Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Pengertian Saham

El Heze
Saham adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Terutama di dunia ekonomi dan pasaer modal, anda pasti sangat sering mendengar istilah SAHAM ini. Tapi apakah itu saham? Apa yang dimaksud dengan saham? Mari kita bahas apa itu pengertian saham dan contoh saham

Pengertian saham adalah tanda bukti kepemilikan perusahaan. Membeli saham sama dengan membeli bagian dari kepemilikan perusahaan. Dalam Bahasa Inggris, saham disebut juga 'stock' atau 'share'.  

Saham yang bisa dibeli oleh masyarakat adalah saham-saham go public, yang sahamnya dapat dimiliki masyarakat. Ada banyak sekali perusahaan2 go public yang terkenal di sekitar kita seperti Bank BCA, Bank BRI dan lain2. 

Jadi kalau anda ingin bisa menjadi 'bagian dari perusahaan', anda bisa membeli sahamnya. Dengan memiliki saham perusahaan, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham, serta mendapatkan bagian dari keuntungan / laba perusahaan, yaitu dalam bentuk dividen. 

Dengan memiliki saham, anda juga punya hak untuk hadir di dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diadakan perusahaan. 

Zaman dahulu, bukti kepemilikan saham bisa anda lihat secara wujud fisik. Istilahnya adalah scriptfull. Berikut adalah contoh bukti kepemilikan saham scriptfull. 
 
Bukti kepemilikan saham. Sumber gambar: WIKIPEDIA
Tapi untuk anda yang sudah berada di generasi milenial ini, anda akan jarang menjumpai bukti kepemilikan saham dalam bentuk fisik ini. 

Saat ini, bukti kepemilikan saham sudah tidak dalam bentuk wujud fisik (scriptfull), tapi dalam bentuk scriptless. Artinya, bukti kepemilikan saham yang anda miliki, bisa anda lihat pada situs rekening efek di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). 

Di masa sekarang, anda yang ingin punya kepemilikan perusahaan (saham), anda bisa membelinya melalui software trading online anda. Syaratnya, anda harus buka rekening efek dulu di kantor sekuritas (bisa datang langsung ke kantornya atau buka rekening online). 

Langkah2 buka akun di kantor sekuritas pernah saya tuliskan cara-caranya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Saham di pasar modal bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen. Perbedaan keduanya bisa anda baca disini: Apa Itu Saham Biasa? Apa Itu Saham Preferen? 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.