Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Cepat: Intraday Trading Saham

El Heze
Strategi trading cepat, atau biasa disebut trading harian (dalam istilah tradingnya adalah INTRADAY TRADING) adalah strategi trading yang cukup efektif menghasilkan profit untuk time frame harian sampai tiga hari. 

Intraday trading ini adalah trading harian (jangka pendek) yang mengkombinasikan momentum yang tepat, pemilihan saham yang baik (likuid, fluktuatifnya bagus), indikator yang simpel dan analisa tape reading (bid offer) untuk melihat saham2 yang berpotensi naik dalam jangka harian.

Strategi2, praktik dan saham2 yang bagus untuk intraday trading (disertai saham2 yang sudah saya tradingkan sendiri), saya tulis lengkap praktiknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Hal ini berbeda dengan strategi trading menitan, yang cenderung lebih berisiko. Nah, pada intraday trading, time frame anda juga jangka pendek, tetapi tidak harus menitan (misalnya anda bisa beli saham pagi hari jual sore hari, atau jual keesokan hari). Dan anda memilih saham2 yang pergerakannya lebih smooth, namun mudah naik. 

Tentu saja kalau anda mau melakukan intraday trading, intraday trading harus sesuai dengan tipikal anda. Berikut adalah tipikal-tipikal trader yang cocok untuk melakukan strategi trading cepat (intraday trading): 

1. Anda yang punya tipikal trader jangka pendek 

Kalau anda adalah trader yang memang punya time frame trading jangka pendek (harian), anda merasa cocok dengan trading harian, maka anda bisa mencoba strategi intraday trading. 

Sebaliknya, kalau anda lebih suka membeli dan membiarkan saham naik beberapa minggu atau beberapa bulan, maka ada baiknya anda melakukan strategi trading yang lain, misalnya swing trading. Swing pernah saya bahas juga disini: Praktik Strategi Swing Trading Saham.    
2. Anda ingin 'memutar' modal anda lebih cepat

Intradau trading cocok untuk anda yang ingin bisa mendayagunakan modal anda lebih sering buat trading. Karena dengan intraday, anda bisa membeli dan menjual saham dengan range waktu lebih cepat, sehingga modal anda akan terus 'berputar' untuk trading. 

Tetapi di dalam trading, anda juga bisa melakukan kombinasi trading. Misalnya, anda bisa menggunakan sebagian modal anda untuk trading harian. Sebagian lagi untuk swing trading atau mungkin buat investasi. Tidak masalah. Baca juga: Kombinasi Trading Cepat & Swing Trading. 

3. Anda ingin mendapat profit dalam jangka yang lebih pendek

Di pasar saham ada banyak sekali time frame untuk strategi trading. Mulai dari swing trading, positioning trading, hingga investor (jangka panjang). Intraday trading ini cocok untuk anda yang secara khusus punya keinginan, niat yang kuat untuk bisa dapat profit di saham dalam jangka pendek. 

Jangan sampai salah menerapkan strategi trading. Banyak trader yang ingin menjadi investor, tapi ketika saham naik sehari-dua hari langsung dijual. Ini artinya sebenarnya anda bukan tipikal investor, tapi anda adalah tipikal trader jangka pendek.   

4. Anda tidak suka hold saham terlalu lama

Intraday trading juga cocok untuk anda yang tidak suka hold saham dalam jangka waktu yang lama. Dalam arti, anda yang lebih senang memanfaatkan momentum jangka pendek buat trading, maka intraday trading merupakan strategi yang pas untuk anda. 

Jadi, apakah anda termasuk dalam tipikal-tipikal tersebut? Kalau ya, jangan ragu untuk mempelajari strategi2 trading harian yang benar.

Tapi kalau bukan, anda harus mempelajari dan mempraktikkan strategi trading yang lain atau investasi saham, yang punya time frame lebih panjang.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.