baca juga: Cara Mencairkan (Tarik Profit) Keuntungan Saham.

3. Membeli saham 

Jika anda sudah buka akun saham, anda sudah setor modal, anda bisa mulai beli saham. Berikut adalah contoh tampilan software online trading: 


Software online trading saham
Di software online trading inilah, anda baru bisa membeli dan menjual saham. Nah untuk bisa membeli saham, anda harus memahami mekanisme perdagangan saham. 

Yup, karena membeli saham tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada mekanisme harga saham yang terbentuk (bid-offer) yang harus anda pahami, sehingga anda tidak salah memasang antrian harga beli. Baca juga: Belajar Saham - Memahami Mekanisme Perdagangan Saham. 

4. Melakukan analisa saham dan mempelajari mekanisma perdagangan saham

Membeli saham harus dilakukan dengan analisa yang benar. Karena tujuan anda beli saham adalah supaya bisa jual untung, maka anda harus mencari saham2 yang bisa naik diatas harga beli, setelah anda membeli sahamnya.

Disini: Buku Saham, saya sudah menjelaskan dengan lengkap strategi2 membeli saham yang bagus yang bisa naik dalam jangka pendek. 

Itulah langkah2 cara membeli saham di IDX. Caranya tidak sulit, simpel. Dan membuka rekening saham tidak harus datang ke kantor sekuritas, anda bisa buka akun secara online (dengan mengisi formulir online). 

Untuk anda yang punya keinginan belajar saham, anda bisa memulai step-step seperti yang saya jelaskan diatas.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.